Mengenal Metode On The Job Site dalam Bimtek dan Diklat

Dalam setiap bimtek maupun diklat pasti memiliki metode yang digunakan untuk menyampaikan materi atau pesan kepada para peserta. Salah satu penyelenggara diklat adalah bimtek pusdiklat pemendagri. Ada setidaknya dua buah metode yang digunakan, yaitu di dalam pekerjaan dan di luar pekerjaan.

Kali ini kita khusus membahas mengenai metode On The Job Site atau metode di dalam pekerjaan dalam bimtek dan diklat. Bentuk pelatihan ini dapat berupa penugasan-penugasan kepada pegawai-pegawai baru dari pegawai yang telah berpengalaman. Dengan kata lain, pegawai baru meminta kepada pegawai senior untuk membimbing dan mangajarkan perihal tugas/pekerjaan kepada pegawai baru tersebut.

Metode ini merupakan metode yang paling banyak digunakan, pegawai dapat secara langsung praktik dan belajar di tempat kerja. Bahkan dapat dikatakan mendapatkan materi tentang pekerjaan secara private (langsung) dari pegawai yang sudah berpengalaman. 

Fungsi Bimtek dan Diklat
Fungsi Bimtek dan Diklat
Metode-metode yang biasa digunakan dalam praktik adalah sebagai berikut:

(1) Pembekalan (Coaching) 
Pelatihan ini dilakukan oleh atasan melalui bimbingan dan pengarahan kepada pegawai terkait dengan tugas dan pekerjaan mereka. Coaching ini biasa dilakukan di tempat kerja, dan langsung ditangai oleh pimpinan seperti supervisor atau manajer.

(2) Rotasi Jabatan 
Rotasi jabatan merupakan program terencana dengan cara menugaskan pegawai pada beberapa pekerjaan yang berbeda dan bagian yang berbeda untuk menambah pengetahuan mengenai pekerjaan dalam organisasi. Rotasi pekerjaan digunakan secara luas sebagai teknik pengembangan.

(3) Magang (Apprenticeship training)
Magang seringkali dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin mencari pengalaman baru dalam dunia kerja. Magang ini merupakan kombinasi antara pelajaran di kelas dengan praktik secara langsung dalam dunia kerja. Peserta pelatihan magang bekerja dan berlatih di bawah pengawasan langsung ahli tersebut. Biasanya metode ini digunakan untuk jenis pekerjaan yang memerlukan skill tinggi.

(4) Penugasan Sementara 
Penugasan sementara diberikan kepada pegawai tertentu untuk menggantikan atau menjalankan tugas dalam kurun waktu tertentu, misal 2 bulan. Ini biasa dilakukan ketika ada salah satu pegawai yang cuti, atau terjadi kekosongan jabatan. Di sini, pegawai terlibat dalam pengambilan keputusan untuk masalah yang mereka hadapi.

Metode On The Job Site memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu kalian pertimbangkan apakah akan menggunakan metode ini atau tidak.

Keuntungan metode on the job site dalam Bimtek dan Diklat
(1) Biaya dapat ditekan serendah mungkin. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan peralatan yang digunakan.
(2) Tidak diperlukan masa penyesuaian atau pengenalan terhadap pengajar, teman maupun lingkungan.
(3) Telah terjalin komunikasi yang baik antar peserta dan pengajar sehingga dapat dijamin adanya kelancaran program pelatihan.

Kekurangan On The Job Site dalam Bimtek dan Diklat
(1) Tidak mudah memperoleh pengajar dari dalam karena adanya keterbatasan kemampuan atau waktu.
(2) Jumlah peserta harus memenuhi rasio yang menguntungkan.
(3) Sulitnya mengatur waktu belajar, artinya banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Metode On The Job Site dalam Bimtek dan Diklat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel