Jenis-jenis Integrasi Nasional Menurut Myron Weiner

Jenis-jenis Instegrasi Nasional Menurut Myron Weiner - Integrasi Nasional merupakan sebuah upaya dalam menyatukan keanekaragaman dalam sebuah negara agar warga negaranya memiliki rasa persatuan dan kesatuan. Dengan integrasi nasional yang cukup baik maka negara tersebut akan memiliki kekuatan yang tidak mudah dikalahkah dan dipecah belah.

Menurut Myron Weiner dalam Ramlan Surbakti (2010) menyatakan bahwa integrasi nasional kurang sesuai untuk menggambarkan upaya mencipatkan persatuan dan kesatuan dalam sebuah negara, yang lebih cocok adalah dengan menggunakan istilah integrasi politik. Baca juga : Pengertian integrasi nasional menurut para ahli

Jenis-jenis Integrasi Nasional Menurut Myron Weiner
Jenis-jenis Integrasi Nasional Menurut Myron Weiner
Menurut Myron Weiner integrasi politik merupakan penyatuan masyarakat dengan sistem politik. Integrasi politik dibagi menjadi lima jenis yaitu :

1. Integrasi bangsa
Integrasi bangsa merupakan proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah dalam suatu pembentukan identitas nasional.

2. Integrasi wilayah
Integrasi wilayah berkaitan dengan pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat di atas unit-unit sosial yang lebih kecil yang beranggotakan kelompok-kelompok sosial budaya masyarakat tertentu.
3. Integrasi nilai
Integrasi nilai merupakan konsensus terhadap nilai yang minimum yang diperlukan dalam memelihara tertib sosial.
4. Integrasi elit-massa
Integrasi elit massa berkaitan dengan masalah penghubungan antara pemerintah dengan yang diperintah. Dengan kata lain, sebuah upaya dalam mendekatkan perbedaan-perbedaan mengenai aspirasi dan nilai pada kelompok elit dan massa.
5. Integrasi tingkah laku (perilaku integratif).
Integrasi tingkah laku merujuk pada penciptaan tingkah laku yang terintegrasi dan yang diterima demi mencapai tujuan bersama.

Demikian artikel tentang jenis-jenis integrasi nasional menurut myron weiner. Semoga bermanfaat;.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Integrasi Nasional Menurut Myron Weiner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel