Langkah-langkah Sriwijaya dalam Mengembangkan Agama Buddha

Langkah-langkah Sriwijaya dalam Mengembangkan Agama Buddha - Salah satu kerajaan Buddha di Indonesia adalah Kerajaan Sriwijaya, kerajaan ini terletak di Sumatra dan berdiri pada abag ke-7 Masehi. Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang cukup besAR, bahkan pernah menjadi kerajaan terbesar di Nusantara dengan mendapat julukan Kerajaan Nasional I. Cakupan wilayah kekuasaan kerajaan ini hampir seluruh Nusantara dan negara-negara di sekitarnya.

Sebuah prasasti Nelanda merupakan salah satu bukti sebuah upaya yang dilakukan Sriwijaya dalam mengembangkan Agama Budha. Dalam prasasti tersebut disebutkan bahwa Raja Dewa Paladewa dari Nalanda, India telah membebaskan lima buah desa dari pajak. Sebagai imbalannya, maka kelima desa itu wajib membiayai para mahasiswa dari Kerajaan Sriwijaya yang menuntut ilmu di Kerajaan Nalanda.

Cakupan wilayah kerajaan Sriwijaya
Cakupan wilayah kerajaan Sriwijaya
Melalui hubungan dengan Nalanda itulah Sriwijaya mengembangkan Agama Buddha, yaitu dengan mengirimkan banyak bhiksu dari Kerajaan Sriwijaya untuk belajar agama Buddha di perguruan tinggi Nalanda.

Para bhiksu yang telah belajar di perguruan tinggi Nalanda ini akan membawa ajaran-ajaran Agama Buddha yang kemudian akan dibawa ke Kerajaan untuk diajarkan kembali.

Selain melalui kerjasama dengan Nalanda, Agama Buddha juga berkembang melalui perdagangan. Kerajaan Sriwijaya dilewati jalur perdagangan India-China. Sehingga kapal-kapal dari negara India yang membawa ajaran Buddha banyak singgah di Kerajaan Sriwijaya, hingga perkembangan agama Buddha di negara ini cukup maju.

Majunya agama Buddha di Kerajaan Sriwijaya ini bahkan menjadikan Sriwijaya sebagai pusat pengajaran ajaran buddha di Asia Tenggara. Sejumlah ahli juga berpendapat bahwa Raja-Raja Sriwijaya sangat memperhatikan agama Buddha, mereka tidak hanya berstatus sebagai pemimpin tetapi juga pelindung agama Buddha.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-langkah Sriwijaya dalam Mengembangkan Agama Buddha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel