Tips Bisnis #1 Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan

Tips Bisnis #1 Pentingnya Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan - Sebuah aset yang sangat besar bagi perusahaan jika memiliki pelanggan yang loyal, dengan aset tersebut perusahaan sudah memiliki pasar tersendiri yang ketika mengeluarkan produk baru mungkin para pelanggan yang loyal tersebut akan kembali membeli produk yang kita produksi.

Kepercayaan dan loyalitas pelanggan ini dibangun atas pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi produk yang kita miliki. Ketika konsumen merasa puas dengan layanan atau produk kita, kemungkinan besar mereka akan kembali mengkonsumsi produk yang kita miliki. Baca juga : Pengertian Loyalitas Merek.

Selain kualitas layanan atau produknya, merek juga menjadi faktor penentu konsumen dalam memutuskan pembelian. Konsumen akan memilih merek-merek yang hebat, mudah dikenal dan memiliki nilai.

Kita dapat melihat produk-produk dari Apple, bagaimana apple menjual segala produknya yang sampai sekarang dikenal sebagai produk eklusif. Jika kita bandingkan dengan merek-merek pesaing seperti samsung, tentu saja dengan harga yang hampir sama spesifikasi aple kalah. Tapi mengapa banyak orang lebih memilih aple? Yaa, karena banyak dari mereka yang sejatinya membeli merek bukan produk.

Tapi, merek yang hebat diakibatkan oleh produk yang hebat yang terus dipertahankan dalam waktu yang lama. Aple dulu mungkin biasa saja, tapi karena ia mampu mempertahankan kualitas produknya dan mampu membuat mereknya terkesan eklusif, sehingga sampai sekarang apple dikenal dengan merek smartphone tereklusife.

Membangun Loyalitas Pelanggan
Membangun Loyalitas Pelanggan
Begitu juga dengan Harley-Davidson. Harley juga memiliki aset yang paling abadi, yaitu loyalitas pelanggan. Pada tahun 1980-an, penjualan Harley-Davidson sempat turun drastis akibat persaingan ketat dari mesin Jepang yang memiliki harga yang terjangkau dan berkualitas.

Harley pun kemudian meningkatkan kualitas dengan menggunakan teknik produksi DR. W. Edwards Deming. Selanjutnya, tantangan yang dihadapi Harley adalah merebut kembali dan mempertahankan pangsa pasarnya yang telah direbut sebelumnya. Sampai sekarang, loyalitas Harley bahkan sampai 90 %. 

#Ketahui kebutuhan dan keiinginan pelanggan
Seperti Harley yang membangun loyalitas dengan selalu mengikuti selera pasar yang ditargetkannya. Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan menarik emosi pelanggan, keduanya akan membangun kepercayaan dan ikatan yang kuat dengan pelanggan.

#Iklan mempengaruhi persepsi
Iklan dapat mempengaruhi persepsi atau pandangan terhadap suatu produk. Iklan akan memperkuat citra merek yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Harley secara rutin membuat iklan yang dapat memperkuat citra mereknya di pasaran, pelanggan akan merasa lebih yakin menggunakan produk dengan merek-merek yang memiliki citra merek baik di pasaran. Baca juga : Manfaat Merek Menurut Kotler dan Keller (2012)

Tips Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan
  • Miliki produk yang jelas tentang proposisi nilai apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan (tawarkan sesuai dengan kenyataannya).
  • Berikan insentif bagi pelanggan baru untuk kembali dan memesan kembali (kupon, cashback).
  • Berikan loyalitas kepada pelanggan yang sudah mapan.
  • Bersaing — yang terlihat seperti kesepakatan bagus bagi Anda mungkin tidak cocok dengan pesaing Anda. 
  • Buat pengalaman pelanggan semudah dan semenyenangkan mungkin.
  • Yakinkan pelanggan dengan layanan yang andal dan penawaran produk yang menarik (iklan). 
  • Terus tingkatkan proses, berdasarkan umpan balik pelanggan. 
  • Berikan keandalan dengan bekerja sama dengan mitra dan berinvestasi dalam sumber daya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Bisnis #1 Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel