Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri dan Jadwal Bimtek Terbaru 2019

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri dan Jadwal Bimtek Terbaru 2019 - Bimbingan teknis (bimtek) serta pendidikan dan latihan (diklat) untuk karyawannya menjadi salah satu point penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Karena dunia ini begitu dinamis dan cepat sekali mengalami berbagai macam perubahan mulai dari bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Setiap perusahaan dan instansi pemerintah dituntut untuk memiliki staff dan karyawan yang mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan. Dalam kedinasan misalnya, banyak hal-hal yang berubah dan setiap karyawan harus mampu untuk mengatasi perubahan tersebut. Dalam perijinan usaha contohnya, jika dulu setiap orang yang memiliki usaha harus secara manual mendatangi dinas terkait kini itu tidak perlu lagi, karena ijin usaha bisa didapat melalui sistem OSS (Onine Single Submission). Dengan kata lain jika warganya saja harus mendaftar melalui online, pasti dong karyawan dinas terkait harus paham betul terhadap proses dan lika-likunya sistem tersebut.

Itu hanyalah contoh kecil saja, pada intinya setiap staff dan karyawan harus mengembangkan ilmunya guna kefektifan dan keefisien dalam merek bekerja. Untuk itulah diperlukan penyedia BIMTEK DAN PUSDIKLAT yang menjadi wadah bagi mereka yang ingin berkembang dan berusaha.

Salah satu unit yang menangani pendidikan pelatihan pegawai ini adalah Pusdiklat Pemendagri. Berikut ini adalah penjabaran super lengkap dari kitapunya.net tentang Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Semoga bermanfaat.

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri



Pengertian Bimtek dan Diklat

Bimtek merupakan akronim dari bimbingan teknis, sementara diklat merupakan singkatan dari pendidikan dan pelatihan. Keduanya umum digunakan pada pendidikan dan pelatihan yang sering diselenggarakan oleh institusi atau organisasi guna meningkatkan kualitas pegawai atau karyawan.

Bimtek dan Diklat merupakan salah satu rangkaian acara yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga yang memiliki kompetensi dalam memberikan bimbingan teknis serta pendidikan dan pelatihan. Bimtek dan Diklat ini umumnya diselenggarakan dalam beberapa hari, dan diadakan di suatu tempat khusus seperti hotel, rumah makan, restorant dan lain sebaganya.

Salah satu penyelenggara bimtek dan diklat terbaru 2019 adalah Pusdiklat Pemendagri yang akan kita kupas tuntas pada kesempatan kali ini.

Apa Fungsi Bimtek (Bimbingan Teknis) dan Diklat (Pendidikann dan Pelatihan)?

Pendidikan dan Pelatihan atau yang lazim disebut dengan diklat merupakan sesuatu faktor yang sangat penting bagi sebuah institusi dan pegawai pada khususnya. Menurut (Notoatmojo, 2004) dalam bukunya disebutkan bahwa pendidikan (formal) yang berada di dalam sebuah organisasi/perusahaan meiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan SDM (karyawan/staff/pegawai) ke arah yang di inginkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Dengan kata lain pendidikan tersebut berguna dalam pengembangan kemampuan berfikir, kemampuan mengeluarkan ide-ide, kemampuan dari segi teknis dan kemampuan-kemampuan lainnya yang dapat meningkatkan produktivitas dan membantu para pegawai dalam menyelesaikan tugas mereka dengan sebaik mungkin.

Bimtek dan diklat ini biasanya diikuti oleh para pegawai negeri sipil guna memenuhi syarat-syarat dalam jabatannya. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 pasal 4 mengenai Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS disebutkan bahwa Bimtek dan Diklat terdapat dua macam yaitu diklat pra jabatan dan diklat dalam jabatan.

Diklat pra jabatan merupakan diklat yang dikhususkan bagi mereka yang belum menjabat dan akan menjabat (pra), dengan arti lain diklat pra jabatan ini akan diikuti oleh calon-calon pegawai negeri sipil yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keahlian sebagai pegawai negeri sipil. Tidak hanya itu, dalam diklat pra jabatan juga diajari mengenai pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika yang harus dimiliki oleh seorang pegawai negeri sipil. Secara khususnya tergantung dari materi diklat yang diikuti, dengan memberikan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bidang, tugas, wewenang dan budaya organisasi. Semua itu perlu dipelajari bagi para peserta diklat, supaya ketika menjabat menjadi pegawai negeri sipil yang mampu melaksanakan tugas dan perannya untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya.

Sementara itu diklat dalam jabatan dikhususkan untuk mendidik dan melatih para pegawai yang sudah menjabat. Diklat dalam jabatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki pegawai. Atau pada saat seseorang akan naik jabatan dan diperlukan keahlian baru yang diperlukan. Dalam diklat dalam jabatan ini akan dipelajari seperti diklat kepemimpinan, diklat fungsional dan diklat teknis. Semua itu tergantung dari materi-materi bimtek dan diklat yang dipilih.

Sesuai dengan judul artikel ini, kita akan membahas mengenai info bimtek pusdiklat pemendagri yang sangat pas dan cocok bagi Anda yang ingin menambah keahlian dan wawasan di bidang pemerintahan dan kedinasan.

Profil Pusdiklat Pemendagri

Pusdiklat Pemendagri atau Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri adalah salah satu badan yang bergerak dibidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pengadaan barang dan jasa pemerintah, Kaji Banding/Studi Banding, In House Training dan Seminar bagi instansi pemerintah baik Eksekutif, Legislatif mupun swasta yang didukung oleh para profesinal yang sudah berkompeten di bidang-bidangnya masing.
Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri
Pusdiklat Pemendagri ini merupakan sebuah media riset, pendidikan dan pelatihan. Kegiatan utamanya adalah memberikan bimtek dan diklat guna membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas SDM. Adanya Pusdiklat Pemendagri ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan serta mensikronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri, begitu juga sebaliknya pelaku usaha/industri dapat ikut memberi usulan terkait kebijakan-kebijakan pemerintah yang berguna untuk semua pihak.

Pusdiklat Pemendagri sudah terdapat payung hukumnya yaitu Kementrian Hukum & HAM RI No AHU-0004660.AH.01.07.Tahun 2018 jadi sudah pasti aman dan terpercaya. Kantor kesekertarian dari Bimtek Pusdiklat Pemendagri ini berada di Jl. Cemara Ujung Blok 11 No. 02 Jakarta Utara. Da 14260. Dapat juga dihubungi melalui faxmile/telepon di 021-22443223.

Info Visi Misi Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Visi Pusdiklat Pemendagri

Pusdiklat Pemendagri memiliki visi untuk mewujudkan peingkata pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif dengan didukung sumber daya aparatur (staff) yang profesional dan mampu mencerminkan suatau keinginan atau cita-cita guna menjadi yang terdepan dalam melanjutkan perjalanan organisasi sebagai motor penggerak perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan nono formal ke arah yang lebih baik, serta cerminan komitmen organisasi sebagai elemen penggerak dan motivator untuk menjadi lebih baik, yang harus disinergikan dengan elemen penggerak lainnya dalam sistem yang utuh.

Misi Pusdiklat Pemendagri

  • Mendorong peningkatan kemampuan (kompetensi_ SDM melalui Bimtek (Bimbingan Teknis), Sosialisasi, mendorong peningkatan pendidikan dan pelatihan (diklat), sosialisasi dan pemahaman informasi.
  • Bersama masyarakat dan institusi yang lain bersama-sama berkontribusi dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.
  • Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan wadah konsultasi publik atas setiap kebijakan yang akan diterapkan, dan Mendorong lahirnya inisiatif, kreatif dan kemandirian masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan yang dilakukan.

Arti Logo Pusdiklat Pemendagri + Maknanya

Pusdiklat Pemendagri (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negri) memiliki logo seperti gambar di atas. Logo di atas bukan sembarang logo, karena setiap garis dan warnanya memiliki makna yang berarti. Makna dari logo tersebut selaras dengan visi-misinya Pusdiklat Pemendagri untuk menciptakan SDM yang unggul dan berkompeten dalam lingkungan pemerintahan dalam negeri. Berikut ini adalah arti logo Pusdiklat Pemendagri secara lebih mendetail :
Logo Pusdiklat Pemendagri
Sumber : https://pusdiklatpemendagri.com

1. Tali tambang bewarna Orang : Persatuan dan kestauan dengan selalu menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan.
2. Pohon beringin : Melindungi, mengayomi, memberi manfaat, memberikan keteduhan.
3. Bentuk linkaran berwarna orange dengan garis tepi berwarna hitam : Optimis, konsentrasi, semangat, ketepatan, dan target.
4. Bintang : Segi lima : Kepercayaan, kejayaan, dan menggambarkan Pancasila sebagai landasannya.
5. Pita berwarna hijau : Melambangkan dalam mencapai keberhasilan, kemakmuran, diutamakan ikatan persaudaran yang erat.
Warna hijau : Kesuburan, dan harmoni kehidupan serta menciptakan keterbukaan antara sesama.
Warna putih : kesucian, kebebasan dan keterbukaan.

Info Materi Bimtek dan Diklat di Pusdiklat Pemendagri

Pusdiklat Pemendagri memberikan berbagai materi yang dapat dipilih oleh peserta diklat, peserta diklat perlu menyesuaikan jadwal yang telah ditentukan. Materi yang diberikan dapat berbentuk dalam berbagai macam dan media, pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) dikemas dalam bentuk paket-paket untuk memudahkan dalam proses pelatihan.

Paket-paket untuk bimbingan teknis (bimtek) dan pendidikan pelatihan (diklat) ini salah satunya terdiri dari materi yang diberikan oleh trainer yang sudah berpengalaman dan berkompetensi di dalamnya. Paket tersebut juga dapat ditambahi materi-materi dari perusahaan terkait sesuai dengan permintaan untuk menjalankan pelatihan kepada semua peserta.

Bentuk-bentuk Materi Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Seperti yang sudah disinggung di atas, materi bimtek dan diklat yang ditawarkan oleh Pusdiklat Pemendagri terdiri dari berbagai macam bentuk, antara lain :

a. Presentasi secara langsung
Dalam sesi bimbingan teknis dan pendidikan pelatihan, trainer yang sudah berpengalaman akan memberikan materi secara profesional. Dalam sesi traiing trainer akan memberikan sebaik-baiknya, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para peserta untuk berpartisipasi aktif dengan ikut bertanya. Materi yang diberikan selain melalui manual book dan lembar latihan, juga diberikan melalui metode presentasi untuk memudahkan dalam proses pelatihan. Materi dikemas dalam bentuk yang menarik dan memudahkan peserta dalam proses pemahaman.

b. Manual Book
Para peserta juga akan mendapat manual book yang dapat dipelajari sewaktu-waktu. Manual book ini juga menjadi salah satu dasar para peserta untuk mempraktikkannya langsung jika diperlukan, khususnya dalam keahlian-keahlian yang bersifat teknis. Manual book ini menjadi panduan bagi para peserta ketika proses latihan, dan dapat dipraktekkan secara langsung pada saat bekerja nanti.

c. Lembar latihan
Untuk menguji keberhasilan dalam bimtek dan diklat yang telah dilakukan sebelumnya, pusdiklat pemendagri akan memberikan lembar latihan sebagai bentuk evaluasi dan memantapkan materi yang telah disampaikan. Bagi para peserta bimtek dan diklat, lembat latihan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk mempraktikkan dan merealisasikan ilmu yang telah diperoleh sebelumnya.

d. Permainan Peran
Dalam proses bimtek dan diklat, para peserta akan bertemu secara langsung dengan trainer. Mungkin saja metode setiap trainer dalam unit pusdiklat berbeda-beda dalam melakukan pendidikan dan pelatihan. Misal saja melalui permainan peran yang dapat mengatasi rasa bosan setiap pesarta.

e. Kueisoner
Kuisoner ini sangat berguna untuk evaluasi bagi unit Pusdiklat, info-info bagi dari para peserta terkait pelaksanaan bimtek dan diklat menjadi kunci evaluasi untuk pengadaan bimtek dan diklat kedepannya.

Macam-macam Materi Diklat dan Bimtek Pusdiklat Pemendagri 2019

1. Bimtek / Diklat DPRD

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang pertama adalah bimtek DPRD. DPRD atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan lembaga perwakilan rakyat di daerah tingkat provinsi/kabupaten/kota yang ada di Indonesia. DPRD dipilih melalui pemilihan umum bersamaan dengan pemilihan presiden. Masa jabatan dari DPRD adalah 5 tahun yang diatur dalam UU Nomor 17 Tahun 2004.

Pusdiklat Pemendagri memberikan fasilitas bagi para anggota dewan dan para staf-stafnya untuk meningkatkan kemampuan dengan mengikuti bimtek dan diklat. Pusdiklat Pemendagri telah menyiapkan banyak materi yang bisa dipilih oleh anggota DPRD maupun staff dan karyawannya guna meningkatkan kinerja dan kapasitasnya. Setelah mengikuti bimtek dan diklat ini diharapkan mampu untuk meningkatkan pelayanan terhadap rakyat.

Beberapa materi bimbingan teknis dan pendidikan latihan dari Pusdiklat Pemendagri untuk DPRD antara lain sebagai berikut :
  • Tata Cara Penyusunan dan Pengelolaan serta Proses Akuntansi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD
  • Peran Bamus, Balegda, dan Badan Kehormatan dalam Meningkatkan Kinerja DPRD
  • Peningkatan kapasitas, peran dan fungsi anggota DPRD
  • Penguatan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD Purnabakti
  • Pelayanan Prima Sekretariat DPRD Terhadap Pimpinan dan Anggota DPRD
  • Pedoman Pelaksanaan Fungsi DPRD
  • Orientasi Pengelolaan Dana Reses Bagi Anggota DPRD Provinsi, Kota/Kabupaten
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-dprd-bimtek-dprd-pelatihan-dprd/

2. Bimtek/Diklat Aparatur Desa/Lurah/Camat

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kedua adalah bimtek aparatur desa/lurah/camat. Adanya reformasi tahun 1998 memberikan dampak yang sangat besar di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, sosial, budaya dan pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan terjadi perubahan, yang awalnya sentralisasi dirubah ke sistem desentralisasi. Dimana kewenangan sudah tidak terpusat di pemerintah pusat saja, pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tanggnya sendiri di luar kewenangan pemerintah pusat.

Dalam berbagai bidang kehidupan, pemerintah memiliki peran yang sangat penting dan krusial. Jika rakyat adalah tuan rumahnya maka pemerintah adalah pembantu yang dibayar untuk mengurusi tuan rumah dan rumah itu sendiri. Pemerintah memiliki berbagai peran mulai dari mengatur, mengelola dan lain sebagainya.

Begitu juga pemerintah desa, yang ditugaskan untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya mulai dari pembuatan KTP, surat-surat berharga sampai mengatur dana desa untuk pembangunan desa. Pemerintah desa adalah perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Sehingga kita tidak bisa meremehkan peran pemerintah desa, pemerintah desa juga memiliki tugas dan peran yang besar.

Untuk menjalankan peran yang besar ini maka kepala desa dan perangkat desa harus memiliki skills dan kemampuan yang mumpuni dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa. Pemerintah desa ini terdiri dari kepala desa dan perangkat desa. Salah satu dalam meningkatkan kualitas perangkat desa baik itu lurah atau camat dan aparaturnya maka perlu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendidikan Latihan (Diklat).

Bimtek Pusdiklat Pemendagri juga menfasilitasi para aparatur desa yang ingin mengikuti bimtek dan diklat. Beberapa materi yang dikhususkan untuk para aparatur desa/lurah/camat ini antara lain :
  • Strategi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Desa
  • Pengelolaan dan Pengembangan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)
  • Perencanaan Pembangunan Desa (menyusun RPJMDes dan APBDes)
  • Pengelolaan Keuangan Desa, dari Perencanaan sampai Pelaporan
  • Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis SISKEUDES
  • Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa)
  • Pengadaan Barang/Jasa di Desa Dengan Swakelola
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-aparatur-desa-lurah-camat/

3. Bimtek/Diklat Keuangan

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang ketiga adalah bimtek adalah bimtek keuangan. Dalam ilmu ekonomi, manajemen keuangan menjadi salah satu kunci keberhasilan dari perusahaan. Menurut (Sutrisno, 2003) dalam bukunya disebutkan bahwa manejemen keuangan merupakan segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang minimal serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut.

Jadi ada banyak tugas dari pengelolaan keuangan ini, mulai dari cara mendapatkannya, menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien. Dengan kata lain mengelola pemasukan dan pengeluaran secara efisien.

Ada beberapa fungsi manajemen keuangan antara lain planning (perencanaan keuangan), budgeting (anggaran), controlling (pengendalian keuangan), auditing (pemeriksaan keuangan) dan reporting (pelaporan keuangan).

Fungsi-fungsi manajemen keuangan ini juga diterapkan di dalam sistem pemerintahan, mulai dari planning dan budgeting yang membuat RAPBD/RAPBN. Di tengah-tengah pemerintah juga harus memantau dan mengontrol agar keuangan tidak disalah gunakan atau salah sasaran. Perlu juga dilakukan auditing untuk memeriksa keuangan perusahaan agar sesuai dengan kaidah standar akuntasi dan tidak terjadi penyimpangan. Terakhir, pelaporan menjadi faktor penting dan sebagai bentuk pertanggung jawaban / transparansi pemerintah kepada rakyatnya.

Di dalam pemerintahan juga sangat perlu pengelolaan keuangan secara baik dan transparan. Apalagi yang dikelola bukanlah uang pribadi melainkan uang milik rakyat yang jumlahnya sangat besar. Bahkan setiap karyawan minimal harus memiliki ilmu dasar keuangan ini, pasalnya jika tidak maka dapat membahayakan posisinya. Setiap pegawai harus berhati-hati khususnya dalam urusan yang berkaitan dengan administrasi/keuangan, kesalahan karena ketidak hati-hatian dapat menjebloskan orang tersebut ke dalam penjara.

Apalagi bagian yang secara langsung mengurusi keuangan seperti birokrasi/bendahara, tentu saja perlu kehati-hatian yang lebih ekstra. Ilmu tentang manajemen keuangan, akuntansi, administrasi dan tata kelola pemerintahan menjadi hal yang wajib dikuasai oleh pegawai di bidang keuangan.

Bimtek Pusdiklat Pemendagri juga menfasilitasi mereka yang ingin belajar tentang pengelolaan keuangan perusahaan/organisasi/pemerintahan dalam negri. Beberapa materi tentang bimtek keuangan antara lain :
  • Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019
  • Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)
  • Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD
  • Strategi Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual
  • Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah
  • Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah
  • Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-keuangan-bimtek-keuangan/

4. Bimtek / Diklat Kepegawaian

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang keempat adalah bimtek kepegawaian. Kepegawaian adalah salah satu bidang yang bisanya terdapat dalam organisasi pemerintah dan swastas, tugasnya adalah mengurusi segala hal yang berkaitan dengan pegawai mulai dari penerimaan tenaga kerja baru, pembinaan kerja, pelatihan kerja, gaji, produktivitas kerja, motivasi dan masih banyak lagi. Dalam ilmu ekonomi, kepegawaian ini sering dikenal dengan istilah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Diperlukan ilmu khusus untuk mendalami bidang kepegawaian, dikarenakan setiap pegawai mungkin memilki karakteristik yang berbeda-beda. Tugas berat menunggu bidang ini. Bidan ini ada untuk menjamin kesejahteraan pegawai yang bekerja, sehingga memiliki produktifitas yang tinggi dan mampu membantu mewujudkan tujuan-tujuan perusahaan.

Dalam kepegawaian pemerintah, bidang ini juga mengatur para pegawai-pegawa mulai dari absensinya, gaji, kompensasi, tunjangan dan lain sebagainya. Termasuk mengurusi masalah karyawan baru, karyawan kontrak (honorer). Bidang kepegawaian juga memegang peran dalam menjaga harmonitas/kerukunan seluruh pegawai agar dalam bekerja terasa nyaman dan enak. Beberapa hal yang berkaitan dengan tugas kepegawaian terutapa pegawai pemerintah ada aturan yang harus diataati seperti dalam sistem penggajian dan tunjangan kinerja bagi PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2015.

Untuk menjalankan tugas-tugas yang besar tersebut, maka perlu dilatih untuk memaksimalkan kinerja dan keputusan-keputusannya terkait bidang kepegawaian. Berikut ini adalah materi yang ada pada Bimtek Pusdiklat Pemendagri :
  • Analisis Jabatan (ANJAB) Bagi Pegawai Negeri Sipil
  • Sistem Mutasi Kepegawaian
  • Standar Kompetensi Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK)
  • Impementasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Berdasarkan PP No. 11 Tahun 2017 dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Dengan UU RI No. 5 Tahun 2014
  • Standar Pelayanan Penggajian dan Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Penilaian Prestasi Kerja PNS Dan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-kepegawaian/

5. Bimtek / Diklat Barang & Aset

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kelima adalah bimtek barang & aset. Pengertian aset menurut Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) adalah sebuah sumber daya ekonomi yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh pemerintah, memiliki manfaat ekonomi dan/atau sosial, dapat diukur dalam satuan uang, termasuk kedalam sumber daya non-keuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya.

Barang dan aset milik perusahaan ini harus dikelola, apalagi jika dalam perusahaan tersebut memiliki kapasitas yang besar. Tentu harus ada bidang atau pegawai tersendiri yang mengurusi masalah pengelolaan barang dan aset. Aset-aset yang terpenting misalnya kendaraan, alat-alat tulis, sarpras dan lain sebagainya.

Pengelolaan barang dan aset khususnya dalam bidang pemerintahan juga terdapat peraturan yang menaunginya, yaitu dalam Permendagri No. 17 tahun 2007. Dalam peraturan tersebut beberapa pengelolaan barang dan aset antara lain mulai dari perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penerimaan, penyimpanan dan penyaluran, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtanganan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian, pembiayaan dan tuntutan ganti rugi.

Seperti pada bidang keuangan, bidang barang & aset seorang pegawai juga harus berhati-hati dan tetap waspada. Terutama apabila berhadapan dengan lelang barang/aset, pokoknya semua administrasi harus dipastikan clear dan aman, jangan sampai menimbulkan keraguan dan ketidakjelasan ketika dilakukan pemeriksaan. Bisa-bisa masuk penjara. Maka dari itu, pegawai dalan pengelolaan barang & aset harus memiliki kemampuan dalam mengelola barang & aset. Bimtek Pusdiklat Pemendagri juga memberikan fasilitas untuk pegawai yang ingin memberikan tentag barang dan aset, beberapa materinya antara lain :
  • Petunjuk Teknis Tata Cara Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan, Pemindahtanganan, Penilaian, Dan Penatausahaan Barang Milik Negara/Daerah
  • Sistem Pengelolaan Barang Milik Daerah / Negara
  • Pemeriksaan Aset Tetap
  • Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah
  • Tata Cara dan Teknik Penilaian Aset Daerah
  • Sistem dan Tata Cara Penghapusan Aset
  • Sistem Informasi Manajemen Barang Dan Aset Daerah (SIMBADA)
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/pelatihan-bimtek-diklat-barang-dan-aset/

6. Bimtek Kearsipan

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang ke-enam adalah bimtek Kearsipan. Dalam pemerintahan kearsipan menjadi salah satu yang sangat diperhatikan, kearsipan merupakan sistem yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan dokumentasi informasi. Sistem kearsipan ditujukan untuk mempermudah penyimpanan dan pencarian kembali informasi yang dianggap penting bagi suatu organisasi.

Pada dasarnya arsip ini dibedakan menjadi dua yaitu arsip transaksi dan arsip referensi. Yang termasuk dalam arsip transaksi antara lain cek, dokumen pemesanan, dokumen pembelian, bon, dan lain sebagainya.

Sedangkan arsip referensi terdiri dari dokumen surat menyurat, laporan, notulen rapat, akte-akter perusahaan dan lain sebagainya. Tujuan pengarsipan ini adalah memudahkan dalam pencarian informasi di masa yang akan mendatang jika dibutuhkan.

Semakin efektif dalam pengarsipan akan semakin membantu di masa mendatang. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kearsipan ini dapat mengikuti bimtek dan diklat yang difasilitasi oleh Pusdiklat Pemendagri, beberapa materi yang tersedia antara lain :

  • Manajemen Kearsipan Dan Pengelolaan Pusat Arsip (Record Center)
  • Kearsipan Elektronik (E-Filling) Bagi Institusi Pemerintahan
  • Bimtek/Pelatihan Korespondensi dan Tata Naskah Dinas 
  • Pelatihan/Bimtek Manajemen Pengelolaan Arsip Daerah, Tata Naskah Dinas Dan Sistem Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
  • Bimtek/Diklat Manajemen Keprotokolan dan Master Of Ceremony (MC) sebagai wujud Peningkatan Wawasan, Keterampilan dan Pengetahuan Bagi Humas, Protokol dan Master Of Ceremony ( MC ) di Daerah.
  • E-Document untuk menunjang kinerja Institusi Pemerintahan

Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-kearsipan-bimtek-arsip-daerah/

7. Bimtek Kesehatan & Rumah Sakit

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang ketujuh adalah bimtek kesehatan & rumah sakit. Kesehatan adalah kebutuhan setiap insan manusia, sehingga layanan kesehatan seperti klinik dan rumah sakit banyak didatangi oleh mereka yang sedang berusaha mencari kesembuhan. Rumah sakit membutuhkan manajemen yang baik, untuk para perawat harus mampu memberikan pelayanan prima kepada pasien.

Apalagi yang dirawat adalah manusia bukan hewan, perlu kehati-hatian karena risiko yang ditanggung sangat besar. Bimtek dan Diklat di bidang kesehatan sangat perlu dilakukan, untuk menjamin para tenaga kesehatan memiliki kompetensi dan keahlian sesuai bidangnya masing-masing.

Beberapa tenaga kesehatan antara lain dokter, perawat, bidan, asisten dokter dan lain sebagainya. Diharapkan dengan mengikuti bimtek (bimbingan teknis) dan diklat (pendidikan pelatihan) semua tenaga kesehatan mampu meningkat kinerjanya dan memiliki skill kompetensi yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Diantara materi-materi yang difasilitasi oleh Bimtek Pusdiklat Pemendagri adalah materi-materi dalam hal pengelolaan (manajemen) rumah sakit, promosi rumah sakit, rekruitmen tenaga kerja, dan hal-hal yang bersifat teknis seperti kesehatan reproduksi remaja, penyehatan air dll.
Berikut ini adalah beberapa materi bimtek / diklat di bidang kesehatan dan rumah sakit :
  • Keselamatan dan kesehatan kerja K3 Rumah Sakit
  • Manajemen Rumah Sakit
  • Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten/Kotamadya
  • Rekruitmen tenaga Kesehatan Untuk Rumah Sakit dan Puskesmas
  • Tenaga Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Rumah Sakit
  • Kesehatan Reproduksi Remaja
  • Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat dibidang Kesehatan
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-kesehatan-bimtek-kesehatan/

8. Bimtek Perpajakan

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kedelapan adalah bimtek Perpajakan. Pajak adalah pendapatan yang paling besar yang diterima oleh negara Indonesia. Pajak merupakan iuran kepada kas negara yang berdasar pada Undang-undang dan dapat dipaksakan dengan tidak mendapat jasa timbal, yang secara langsung dapat ditunjukan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umim.

Dalam pemerintah terdapat dinas khusus yang mengurusi masalah pajak, yaitu dinas perpajakan. Dinas pajak ini bertugas untuk memungut pajak-pajak dari masyarakat, mengelolanya dan menyalurkannya untuk kepentingan negara dan umum. Macam-macam pajak ini mulai dari pajak penghasilan, pajak bumi bangunan, pajak kendaraan bermotor.

Uang yang didapat dari pajak ini akan dikumpulkan dan digunakan sebaik mungkin demi kepentingan negara dan masyarakat seperti untuk membangun jalan, memberikan susidi, menggaji para pegawa negeri sipil dan masih banyak lagi.

Perpajakan memerlukan pegawai yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, dalam perpajakan juga harus berhati-hati. Jangan sampai terjebak untuk melakukan korupsi, seperti yang dilakukan oleh Gayus Tambunan.

Kompetensi dalam pengelolaan pajak diperlukan agar meminimalisir terjadinya kesalahan yang bisa-bisa membuat pegawainya terjerat dalam hukum. Kesalahan dalam pengelolaan perpajakan juga akan membuat pusingnya seluruh pegawa pajak. Pengelolaan pajak yang efektif dan efisien juga akan memudahkan dalam pekerjaan seorang pegawai pajak.

Untuk itulah Bimtek dan Pusdiklat Pemendagri memberikan fasilitas kepada para pegawai pajak untuk mengikuti bimtek dan diklat perpajakan guna meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan kinerja para pegawai. Juga, membentuk pegawai yang profesional, jujur, transparan dan berkompeten di lingkungan pemerintahan.

Materi-materi perpajakan difokuskan pada materi-materi yang berhubungan erat dengan lingkungan perpajakan di dalam instansi pemerintahan. Beberapa pilihan materi yang ada antara lain :
  • Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah serta Pedoman Pengelolaan Perpajakan Bagi Bendahara Pemerintah
  • Kewajiban Perpajakan bagi Instansi Pemerintah BUMN dan BUMD
  • Pengelolaan Pajak PBB dan BPHTB Berdasarkan Undang – Undang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah (PDRD) No. 28 Tahun 2009
  • Pengelolaan Potensi Pajak & Retribusi Daerah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  • Tata Cara Pengisian Dan Pelaporan Pengisian e-SPT Bagi Instansi Pemerintah
  • Jurusita Pajak Daerah
  • Mekanisme Pendataan dan Penilaian Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB – P2).
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-perpajakan-bimtek-pajak-seminar-pajak/


9. Bimtek Penanaman Modal


Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kesembilan adalah bimtek Penanaman Modal. Modal merupakan segala hal yang dimiliki dan dapat berwujud seperti uang, benda, tanah, peralatan, mesin dan peralatan penunjang dalam melakukan kegiatan usaha. Dalam Pasal 1 Angka (7) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penananaman Modal disebutkan bahwa modal adalah aset dalam bentuk uang atau bentuk lain yang bukan uang yang dimilikioleh penanaman modal yang memiliki nilai ekonomis.

Sedangkan penanaman modal merupakan sebuah investasi, merupakan terjemahan investment. Mungkin kita mengenal investasi sebagai sebuah upaya untuk memperkerjakan uang agar menghasilkan. Secara istilah penanaman modal diartikan sebagai segala kegiatan menanam modal baik dalam negeri maupun luar negeri. Penanaman modal ini terdapat dua buah macam yaitu penenaman modal dalam negri dan penanaman modal asing.

Penanaman modal dalam negeri merupakan penanaman modal yang dilakukan di wilayah negara Republik Indonesia menggunakan modal dalam negeri. Sementara penanaman modal asing dilakukan oleh pihak asing dan dilakukan di wilayah negara Republik Indonesia.

Penanaman modal juga merupakan sebuah usaha dalam membangun pembangunan yang strategis. Diperlukan kompetensi dalam pengelolaan sumberdaya pembangunan untuk membangun aset-aset produksi. Diperlukan daya visioner (berpikir kedepan) untuk memprediksi kondisi pasar di masa mendatang sehingga akan tepat sasaran dan menjadi salah satu terobosan sumberdaya nasional.

Maka dari itu, sangat diperlukan sebuah pengadapsian, koordinasi dan sinergitas peran dan kegiatan pemerintah serta masyarakat untuk menjalankan kegiatan investasi/penanaman modal untuk pembangunan daerah.

Dasar pengaturan investasi telah diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing (PMA). Selanjutnya oleh pemerintah juga dibuatkan aturan lanjutan dalam UU Nomor 6 Tahun 1968 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri.

Undang-undang di atas kemudian direvisi dan dikeluarkanlah UU Nomor 11 tahun 1970 tentang Penanaman Modal Asing dan UU No 12 Tahun 1979 tentang Penanaman Modal Dalam Negeri

Karena peran yang begitu penting bagi pembangunan daerah, maka dibentuklah lembaga khusus yang menangi masalah ini. Lembaga ini berada di tingkat pusat dan ada juga yang berada di tingkat daerah. Lembaga yang menangani ini di daerah misalnya BPMPT (Bada Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu.

Para pegawai BPMPT harus memiliki kompetensi dalam hal penanaman modal, termasuk dalam menyeleksi para pemilik modal yang ingin berinvestasi di negara Indonesia. Para pegawai juga harus mampu untuk menarik para investor agar mau berinvestasi di daerah tersebut.

Bimtek Pusdiklat Pemendagri menfasilitasi dengan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) dan pendidikan latihan (diklat) bagi para pegawa pemerintah dalam lembaga penanaman modal. Materi-materi yang terkait dengan penanaman modal antara lain :

  • Manajemen Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah
  • Metode Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal
  • Optimalisasi Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM)
  • Optimalisasi Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE)
  • Manajemen Penanaman Modal Daerah Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.
  • Strategi Penyusunan Dan Penetapan Kebijakan Pengembangan Penanaman Modal Daerah Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Rencana Strategis Daerah.
  • Pedoman Perencanaan, Regulasi dan Implementasi Sistem Informasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan


Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-penanaman-modal/

10. Bimtek UKM/UMKM

Info bimtek pusdiklat pemendagri yang kesepuluh adalah bimtek UKM/UMKM. UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan tonggak perekonomian negara Indonesia. UMKM adalah lumbung kesejahteraan bagi negara Indonesia, pemerintah percaya bahwa kebangkitan UMKM akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan keseriusan pemerintah dalam mengelola UMKM dan memberikan fasilitas sebesar-besarnya untuk masyarakat yang ining membuat sebuah usaha.

Fasilitas tersebut antara lain dengan memberikan kemudahan perizinan, pemberian modal dan pelatihan-pelatihan bagi para pelaku UKM/UMKM. Bahkan dibentuk sebuah lembaga khusus untuk menangani UMKM ini yaitu Dinas Koperasi dan UMKM.

Bimtek Pusdiklat Pemendagri memberikan fasilitas bagi para pelaku usaha atau pegawai negeri sipil yang ingin mengadakan pelatihan UMKM. Beberapa materi tentang bimtek dan diklat UMKM antara lain sebagai berikut :

  • Manajemen Pengelolaan Koperasi
  • Implementasi UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Indonesia;
  • Implementasi PP. No. 17 / 2013 tentang Pelaksanaan UU . No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  • Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Keterampilan Kerajinan Tangan.
Info lebih lanjut : https://pusdiklatpemendagri.com/materi-diklat-dan-bimtek/diklat-ukm-umkm/


Selain bimtek dan diklat dengan materi-materi di atas, Pusdiklat Pemendagri juga membuka bimtek dan diklat materi lain sebagai berikut :

  • Bimtek Satpol PP
  • Bimtek Kependudukan dan Capil
  • Bimtek Perusahaan/BUMD/BUMN
  • Bimtek Bidang Hukum

Cara Melihat Jadwal Diklat dan Jadwal Bimtek di Pusdiklat Pemendagri 2019

Diklat dan Bimtek sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas SDM yang diharapkan mampu menjadi pelayan masyarakat yang jujur dan kompeten jika itu merupakan pegawai pemerintahan. Mengikuti pendidikan dan pelatihan akan mendapatkan banyak manfaat, selain memperoleh ilmu dan keahlian yang menunjang pekerjaan kita juga mendapat relasi / kawan. Dan yang pasti akan mendapatkan sertifikasi yang dapat Anda gunakan sebagai bukti bahwa Anda pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan tema/materi yang bersangkutan.

Adanya sertifikat ini juga sangat menunjang jika Anda ingin naik pangkat atau ingin bekerja di tempat yang lain. Bimtek dan Diklat ini hampir diadakan setiap minggunya dengan waktu dan tempat yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan konsumen.

#1. Anda dapat melihat jadwal diklat dan bimtek ini dihalaman ini. https://pusdiklatpemendagri.com/jadwal-diklat-jadwal-bimtek.


#2. Setelah masuk ke-halaman tersebut kemudian pilih bimtek (bimtek teknis) yang di inginkan, di halaman tersebut terdapat 16 macam bimtek yang dapat Anda pilih mulai dari Bimtek DPRD sampai dengan Bimtek Bidang Hukum. Pilih satu dari ke-16 tersebut dengan cara mengkliknya, Anda juga dapat melihat-lihat kategori bimtek yang lain.

#3. Masing-masing kategori bimtek akan memiliki pilihan judul materi. Setiap kategori memiliki materi yang berbeda-beda, jumlahnya antara satu sama lain juga berbeda. Sebagai contoh dalam Bimtek DPRD memiliki 14 materi yang ditawarkan mulai dari tata cara penyusunan dan pengelolaan keuangan DPRD sampai dengan kebijakan umum anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran.

#4. Untuk melihat jadwal bimtek dan diklatnya dapat mengklik link sesuai dengan materi yang kalian pilih.

#5. Anda akan disajikan jadwal bimtek dan diklat pada halam ini, secara default akan ditampilkan jadwal bimtek di bulan yang sama sesuai dengan bulan saat Anda membuka halaman ini. Anda dapat memilih di bulan apa Anda akan mengikuti bimtek dan diklat.

#6. Dihalaman ini juga ditampilkan tanggal pelaksanaan dan tempat pelaksanaan bimtek/diklat. Yang terbagi kedalam beberapa kota-kota besar di seluruh wilayah Indonesia.

Biaya Diklat dan Bimtek Pusdiklat Pemendagri 2019

Kegiatan bimtek dan diklat membutuhkan biaya untuk biaya akomodasi, peralatan dan perlengkapan peserta selama bimtek dan diklat berlangsung. Pada intinya biaya ini dibutuhkan  untuk memberikan kenyamanan bagi semua peserta. Biaya ini tentu saja ditanggung oleh masing-masing peserta. 

Besar tanggungan atau biaya yang harus dibayar oleh peserta kira-kira sekitar Rp 4.500.000 / perserta. (Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu)

Dengan besar biaya tersebut para peserta sudah mendapatkan berbagai fasilitas yang memadai dan sebanding dengan besar biaya yang dibayarkan kepada bimtek pusdiklat pemendagri. Para peserta sudah tidak perlu repot-repot untuk memikirkan makan siang, penginapan dan peralatan yang lain. Pokoknya tinggal ikuti proses bimtek dan diklatnya dengan nyaman dan aman. Beberapa fasilitasnya antara lain sebagai berikut : 
  1. Pelatihan selama 2 hari / Pembahasan Materi sampai dengan selesai.
  2. Peserta menginap (twin-shering)
  3. Seminar kit serta tas ekslusif
  4. Coffe Break, Lunch dan Dinner (selama kegiatan berlangsung)
  5. Sertifikat pelatihan
  6. Konfirmasi pendaftara peserta selambat-lambatnya H-3.
Fasilitas Tambahan 
  1. City Tour Peserta (Peserta Wajib Konfirmasi)
  2. Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi)
  3. Syarat & Ketentuan Berlaku
  4. Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, (Syarat & Ketentuan Berlaku)
  5. Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

Kontak Yang Dapat Dihubungi (Konfirmasi Peserta) 

Fax Pusdiklat Pemendagri : 021-2244.3223
Telp Pusdiklat Pemendagri  : 0812 943 77777
WhatsApp :  0812 943 77777
Email : admin@pusdiklatpemendagri.com
Website Pusdiklat Pemendagri : www.pusdiklatpemendagri.com
Alamat : Jl. Cemara Ujung Blok 11 No. 02 Lantai 2. Jakarta Utara 14260.



Demikian inormasi mengenai Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terlengkap 2019, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian yaa.


Tag : 
info bimtek, info bimtek pusdiklat pemendagri, info bimtek dprd, info bimtek keuangan, info bimtek aparatur desa, jadwal bimtek pusdiklat pemendagri, jadwal diklat pusdiklat pemendagri, lokasi bimtek, lokasi diklat, lokasi bimtek dan diklat pusdiklat pemendagri, info bimtek maret, info bimtek april, info bimtek mei, info bimtek juni, info bimtek juli, info bimtek agustus, info bimtek september, info bimtek oktober, info bimtek november, info bimtek desember, info bimtek dan diklat 2019..

25 Komentar untuk "Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri dan Jadwal Bimtek Terbaru 2019"

  1. Emang paling lengkap gan info bimtek pusdiklat pemendagrinya, kupas tuntans sampai ke akar-akarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa gan, kitapunya.net akan selalu memberikan informasi-informasi terlengkap. Dan salah satunya ini nih, info mengenai bimbingan teknis dan pendidikan latihan yang difasilitasi oleh Pusdiklat Pemendagri. Monggo mas dzaki, jika ingin mengikuti diklat.

      Hapus
    2. Kang rahmad ini memang jago nulisnya gan, wkwk. Sampai panjang bener tulisannya.

      Hapus
  2. Mahal juga ya gan tarif bimtek di pusdiklat pemendagri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan dibayar sama kantor gan kalau ikut bimteknya 😂

      Hapus
    2. Usul aja gan sama bosmu, "pak bos, adain diklat dong. Biar tambah pinter". Rata-rata biaya diklat juga sekitara itu.

      Hapus
    3. Atau bimbingan secara online aja gan, di YouTube, gratis .. wkaka

      Hapus
  3. Ikut bimtek itu banyak senangnya gan, apalagi jika tidak bayar alias gratis. Dulu bimtek biasanya diadakan di tempat-tempat wisata, jadi wisata sekalian pelatihan. Di luar kota sih lebih tepatnya.

    Jadi misalnya saya di jogja, terus bimtek dan diklatnya itu bisa di solo, klaten, semarang dll.

    Yang pasti sih kalau diklatnya dari kantor ngga perlu pusing-pusing mikirin duit, karena sudah dibayarin. Makan sudah disiapin, dan tidur tinggal tidur deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget dong kak, habis diklat langsung wisata-wisataan..

      Hapus
    2. Waah, saya juga mau kalau itu. Ada ngga ya bimtek dan diklat untuk para blogger seperti saya.. wkwkw

      Hapus
  4. Saya pengen ikut bimtek, ada jadwal bimtek untuk bulan Juli 2019 gan? Di bidang keuangan. Lokasi berada di kota Solo. Ada diskon harganya juga ngga ya? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info diklat di solo untuk bulan juli 2019 bidang keuangan dapat dilihat secara langsung kak, di Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Alamatnya ada di : https://pusdiklatpemendagri.com. Di solo saya belum menemukan kak untuk bulan juli, adanya di Jogja. Berikut tanggalnya :

      04 - 05 Juli 2019 di Hotel Pesonna Malioboro Jogja
      10 - 11 Juli 2019 di Hotel Pesonna Malioboro Jogja
      19 - 20 Juli 2019 di Hotel Pesonna Malioboro Jogja
      26 - 27 Juli 2019 di Hotel Pesonna Malioboro Jogja

      Hapus
  5. Hadir kang Rahmad, btw bedanya antara bimtek dan diklat itu apa kang? Rasa-rasanya sama aja tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda tulisannya dek, kalau bimtek itu B-I-M-T-E-K sedangkan diklat itu D-I-K-L-A-T. Sudah paham kan sekarang dek?

      Hapus
    2. Kalau itu mah saya juga tahu mas, perbedaan dari segi tulisannya antara bimtek dan diklat. Secara harafiah gitu lho mas, atau yang menurut para ahli..

      Hapus
  6. Malam bro, cuma ikut meramaikan artikel info bimtek ini aja. Semoga sukses terus bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok aneh yaa, seperti melihat cermin seperti ini. Yang pasti terimakasih lah sudah mendoakan agar artikel info bimtek di pusdiklat pemendagri ini sukses. wkwk

      Hapus
  7. Jadi sangat penting ya gan bimtek dan diklat itu? Besok kalau sudah punya pegawai banyak saya diklatkan lah biar pada ahli semua.. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan, bimtek dan diklat itu untuk meningkatkan kualitas SDM para pegawainya. Bisa juga untuk menyelaraskan dengan Peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah.

      Hapus
  8. Selamat membaca artikel info bimtek dari pusdiklat pemendagri ya.. Jika ada kritik dan saran atau masukan, kami akan senang dan menerima dengan senang hati.

    BalasHapus
  9. Lihat juga dokumen yang saya publikasikan di academia.edu tentang apa itu bimtek? Semoga membantu yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap-siap, terimakasih sudah memberikan saran tambahan kepada kami..

      Hapus
  10. Ada ngga ya bimtek atau diklat untuk seorang akuntan? He he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut menjawab aja ya kak, kalau berdasarkan artikel di atas adanya bimtek keuangan. Mungkin itu ada kaitannya dengan akuntansi 😂😂

      Hapus
    2. Terimakasih lho mas Dzaki sudah membantu menjawab, memang betul akuntansi kaitannya dengan pengelolaan keuangan. Bisa dilihat kakak dalam materi bimtek/diklat keuangan disana juga ada yang berkaitan dengan akuntansi. Bahkan di materi-materi yang lain, juga terdapat materi akuntansi.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel