promosi di kolom komentar

Promosi Di Kolom Komentar, Baik atau Tidak?

Diposting pada 2,644 views

Promosi Di Kolom Komentar, Baik atau Tidak? – Setiap pedagang pasti butuh yang namanya mengenalkan produk yang mereka jual kepada khalayak umum, proses mengenalkan inilah yang disebut dengan “PROMOSI”.  

Promosi dapat dilakukan melalui apa saja, baik itu secara offline maupun online. Secara offline misalnya promosi dengan mendirikan stand, mengadakan event, membuat iklan/baliho sampai promosi secara langsung ke konsumen.

Sumber : Pixabay.com

Sementara itu promosi secara online dapat berupa iklan di website, google, sosial media seperti facebook, twitter, instagram sampai dengan YouTube. Nah, salah satu budaya berpromosi masyarakat kita adalah melalui komentar.  

Entah kebiasaan ini timbul dari mana, apa dari kebiasaan chatingan di whasapp atau yang lainnya saya juga kurang begitu mengetahui. Tapi, promosi melalui komentar ini baguskah? atau tidak?  

Promosi Di Kolom Komentar, Baik atau Tidak?

Promosi Di Kolom Komentar, Baik atau Tidak?

Promosi melalui komentar seringkali dianggap tidak etis dan spam (sampah). Hal tersebut dikarenakan komentar merupakan kolom yang dikhususkan untuk menanggapi isi dari sebuah artikel. Ketika digunakan untuk berpromosi, maka isi dari komentar tersebut tentu tidak nyambung dengan isi konten.   Jadi baik atau buruk? Tergantung, jika komentar di postingan orang baik itu di sosial media maupun website maka promosi di komentar tidak disarankan. 

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Periklanan

Tapi, komentar di group facebook atau forum khusus jual beli maka diperbolehkan untuk promosi melalui komentar. Tapi ingat !! Jangan berpromosi di lapak milik orang lain.  

Jadi kesimpulannya, ada beberapa sebab yang membuat promosi di kolom komentar itu tidak baik, yaitu sebagai berikut :

1. Spam/sampah

2. Tidak etis karena tidak sesuai dengan isi konten alias gak nyambung

3. Menganggu

4. Ibarat sampah, maka mencemari isi konten

5. Bisa berdampak buruk pada bisnis/produk yang ditawarkan

6. Bisa berdampak pada kredibilitas perusahaan dan akun perusahaan

Nahh, jadi kalau sudah tahu mulai sekarang mari kita berpromosi dengan etika yang baik. Jangan mengganggu dan jangan berbuat tindakan sampah.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.