Jenis Jenis Nilai Guna Suatu Barang

Jenis Jenis Nilai Guna Suatu Barang - Setiap kegiatan konsumsi akan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang, ketika kita menggunakan smartphone maka secara tidak langsung kita telah menggunakan nilai guna smartphone tersebut. Dan seiring lamanya pemakaian, nilai guna tersebut akan terus berkurang dan berkurang. 

Apakah bisa habis nilai guna itu? Nilai guna akan habis dan membuat sebuah barang/benda menjadi tidak memiliki nilai guna atau manfaat. Hal tersebut bisa saja terjadi, seperti ketika sabun habis maka nilai gunanya juga habis, ketika makanan dimakan maka nilai gunanya habis.

Nilai guna yang ada pada suatu barang/benda merupakan manfaat atau fungsi daripada produk tersebut. Dalam ilmu ekonomi definisi dari nilai guna suatu barang adalah kemampuan atau daya barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Jenis-jenis Nilai Guna Suatu Barang

Jenis-jenis Nilai Guna Suatu Barang
Jenis-jenis Nilai Guna Suatu Barang

Nilai guna suatu barang ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu nilai pakai (value in use) dan nilai tukar (value in exchange). Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis dari nilai guna suatu barang

1. Nilai Pakai (Value in Use)
Sebuah kemampuan barang dalam memuaskan kebutuhan disebut sebagai nilai pakai. Misal saja sebuah mobil, mobil akan membantu manusia dalam berpindah tempat dan bepergian. Dalam hal ini mobil memiliki nilai pakai.

Tingkat kebergunaan atau tinggi rendahnya nilai pakai suatu barang ini dipengaruhi oleh intensitas kebutuhan, tempat dan waktu. Mobil akan memiliki nilai pakai lebih tinggi apabila digunakan pada waktu musim penghujan dan digunakan oleh orang banyak.

Nilai pakai (value in use) ini terdiri dari dua macam yaitu :

a. Nilai pakai subjektif
Pengertian dari nilai pakai subjektif adalah nilai yang diberikan oleh seseorang pada suatu barang sehubungan dengan kemampuan barang untuk memenuhi/memuaskan kebutuhan. Motor bagi tukang ojek, payung bagi orang yang kehujanan, buku bagi seorang siswa.

b. Nilai pakai objektif
Merupakan kemampuan suatu barang dapat memuaskan kebutuhan manusia pada umumnya. Seperti sandang, makanan bagi keluarga.

2. Nilai Tukar (Value in exchaneg)
Definisi dari nilai tukar adalah kemampuan suatu barang dapat ditukarkan dengan barang lain di pasar. Sebelum ada uang sebagai nilai tukar, terdapat sistem barter yang merupakan saling tukar menukar antar barang.

Nilai tukar suatu barang ini ditentukan oleh nilai pakai barang tersebut. Semakin tinggi nilai pakai suatu barang, akan semakin tinggi pula nilai tukar barang tersebut.

Sebagai contoh yang paling sering kita temui adalah smartphone, dalam jual beli di facebook banyak pengguna yang menawarkan tukar tambah barang. Satu smartphone ditukar dengan smartphone lainnya, atau bisa juga smartphone ditukar dengan laptop ditambah beberapa uang.

Dalam pasa juga sering ditemukan tukar menukar ini, misal sayuran ditukar dengan buah-buahan, makanan ringan ditukan dengan beras.

Nilai tukar ini juga dibagi menjadi dua macam, yaitu nilai tukar subjektif dan nilai tukar objektif.

a. Nilai tukar subjektif
Nilai tukar subjektif adalah nilai/arti yang diberikan seseorang pada suatu barang, sehubungan kemampuan suatu barang untuk dapat ditukarkan dengan barang lain. Seorang petani memberikan penilaian pada padi yang dihasilkan menurut ukurannya sendiri.

b. Nilai tukar objektif
Nilai tukar objektif merupakan kemampuan suatu barang guna dapat ditukarkan dengan barang lain. Hampir semua barang yang ada di dalam masyarakat memiliki nilai tukar objektif, karena setiap manusia tidak membuat sendiri barang-barang yang ia butuhkan.

Baca juga : Hubungan Jumlah Barang dengan Nilai Guna Suatu Barang

Selanjutnya dalam artikel yang berjudul : Nilai Guna atau Kegunaan Barang. Nilai guna suatu barang dapat dikelompokkan menjadi 6 yaitu : kegunaan bentuk, kegunaan tempat, kegunaan waktu, kegunaan milik, kegunaan pelayanan, dan kegunaan dasar. 

Demikian artikel tentang jenis-jenis nilai guna suatu barang. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Nilai Guna Suatu Barang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel