Info Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi di Pusdiklat Pemendagri

Info Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi di Pusdiklat Pemendagri - Koperasi adalah sebuah badan atau organisasi yang terdiri dari beberapa anggota dan memiliki tujuan bersama. Koperasi menjalankan kegiatannya berdasarkan asas kekeluargaan.

Koperasi sudah ada sejak jaman era presiden Soekarno, dan mulai diberdayakan oleh bapak wakil presiden pertama kita. Drs. Moh Hatta, hingga beliau dijuluki sebagai bapak Koperasi Indonesia.

Di Indonesia masalah koperasi telah di atus tersendiri dalam UU No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Dalam Undang-undang tersebut terdapat prinsip-prinsip koperasi diantaranya adalah :
  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
  • Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
  • Kemandirian
  • Pendidikan Perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi
Selain dimuat dalam UU di atas, perihal prinsip koperasi juga tertuan dalam UU. No 17 tahun 2012.

Info Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi di Pusdiklat Pemendagri
Info Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi di Pusdiklat Pemendagri


Koperasi terdapat berbagai macam, dapat dibedakan berdasarkan anggotanya, fungsinya, dan tingkat atau luas daerah kerjanya. Setiap pengurus koperasi harus mampu mengelola koperasi tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien.

Tanpa pengelolaan yang baik, bisa jadi malah membuat koperasi mangkrak, bangkrut atau mengalami kerugian. Tentu tidak mau bukan hal tersebut?

Dalam pengelolaan koperasi ini dibutuhkan ilmu manajemen khusus, mulai dari perencanaan, eksekusi hingga evaluasi harus dipikir matang-matang.

Berkaitan dengan hal tersebut kitapunya.net akan memberikan sedikit info bimtek pusdiklat pemendagri terkait dengan manajemen pengelolaan koperasi.  

Manajemen pengelolaan koperasi ini dikhususkan pada beberapa kegiatan koperasi, mulai dari rapat anggota, bagaimana menjadi pengurus koperasi yang baik dan bagaimana menjadi pengawas koperasi yang seharusnya.

Anda dapat mengikuti bimtek ini untuk memantapkan ilmu yang kalian miliki ketika menjadi pengurus atau pengawas koperasi. Info Bimtek ini dapat diikuti mulai dari Bulan Juni hingga Desember 2019. 

Dengan berbagai lokasi di hotel kota-kota besar seperti Jakarta, Malioboro, Batam, Bandung, Makassa, dan Surabaya.

Untuk biayanya sendiri, satu kali bimtek membutuhkan biaya sekitar Rp 4.500.000,- dengan berbagai fasilitias yang diterima antara lain :
  • Pelatihan selama 2 hari
  • Peserta menginap
  • Coffe Break, Lunch, Dinner
  • Sertifikat Pelatihan
Mungkin itu sedikit informasi tentang info bimtek manajemen pengelolaan koperasi di pusdiklat pemendagri. Semoga bermanfaat jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.

Belum ada Komentar untuk "Info Bimtek Manajemen Pengelolaan Koperasi di Pusdiklat Pemendagri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel