Alasan Pasti Mengapa VOC Dikatakan Sebagai Negara dalam Negara

VOC yang merupakan perserikatan dagang Belanda di India Timur sempat dikatakan sebagai negara dalam negara, atau negara di bawah pemerintahan negara Belanda. Mengapa disebut demikian? Kita akan membahasnya dalam artikel ini.

VOC atau Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) merupakan sebuah kongsi atau perserikatan dagang india temur yang dibentuk oleh Belanda untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antar sesama pedagang Belanda. 

Perlu diketahui ketika bangsa-bangsa Eropa menemukan sumber rempah-rempah dari wilayah timur termasuk kepulauan Nusantara, banyak kongsi-kongsi dagang yang memperebutkan bahkan terjadi persaingan yang tidak sehat antar pedagang. Tidak hanya dari Belanda, tapi pedagang dari Inggris juga berlomba-lomba mendapatkan rempah-rempah terbaik.

Untuk mengatasi persaingan yang begitu ketat dan persaingan di tubuh internal pedagang asal Belanda ini, maka pemerintah Belanda membentuk VOC yang berpusat di Amsterdam. VOC ini dibekali angkatan perang dan bersenjata, sehingga yang awalnya tujuannya hanya berdagang namun lama kelamaan menjajah dan memanfaatkan kepulauan Nusantara untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC)
VOC
Selain memiliki angkatan perang dan senjata sendiri, VOC juga memiliki kewenangan dan hak-hak istimewa yang diberikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda, seperti :
  1. Melakukan monopoli perdagangan di wilayah antara Tanjung Harapan sampai dengan Selat Magelhaens, termasuk Kepulauan Nusantara;
  2. Membentuk angkatan perang sendiri;
  3. Melakukan peperangan;
  4. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat;
  5. Mencetak dan mengeluarkan mata uang sendiri;
  6. Mengangkat pegawai sendiri; dan
  7. Memerintah di negeri jajahan;

Dari kewenangan dan hak-hak istimewa tersebutlah kemudian VOC disebut sebagai negara dalam negara. Mengapa demikian?

VOC hanyalah sebuah perserikatan, namum VOC memiliki kewenangan layaknya sebuah negara. Kewenangan seperti membentuk angkatan perang, melakukan peperangan, mengeluarkan mata uang serta memerintah di negeri jajahan sebetulnya merupakan kewenangan sebuah negara. Karena itulah VOC dikatakan sebagai negara dalam negara (Belanda).

Dalam perjalanannya VOC terkenal sebagai perserikatan yang serakah dan kejam, cara-cara seperti monopoli, intervensi dan politik adu domba adalah salah satu yang dilakukan VOC demi menguasai seluruh wilayah Nusantara yang kaya akan rempah-rempahnya.

Kurang lebih itulah alasan mengapa VOC dikatakan sebagai negara dalam negara, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Pasti Mengapa VOC Dikatakan Sebagai Negara dalam Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel