Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi vs Pertumbuhan Ekonomi
Pembangunan ekonomi vs Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
- Ekonomi suatu negara dapat dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi jika jumlah produksi barang dan jasanya mengalami peningkatan. Dengan peningkatan jumlah produksi barang dan jasanya meningkat, maka akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakatan. 

Hanya saja secara rill, untuk mencatat unit barang dan jasa yang dihasilkan di suatu negara sangatlah sulit mengingat besarnya cakupan wilayah dan terdapat perbedaan satuan pengukuran. Apalagi jenis dan macam barang dan jasa juga sangat beragam (bermacam-macam.

Contohnya, produksi padi diukur dalam satuan berat (kg/kw/ton), sementara produksi minyak bumi diukur dalam satuan volume (barel), sedangkan produksi jasa tidak dapat diukur secara fisik, misalnya jasa pariwisata, jasa konsultasi, dan sebagainya. Baca juga : Pengertian Pasar dan Contoh-contohnya

Pertumbuhan merupakan suatu ungkapan yang menggambarkan tingkat perkembangan, jadi pertumbuhan eknomi dapat dikatakan adalah pengukuran prestasi dari perkembangan perekonomian suatu negara. 

Sementara itu perkembangan ekonmi dapat diukur dengan melihat GDP (Gross Domestic Product) apakah terjadi kenaikan atau penurunan, dalam melihat ini faktor lain seperti pertumbuhan penduduk dan perubahan dalam struktur perekonomian diabaikan.

Sementara itu, pada kesempatan sebelumnya telah dibahas mengenai pembangunan ekonomi. Yang mana pembangunan ekonomi dapat dikatakan sebagai peningkatan kekuatan ekonomi suatau negara. Dapat juga dikatakan bahwa pembangungan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Baca juga : Kegunaan Data Pendapatan Nasional

Tabel dibawah ini memberikan sedikit gambaran tentang perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi :
Pembangunan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi
Adanya usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat, yaitu tingkat pertambahan GDP pada suatu tahun tertentu adalah melebihi dari tingkat pertambahan penduduk.

Perkembangan GDP yang berlaku dalam suatu masyarakat diikuti oleh pertumbuhan dan modernisasi dalam struktur ekonomi.
Adanya usaha untuk meningkatkan GDP tanpa memandang kenaikan itu lebih besar atau lebih kecil dari pertumbuhan penduduk dan tanpa memandang apakah ada perubahan dalam struktur ekonomi atau tidak.

Okee, itu adalah perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian yaa. Terimakasih. Baca juga : Tujuan-tujuan Kebijakan Makro Ekonomi

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel