Info Bimtek Terbaru Pusdiklat Pemendagri : Persiapan Penerapan BLU / BLUD

Dalam beberapa postingan terakhir ini kitapunya.net lebih sering membahas mengenai bimbingan teknis (bimtek) dan diklat, khususnya lebih mengerucut tentang info bimtek pusdiklat pemendagri. Hal tersebut admin lakukan karena memang tuntutan pekerjaan yang harus admin lakukan, jadi tidak masalah lah yaa.

Ngomong-ngomong masalah bimtek nih, ada info terbaru dari pusdiklat pemendagri yaitu mengenai persiapan penerapan BLU / BLUD. Untuk diketahui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) merupakan Satuan Kerja Perangkat Daereah (SKPD) atau yang juga disebut dengan Unit Kerja SKPD di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang ditujukan kepada masyarakat, pelayanan yang dimaksud dapaat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya yang didasari pada prinsip produktivitas dan efisiensi.

Dalam hal penerapan BLU/BLUD ini terdapad pengelolaan keuangan yang harus sesuai dengan peraturan Pemerintah dalam Negeri, agar pengelolaannya dapat transparan, akuntabel dan lebih efisien. Selain itu juga agar tidak terjadi kasus ketika di audit oleh BPK.

Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Pengelolaan Keungan BLUD merupakan sebuah pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas (keluwesan), yang dapat berupa keluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bersifat bisnis yang sehat guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum, sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan daerah pada umumnya.

Masalah pengelolaan keuangan BLUD di atas sudah di atur dalam Pemendagri No. 61 Tahun 2007 pasal 1 ayat 1.


Setiap SKPD wajib membuat dokumen laporan yang isinya adalah sebagai berikut : 
- Surat Pernyataan Kesanggupan untuk meningkatkan kinerja
- Pola Tata Kelola
- Rencana Strategis Bisnis
- Standar Pelayanan Minimal
- Laporan dan Keuangan Pokok serta Laporan Keuangan auditan atau Surat Penyataan Kesanggupan di audit.

Setelah itu semua dokumen sudah siap, maka selanjutnya Kepala Dinas akan mengirimkan Surat ke Sekretaris Dinas (SEKDA) guna meminta penilaian menjadi BLUD.

SEKDA selanjutnya akan membentuk tim penilai dan akan menilai kinerja persiapan yang meliputi kelengkapan dan kualitas dokumen serta kemampuan dari SDM-nya.

Di lapangan masih banyak ditemukan Unit Kerja SKPD yang mengalami kebingungan dan ketidak jelasan dalam hal persiapan untuk memenuhi persyarakat administratif BLUD. Untuk itulah bimtek pusdiklat pemendagri mengadakan Bimtek Persiapan Penerapan BLU/BLUD. Info lebih lanjut dapat membaca dalam artikel berikut ini : https://pusdiklatpemendagri.com/bimtek-pelatihan-persiapan-penerapan-blu-blud/

Belum ada Komentar untuk "Info Bimtek Terbaru Pusdiklat Pemendagri : Persiapan Penerapan BLU / BLUD "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel