Cara-cara VOC Dalam Mengeksploitasi Kekayaan Alam Nusantara

VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) merupakan sebuah perserikatan pedagang Belanda yang memiliki angkatan perang dan dapat melakukan peperangan di dalam wilayah kekuasaannya. VOC awalnya datang ke Nusantara hanya untuk berdagang dan mencari rempah-rempah, tapi demi meningkatkan keuntungan kemudian VOC melakukan eksploitasi kekayaan alam Nusantara, terutama dengan sistem penjajahan atau kolonialisme.

Para gubernur jendral VOC memiliki ambisius yang tinggi untuk menguasai berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya adalah J.P. Coen. J.P Coen juga berusaha meningkatkan eksploitas kekayaan bumi Nusantara untuk meningkatkan keuntungan pribadi dan negaranya. Baca juga : Sejarah Singkat Lahirnya VOC di Nusantara

VOC
VOC
Karena tindakan VOC ini, membuat perserikatan dagang yang satu ini menjadi perserikatan terkaya dan tersukses di masanya. Berikut ini adalah cara-cara VOC dalam mengeksploitas kekayaan alam nusantara :
  1. Merebut pasaran produksi pertanian, biasanya dengan memaksakan monopoli, seperti monopoli rempah-rempah di Maluku.
  2. Tidak ikut aktif secara langsung dalam kegiatan produksi hasil pertanian. Cara memproduksi hasil pertanian dibiarkan berada di tangan kaum pribumi, tetapi yang penting VOC dapat memperoleh hasil-hasil pertanian itu dengan mudah, sekalipun harus dengan paksaan.
  3. VOC selalu mengincar dan berusaha keras untuk menduduki tempat-tempat yang memiliki posisi strategis. Cara-cara yang dilakukan, di samping dengan kekerasan dan peperangan, juga melakukan politik adu domba.
  4. VOC melakukan campur tangan (intervensi) terhadap kerajaan-kerajaan di Nusantara, terutama menyangkut usaha pengumpulan hasil bumi dan pelaksanaan monopoli, serta melakukan intervensi dalam pergantian penguasa lokal.
  5. Lembaga-lembaga pemerintahan tradisional/kerajaan masih tetap dipertahankan dengan harapan bisa dipengaruhi/dapat diperalat, kalau tidak mau baru diperangi.
Cara-cara seperti monopoli, intervensi dan politik adu domba itu kemudian menjadi kebiasaan dan pemerintah kolonial Belanda dalam melestarikan penjajahannya di Indonesia. 
 
 
Sumber : Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Semester 1 Oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017).

Belum ada Komentar untuk "Cara-cara VOC Dalam Mengeksploitasi Kekayaan Alam Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel