10 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar dan Mahasiswa

10 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar dan Mahasiswa - Bagi seorang pelajar atau mahasiswa hidup hemat adalah sebuah keharusan, selain untuk membantu orang tua juga agar tidak kelabakan saat akhir bulan. Terutama buat mahasiswa yang ngekos nihh, biasanya dikasih uang bulanan. Jika di awal bulan kita boros, biasanya di akhir bulan akan habis dan kebingungan karena bokek.

Tapi memang sudah wajar jika pelajar atau mahasiswa itu boros, hal tersebut memang karena sifat anak muda yang lebih konsumtif dan belum begitu memikirkan kebutuhan yang lain. Jika habis yaa tinggal minta. Tapi, jika kalian mampu menghemat berarti kalian telah selangkah lebih dewasa dari teman-teman kalian.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari menghemat uang jajan ini, jika kita berhasil menyisihkan 10% dari uang jajan yang kita miliki kemudian kita tabung, kita bisa menggunakan uang tersebut untuk hal yang lain seperti beli HP, beli baju atau untuk modal usaha.

Menghemat uang jajan bukan perkara yang mudah, sebagian banyak anak muda kesulitan untuk mengatur keuangan yang akhirnya minta lagi pada orang tua. Tapi, ngga perlu khawatir lagi karena artikel ini akan membahas 10 cara menghemat uang jajan untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa kalian coba untuk hidup yang lebih baik.

10 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar
Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar

1. Menabung
Menabung, mungkin kata ini sudah sering kalian dengan dari kecil, bahkan ketika TK kita sudah diajarkan untuk menabung. Hal tersebut menandakan bahwa menabung merupakan sebuah kebiasaan yang sangat baik, yang sudah seharusnya menjadi kebiasaan kita sejak kecil.

Menabung adalah salah satu cara menghemat uang jajan, dengan menabung uang kita akan terkumpul sedikit demi sedikit yang lama kelamaan akan berkumpul banyak. Banyak kisah-kisah bahagia dari kebiasaan baik yang satu ini, seperti pedagang kaki lima yang naik haji setelah menabung selama 20 tahun.

Buat kalian para pelajar dan mahasiswa, jika kalian memiliki kelebihan uang saku. Sisihkan 10% atau 20% dari total uang saku kalian untuk di tabung. Bisa kalian taruh pada celengan atau tempat khusus yang kalian buat sendiri. 


2. Puasa
Puasa dapat membantu kita untuk menahan nafsu, termasuk nafsu untuk jajan, nafsu untuk nonton, dan nafsu untuk yang lainnya yang dapat menghabiskan duit. Tapi ingat, niatkan puasa karena Allah yaa.

Dengan puasa juga akan melatih diri kita untuk selalu hidup hemat, lebih menjaga pola makan dan tidak berlebihan. Kalian bisa lhoo puasa Senin dan Kamis. Selain menghemat uang jajan, juga mendapat pahala dan kebaikan kan.

3. Kurangi Pengeluaran Yang Kurang Penting
Arti dari boros adalah pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting atau melebihi kadarnya, jika sudah sesuai kebuttuhan itu namanya bukan boros. Untuk itulah sangat perlu kita mencatat pengeluaran apa saja selama satu bulanan, dari situ kita bisa mengeliminasi beberapa pengeluaran yang tidak penting.

Beberapa pengeluaran yang kurang penting antara lain nongkrong, jalan-jalan ke mall, beli kuota untuk nge-game, nonton dan lain sebagainya. Dengan mengurangi pengeluaran yang kurang penting ini maka kalian telah melakukan salah satu cara menghemat uang jajan.

4. Bawa Bekal
Sekolah dan kuliah biasanya dari pagi sampai sore, sehingga kita pasti butuh asupan makan di siang hari. Kalau jajan di kantin biasanya tidak cukup nasi sama lauk, pasti ada ada aja tambahannya entah kopi, gorengan, kerupuk, makanan ringan dan banyak deh pokoknya.

Maka dari itu, untuk menghemat uang jajan bisa dengan membawa bekal. Ngga perlu malu membawa bekal, tohh itu makanan dari orang tua dan halal. Dijamin, nanti teman kalian malah ikut-ikutan membawa bekal.

5. Jika Pinjam Bisa Ngapain Beli
Maksudnya disini tidak menyuruh kalian menjadi orang yang sering minjem, tapi buat hal-hal tertentu seperti buku. Biasanyakan kita suruh cari buku kan, nah daripada beli lebih baik kita pinjem bisa ke perpustakaan atau ke-alumni yang memiliki buku yang sama dengan yang kita butuhkan.

6. Kerja Sampingan
Cara untuk menghemat uang jajan selanjutnya adalah dengan kerja sampingan, dengan memiliki kerja sampingan maka pemasukan kalian akan bertambah, tidak hanya dari uang saku yang diberikan oleh orang tua tapi juga dari kerja yang kalian lakukan.

Jika hasilnya besar, bukan tidak mungkin kalian akan memiliki tabungan yang besar pula. Beberapa kerja sampingan yang bisa kalian lakukan antara lain jualan pulsa, jualan makanan di kantin, kerja online, blogger, part time dan masih banyak lagi.


7. Berangkat Bareng Temen
Biasanya untuk setingkat SMA dan Perguruan Tinggi, jarak dari rumah ke sekolah lumayan jauh. Kalau naik motor pastinya butuh yang namanya BBM, biar semakin hemat maka bisa joinan sama teman. Bisa patungan beli bensin untuk sekali berangkat.

8. Satu Kos Berdua
Selain berangkat bareng, buat yang ngekos biar hemat bisa lhoo satu kamar untuk berdua. Tapi haru sesama jenis yaa. Jika dihitung-hitung satu kamar berdua akan lebih hemat daripada kalian ngekos sendiri, tapi kalian juga harus terima konsekuensinya. Apa konsekuensinya? Tentu kalian harus pinter-pinter jaga privasi dan menjaga satu sama lain, he he.

9. Angkutan Umum
Sekarang udah jamannya pakai ojol alias ojek online, bagi orang-orang yang menghemat uang jajan sepertinya ojol ini tidak disarankan. Lhaaa gimana, sekali jalan saja bisa Rp 10k - 20k tergantung dari jarak tempuhnya. Berbeda dengan angkutan umum yang biasanya tarifnya lebih murah yaitu antara Rp 4000 - 10.000.

10. Berprestasilah !!
Banyak lhoo kelebihan jadi orang yang berprestasi, salah satunya adalah mendapatkan uang saku dan beasiswa. Bukankah uang saku dan beasiswa ini akan membantu kalian dalam menghemat uang jajan?

Jadi, jadilah pelajar yang sebaik-baiknya hingga meraih prestasi. Orang yang berprestasi akan dihargai oleh pihak sekolah dan pemerintah.


Okee.. cukup sekian tentang 10 cara menghemat uang jajan untuk pelajar dan mahasiswa. Biasakan hidup hemat yaa, jangan boros dan berfoya-foya.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menghemat Uang Jajan Untuk Pelajar dan Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel