3 Tujuan Dibentuknya VOC Oleh Belanda dan Kewenangan VOC di Nusantara

VOC atau Vereenigde Oost Indiche Compagnie merupakan sebuah kongsi dagang yang dibentuk oleh Belanda pada 20 Maret 1602, kongsi dagang ini berpusat di Amsterdam. Latar belakan dibentuknya VOC antara lain karena adanya persaingan yang tidak sehat antara para pedagang-pedagang Belanda. Bagaimana itu bisa terjadi? 

Ketika jalur perdagangan bangsa Eropa di Laut Tengah terputus akibat Kontantinopel berpindah ke Turki Ustmani, bangsa Eropa harus mencari sumber rempah-rempah yang lain. Akhirnya mereka berekspedisi ke India timur dan wilayah timur lainnya. Ketemulah dengan Nusantara yang kaya akan rempah-rempah dan sumber daya alamnya.

Saking kayanya sampai-sampai mereka menyebut kita sebagai "mutiara dari timur". Berita tentang penemuan sumber rempah-rempah yang sangat melimpah ini kemudian tersebar ke telinga bangsa-bangsa eropa lain. Sehingga banyak yang berbondong-bondong untuk mencari rempah-rempah di Nusantara.

Awalnya tujuan mereka hanyalah berdagang, sehingga masyarakat Nusantara menyambut baik kedatangan bangsa eropa tersebut. Tetapi diperjalanan ketika persaingan antara kelompok mulai sangat kuat, beberapa negara seperti Inggris dan Belanda membentuk kongsi Dagang. Kongsi dagang yang kemudian dikenal VOC ini lama kelamaan bertindak layaknya negara yang menjajah dan mengekploitasi kekayaan Nusantara.

VOC
VOC
Pembentukan VOC oleh Belanda ini akibat adanya persaingan yang begitu kuat antar pedagang di Nusantara, sehingga untuk memperkuat para pedagang-pedagang Belanda dibentuklah perserikatan (perkumpulan) pada pedagang. Terlebih lagi pada waktu itu, tidak hanya antar pedagang beda negara yang bersaing, bahkan antara sesama pedagang Belanda juga bersaing secara ketat bahkan tidak sehat.

Agar kekuatan VOC ini melebihi kongsi dagang yang lain, Belanda memberikan kewenangan dan hak-hak istimewa yaitu memiliki angkatan perang sendiri dan melakukan peperangan. Kewenangan yang istimewa ini melebihi dari kewenangan sebuah kongsi atau perserikatan, sehingga VOC sering dikatakan sebagai negara dalam negara.

Dari rangkuman sejarah VOC di atas, sudah tahu kan tujuan dibentuknya VOC? Jika belum tahu berikut kitapunya.net sebutkan 3 tujuan dibentuknya VOC oleh Belanda :

Tujuan Dibentuknya VOC
1. Menghindari persaingan yang tidak sehat antar sesama kelompok/kongsi pedagang Belanda.
2. Memperkuat kedudukan para pedagang Belanda dalam menghadapi persaingan dengan para pedagang lain.
3. Sebagai kekuatan revolusi (dalam perang 80 tahun), sehingga VOC memiliki tentara.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa untuk VOC dibentuk salah satunya adalah memperkuat kedudukan para pedagang Belanda dan sebagai kekuatan revolusi. Untuk itulah Belanda memberikan hak dan kewenangan yang cukup istimewa. Hak dan kewenangan VOC itu antara lain sebagai berikut.

Kewenangan VOC di Nusantara
  1. Melakukan monopoli perdagangan di wilayah antara Tanjung Harapan sampai dengan Selat Magelhaens, termasuk Kepulauan Nusantara;
  2. Membentuk angkatan perang sendiri;
  3. Melakukan peperangan;
  4. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat;
  5. Mencetak dan mengeluarkan mata uang sendiri;
  6. Mengangkat pegawai sendiri; dan
  7. Memerintah di negeri jajahan.
Kewenangan VOC di atas sering disebut dengan hak oktroi, sebagai sebuah persekutuan dagang kewenangan di atas sangat istimewa. Kewenangan yang biasanya dimiliki oleh sebuah negara, sehingga kongsi dagang ini bagaikan negara dalam negara.


VOC yang memiliki kewenangan untuk membuat angkatan perang dan melakukan peperangan, VOC sering menyalahgunakan wewenang ini untuk menindas dan mengeksploitasi kekayaan kepulauan Nusantara. VOC juga terus memperluas daerah-daerah di Nusantara sebagai wilayah dan memonopoli.
VOC juga sering mengadakan perjanjian-perjanjian dengan para pemimpin Nusantara, namun hampir semua perjanjian tersebut merugikan kepulauan Nusantara.

Belum ada Komentar untuk "3 Tujuan Dibentuknya VOC Oleh Belanda dan Kewenangan VOC di Nusantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel