Mengapa Bangsa Indonesia Menjadi Daerah Jajahan Bangsa Eropa?

Mengapa Bangsa Indonesia Menjadi Daerah Jajahan Bangsa Asing? - Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi korban adanya kolonialisme dan imperialisme dari bangsa barat, bangsa-bangsa Eropa seperti Spanyol, Portugis, dan Belanda adalah deretan bangsa yang pernah menjajah bangsa-bangsa timur.

Pernahkah kita bertanya? Lalu mengapa Indonesia akhirnya jatuh menjadi daerah jajahan bangsa Asing?

Bangsa-bangsa eropa sangat menyukai rempah-rempah, awalnya pusat perdagangan internasional berada di Laut Tengah, yang mana salah satu pusatnya adalah di pasar Konstantinopel. Bangsa-bangsa Barat mendapatkan rempah-rempah melalui perdagangan internasional ini, namun ketika pada tahun 1453 Konstantinopel jatuh pada Turki Usmani, sehingga membuang akses Bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah di laut tengah menjadi tertutup.

Penjajahan Indonesia
Penjajahan Indonesia

Oleh karena itulah bangsa Eropa kemudian mencari sumber rempah-rempah yang lain, pencariannya tersebut mengarah ke-timur. Mulailah periode petualangan, penjajahan dan penemuan dunia baru. Pelopor ekspedisi ini antara lain Portugis dan Spanyol.

Kedatangan bangsa-bangsa eropa tersebut tidak hanya sebatas mencari rempah-rempah saja, tapi juga memburu kejayaan, kekuasaan dan menyebarkan agama. Ini yang kemudian kita kenal sebagai "gold, glory and gospel".

Dari perjalanan bangsa-bangsa eropa tersebut, kemudian menemukan sebuah wilayah dengan kekayaan sumberdaya alam yang sanga melimpah. Wilayah ini salah satunya adalah Kepulauan Nusantara yang kemudian di ibaratkan sebagai "mutiara dari timur".

Kekayaan yang sangat luar biasa itu kemudian menarik bangsa-bangsa eropa untuk mengambilnya, ambisi untuk mendapatkan harga yang lebih murah itu kemudian membuat bangsa-bangsa eropa menjadi sangat kejam dan menghiraukan kemanusiaan.

Indonesia yang pada waktu itu masih belum memiliki sistem pertahanan yang kuat baik itu yang sifatnya militer maupun non militer. Yang sifatnya militer misalnya, bangsa Indonesia belum memiliki teknologi-teknologi perang yang canggih seperti bangsa-bangsa eropa.

Sementara dari segi non militer bangsa Indonesia juga belum memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang kuat, sehingga sangat mudah untuk di adu domba. 

Walaupun demikian, Bangsa Indonesia tetap melakukan perlawanan, hanya saja perlawanan hanya bersifat kedaerahan. Di tambah lagi liciknya bangsa-bangsa eropa yang kemudian menyerang bangsa kita melalui dalam, yakni dengan mempengaruhi pemimpin-pemimpin di Nusantara.

Jadi ada beberapa alasan mengapa bangsa Indonesia menjadi daerah jajahan bangsa eropa, yakni :
  1. Bangsa eropa mencari sumber rempah-rempah dan menemukan wilayah nusantara yang sangat kaya. Nusantara diibaratkan sebagai "mutiara dari timur".
  2. Bangsa eropa mencari kekayaan, kejayaan dan menyebarkan agama "gold, glory, gospel".
  3. Lemahnya pertahanan bangsa Indonesia dari segi militer dan non militer.
  4. Liciknya bangsa eropa dalam menjajah bangsa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Bangsa Indonesia Menjadi Daerah Jajahan Bangsa Eropa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel