7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis

7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis - Mumpung masih di tanggal muda nih, saatnya kalian susun strategi agar gaji kalian tidak terus menerus habis ketika tanggal tua nanti. Repot kan ketika tanggal tua kita tidak punya uang, solusinya paling ya ngutang sama temen. Tapi masak iyaa ngutang terus, ngga malu apa.

Untuk itulah kalian yang sering kehabisan uang kala tanggal tua harus belajar mengatur keuangan, istilah kerennya manajemen keuangan kalian harus baik dan kuat. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka gaji kalian akan teralokasi dengan baik, bahkan kalian bisa menabung sebagai cadangan atau modal kalian menikah nanti.

Menghemat uang gaji itu gampang-gampang susah, disebut gampang karena semua orang pasti bisa tergantung dari kemauan dan tekad masing-masing. Disebut juga susah karena buktinya tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Kitapunya.net memiliki beberapa cara untuk menghemat uang gaji agar tidak cepat habis, bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini :

7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Uang Gaji
Cara Menghemat Uang Gaji 

1. Buat skala prioritas
Seringkali banyak orang yang gagal mengelola gaji karena tidak memiliki skala prioritas, semua dianggap penting sehingga dananya juga dialokasikan sepenuhnya. Untuk itulah hal yang pertama susulah skala prioritas, mana yang memang benar-benar penting dan mana yang memang tidak penting.

2. Alokasi dana yang baik
Setelah skala prioritas di susun maka tinggal alokasikan dana secara baik, misal sebanyak 50 % digunakan untuk kehidupan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan sisanya 50% untuk di tabung, di kasih orang tua dan beramal.

3. Sisihkan 25% untuk di tabung
Menabung akan sangat berguna kelak ketika kalian membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup banyak, seperti untuk menikah, beli handphone, beli motor dan lain-lain. Jika gajimu sudah besar, maka sisihkan 25% untuk di tabung, pasti deh 5 tahun lagi kalian akan menikmati hasil dari apa yang telah kalian kumpulkan.

4. Budayakan hidup hemat
Cara menghemat uang gaji selanjutnya adalah dengan hidup hemat, seringkali kita ketika punya uang terlalu boros. Tindakan seperti beli air minum padahal bawa bisa, beli kuota banyak-banyak, beli makanan padahal di rumah banyak makanan. Itu adalah beberapa contoh gaya hidup boros yang perlahan-lahan harus kita kurangi.

5. Buat rekening tersendiri, khusus untuk tabungan
Kadang kalau uang di taruh dalam satu rekening akan lebih mudah habis, untuk itu perlu satu rekening lagi khusus untuk tabungan. Setelah itu bisa kartu kreditnya di simpan di tempat yang tersembunyi, jangan di dompet ntar sama aja.

6. Investasi
Ketika gajimu sudah semakin besar, maka sisa dari gaji kalian juga akan semakin besar. Biar menabung kalian lebih bermakna, bisa sekalian berinvestasi. Terserah investasi jenis apa, bisa emas, tanah, saham, obligasi atau deposito. Baca juga : 4 Investasi jangka panjang paling populer di Indonesia

7. Bersedekah
Tahu ngga kalau bersedekah itu juga berinvestasi? Allah sangat suka dengan orang-orang yang menginfaqkan sebagian hartanya di jalan Allah. Untuk itulah Allah pasti akan membalasmu dengan jumlah yang lebih, tapi dengan syarat kamu ikhlas tanpa pamrih dan tidak perlu menyebut-nyebutnya kepada orang lain. Semoga saja dengan bersedekah risky kita menjadi semakin lancar, Aamiin.

Sementara itu 7 cara menghemat uang gaji agar tidak cepat habis, jika kalian memiliki saran yang lebih jitu boleh kok share di komentar di bawah ini. 

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Menghemat Uang Gaji Agar Tidak Cepat Habis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel