10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak

10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak - Merek merupakan sebuah nama, simbol, gambar, garis atau gabungannya yang berfungsi untuk menjadi identitas/ciri khas/pembeda sebuah produk agar dapat dikenali dan dibedakan dari produk-produk yang lain. Pemilihan merek akan sangat mempengaruhi karir kedepannya, merek yang memiliki nilai jual tinggi akan lebih mudah diterima oleh pasar.

Seyogyanya ada beberapa syarat pemilihan merek untuk sebuah bisnis yaitu unik (belum ada yang pakai), mudah di ingat dan menggambarkan tentang suatu produk. Walaupun ada sebagian merek yang tidak sesuai dengan produknya, misalnya "Kapal Api". Itu merek kapal, korek api atau merek kopi? Bagaimana ceritanya produk kopi dinamai dengan "Kapal Api". 

Memilih merek tidaklah sembarangan, tidak hanya asal kata langsung dijadikan sebagai sebuah merek. Karena merek ini yang akan menjadi identitas selama bisnis kalian berdiri, banyak kasus perusahaan yang sukses setelah mengganti mereknya dengan yang lebih menjual. Nah berikut kitapunya.net sampaikan beberapa tips memilih merek bisnis agar sukses dan untung banyak. Sebelumnya baca : Alasan merek itu penting bagi konsumen

10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak

Tips memilih merek bisnis
Tips memilih merek bisnis

1. Jangan terburu-buru
Dalam memilih sebuah merek, janganlah terburu-buru. Ingat merek yang akan kalian gunakan akan digunakan selama bisnis kalian ada. Jadi pikirlah secara matang-matang, kalian dapat memikirkan dengan pertimbangan-pertimbangan dari tips nomer 2 sampai 10 berikut ini.

2. Memiliki cerita
Seperti memberi sebuah nama pada anak, memberi merek pada sebuah bisnis bisa juga karena cerita di baliknya. Seperti nama "Agus", dia diberi nama agus bukan semerta-merta langsung ketemu Agus, tapi karena lahirnya di bulan Agustus maka dia diberi nama agustus. 

Nah, dalam memberi merek bisnis kamu juga bisa menamai berdasarkan cerita dibaliknya. Atau bisa juga menggunakan modifikasi daripada pemiliknya.

3. Sesuaikan dengan produk bisnis kalian
Nama atau merek akan mencerminkan sebuah produk, terutama pada merek-merek makanan nih. Pilih nama yang sesuai dengan produk kalian, seperi Mie Sedap, Indomie, dll. 

4. Cari yang mudah dikenali (diucapkan/dibaca)
Semakin merek mudah dikenal, diucapkan atau dibaca maka akan semakin mudah merek tersebut masuk kedalam bawah sadar. Sehingga ketika dia akan membeli sesuatu, mereka langsung teringat dengan sebuah merek tertentu. Maka jadilah merek tertentu itu.

5. Cari yang mudah diingat
Dalam pemasaran dikenal dengan kesadaran merek (brand awareness) yang merupakan sebuah kemampuan konsumen dalam mengenal dan mengingat merek. Konsumen akan memilih produk-produk yang mereka itu kenal dan ingat merek nya. Maka dari itu pilihlah merek yang mudah di ingat.

6. Satu kata lebih baik
Semakin singkat sebuah merek akan semakin mudah diucapkan, bayangkan jika mereknya panjang seperti "Mie Goreng Asli Bayuwangi Yahud Paling Enak Termantap Sedunia". Tentu ngga bagus kan? Nah pilih merek dengan satu kata seperti Aqua, Rinso, Samsung, dll.

7. Gunakan nama tempat/pemilik
Agar lebih mudah dan dikenali, bisa juga ditambahi dengan nama sebuah tempat yang memang terkenal seperti Mie Ayam Wonogir, Angkringan Malioboro dll. Nah selain nama tempat, bisa juga dengan nama pemilik yang sudah terkenal. Contohnya "Toyota", nama itu diadaptasi dari pemiliknya yaitu Kichiro Toyoda.

8. Unik dan beda dari yang lain
Merek juga harus unik dan beda dari yang lain, merek yang unik akan lebih membekas dan muda diingat oleh konsumen.

9. Jangan plagiat
Selain unik, jangan sampai merek itu juga plagiat loo. Merek plagiat itu yang seperti apa? Merek yang hampir-hampir mirip, namanya mirip, simbolnya mirip, jargonnya mirip, desainnya mirip. Misal nih kalian gunakan merek "AKHUA". So, jangan plagiat yaa..

10. Tidak bermakna buruk
Setiap kata biasanya memiliki arti dan makna, jangan pilih merek dengan kata yang memiliki arti atau makna yang buruk. Pilih kata yang memiliki makna yang baik-baik saja yaa. Makna disini bisa dalam bahasa yang bersangkutan, atau dalam bahaya yang lain.


Demikian artikel tentang 10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak, semoga kalian bisa menemukan merek yang pas dan memberi keberuntungan buat kalian yaa. Semoga bermanfaat,.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Memilih Merek Bisnis Agar Sukses dan Untung Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel