5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif

5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif - Karyawan adalah salah satu aset penting bagi sebuah perusahaan, karena karyawan inilah yang melakukan berbagai kegiatan perusahaan mulai dari produksi, distribusi, pemasaran dan masih banyak lagi.

Keproduktivan seorang karyawan sangat dibutuhkan, karena sangat menentukan hasil dari kinerja perusahaan. Karyawan yang tidak produktif merupakan salah satu masalah besar yang dapat membahayakan perusahaan, sehingga sangat perlu untuk segera diatasi.

Mengatasi karyawan yang tidak produktif tidak melulu menggunakan uang seperti pemberian bonus, insentif atau peningkatan gaji. Bagi Anda pemilik UMKM yang ingin meningkatkan produktivitas karyawan tanpa harus mengeluarkan anggaran dapat melakukan beberapa tips dibawah ini, semoga bermanfaat yaa :
5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif
5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif


1. Membuat Lingkungan Kerja yang Kondusif
Seringkali penyebab karyawan malas-malasan berkerja adalah karena lingkungan kerja yang tidak kondusif, sehingga membuat mereka tidak merasa nyaman, cepat lelah, tidak termotivasi atau kurang bersemangat. Anda harus membuat lingkungan kerja yang membuat mereka nyaman, langkah pertama dapat mendesain ruangan yang dapat menggairahkan karyawan, tambahkan juga aksesoris dan fasilitas tambahan seperti AC, kursi yang nyaman, wewangian, dan lain sebagainya.

Jika kita pergi ke pabrik-pabrik besar, biasanya dibagian depan perusahaan akan dibuat semacam zona hijau mulai dari kolam ikan, air mancur, pohon dan rumput yang hijau. Itu semua katanya mampu meningkatkan semangat karyawan dan mengurangi risiko stress saat bekerja.

2. Fasilitas untuk karyawan
Fasilitas merupakan nilai tambah bagi karyawan selain gajinya. Fasilitas yang diberikan ini dapat berupa fisik maupun tunjangan ekonomi seperti asuransi kesehatan, dll. Fasilitas berbentuk fisik seperti perangkat elektronik, WIFI, makan siang gratis akan meringankan beban dari para karyawan.

3. Mengasah Kreativitas Karyawan untuk Berinovasi
Inovasi bagi sebuah perusahaan sangat diperlukan untuk perkembangan bisnisnya. Apalagi dalam kondisi persaingan yang begitu ketat seperti saat ini, sangat menuntut perusahaan untuk bertahan dan berkembang dengan berbagai inovasi. Karyawan dapat diasah kreatifitasnya, banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan perlombaan atau sayembara. program pelatihan dan program-progam lainnya. 

4. Piknik, Outbound
Acara pemersatu untuk meningkatkan keakraban sesama karyawan sangat diperlukan. Acara-acara seperti piknik, outbound, makrab, sepeda santai, dan kegiatan olahraga lainnya dapat meningkatkan hubungan yang erat sesama karyawan.

Kegiatan tersebut juga akan mencairkan suasana bagi karyawan yang sedang ada masalah satu sama lain. Kegiatan yang bermanfaat ini dapat dilakukan secara periodik, misal di hari ulang tahun perusahaan, di akhir tahun, di awal tahun atau diadakan setiap 1 bulan sekali.

5. Beri Reward dan Punishment
Metode reward dan punishment dipercaya mampu meningkatkan motivasi dan mendidikan karyawan. Rewar atau penghargaan akan memotivasi karyawan untuk meraih dan mendapatkannya, sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya. Kemudian punishment atau hukuman, akan membuat karyawan merasa hati-hati dan tidak berbuat semaunya sendiri.


Itu adalah beberapa cara dalam mengatasi karyawan yang tidak produktif tanpa harus menguras anggaran. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Karyawan Yang Tidak Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel