Manfaat Mempelajari Biologi, Bahayanya dan Cara Menanggulanginya

Manfaat Mempelajari Biologi, Bahayanya dan Cara Menanggulanginya - Salah satu cabang ilmu pengetahuan adalah biologi, kalau dulu pas saya masih sekolah biologi ini menjadi satu paket dengan Fisika dan menjadi bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam. Isi dari mata pelajaran ini lebih ke alam dan makhluk hidup seperti tentang ekosistem, pertumbuhan dan perkembangan, sistem reproduksi, sistem pernafasan, macam-macam tumbuhan, rekayasa gentika, bioteknologi, kultur jaringan dan masih banyak lagi.

Biologi menjadi salah satu mata pelajaran saya waktu itu, selain enak untuk dipelajari juga karena gurunya yang cukup menghibur. Jika kalian juga menjadi salah satu orang yang suka dengan biologi, lanjutkan ke tingkat perguruan tinggi saja, bisa memilih jalur pendidikan atau pilih di fakultas kedokteran.

Biologi
Biologi


Hemm.. Semoga kalian yang baca artikel ini diberikan kesuksesan lah, sampai cita-cita kalian terpenuhi. Berikut adalah manfaat mempelajari biologi, bahayanya dan cara menanggulanginya.

1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
4. Memberikan pengetahuan untuk melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah.

Sumber : Moch Anshori, Djoko Martono. Buku Biologi Kelas 10. BSE.

Dengan memahami tentang biologi manfaatnya sebenarnya banyak sekali, tidak hanya sebatas 4 yang di atas. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, paham biologi berarti akan memudahkan kita memahami proses-proses alam yang kemudian dimanfaatkan manusia untuk membuat bahan-bahan makanan seperti. Ini disebut sebagai bioteknologi :
- Pembuatan tempe
- Pembuatan kecap
- Dan makanan-makanan fermentasi seperti yogurt, keju dll.

Selain itu memahami biologi juga bisa membuat manusia meningkatkan kualitas tanaman budidaya atau hewan. Semisal dengan melakukan penelitian dan percobaan-percobaan dapat menghasilkan varietas atau bibit-bibit unggul yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh varietas tanaman padi kualitas unggul yang menghasilkan padi lebih banyak dan berisi, atau sapi unggul yang tahan akan penyakit dan pertumbuhan cepat. Istilah kerennya adalah : rekayasa genetika.

Bahayanya Mempelajari Biologi dan Cara Menanggulanginya

Manfaat biologi tidak diragukan lagi karena sangat bermanfaat bagi manusia, namun ada juga dampak negatifnya. Yaitu apabila disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seperti menghasilkan bibit-bibit yang membahayakan atau menghasilkan virus untuk tindak kejahatan. Atau malah membuat formulasi-formulasi yang berbahaya seperti obat-obat terlarang, seperti obat yang bisa membuat orang langsung kejang-kejang, hilang kesadaran bahkan gila. Baca juga : Dampak Negatif Bioteknologi

Tindakan-tindakan yang berbahaya di bidang biologi ini, perlu ditanggulangi atau dicegah. Baru-baru ini dikembangkan aturan-aturan baku atau etika yang harus diperhatikan oleh para ahli yang tertarik pada objek kajian biologi yang disebut bioetika.

Dalam bioetika ini memuat norma-norma atau kesepakatan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang berkaitan dengan penelitian di bidang biologi.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mempelajari Biologi, Bahayanya dan Cara Menanggulanginya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel