Pengertian dan Tujuan Pembangungan Ekonomi (Artikel Lengkap)

Pengertian dan Tujuan Pembangungan Ekonomi (Artikel Lengkap) - Dalam kehidupan manusia, setiap episode kehidupan akan terus mengalami perkembangan. Perkembangan ini hampir terjadi di semua sektor mulai dari sektor teknologi, pertanian, ekonomi, budaya dan masih banyak lagi.

Dalam hal teknologi misalnya, jika orang dulu masih menggunakan surat untuk berkomunikasi satu sama lain dalam jarak jauh, sementara karena perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang sudah tergantikan dengan adanya smartphone dan internet.

Begitu juga dalam hal bertani, berdagang dan masih banyak lagi. Terjadinya perkembangan ini membuat terjadi pembangunan ekonomi, pembangunan ekonomi digambarkan sebagai peningkatan kekuatan ekonomi suatu negara.

Misal saja dalam suatu rumah tangga, jika dulu sekeluarga hanya bisa membeli makanan pokok saja dan sekarang sudah bisa membeli barang-barang mewah maka dapat dikatakan bahwa sekeluarga tersebut terjadi pembangungan ekonomi (peningkatan). Konsep tersebut, dapat kita gunakan untuk merumuskan pembangungan ekonomi dalam kontesk bernegara. Baca juga : Faktor Penyebab Inflasi dan Akibat Buruk Inflasi
Pembangunan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi


A. Pengertian Pembangungan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Dengan kata lain, istilah pembangunan ekonomi bukan saja terfokus pada masalah perkembangan pendapatan nasional riil, tetapi juga pada modernisasi kegiatan ekonomi, misalnya usaha merombak sektor pertanian tradisional, masalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan masalah pemerataan pendapatan.

Pembangunan yang dilakukan oleh negara-negara berkembang di dunia pada umumnya berorientasi pada bagaimana memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara-negara tersebut. Begitu juga di Indonesia, meningkatkan pembangungan ekononi ditujukan agar terjadi peningkatan kesejahteraan atau taraf hidup masyarakat. Jadi, dapat dikatakan pembangunan merupakan suatu proses berkelanjutan dalam upaya mencapai peningkatan kualitas hidup. 

Selanjutnya pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang. Di sini terdapat tiga elemen penting yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi. 

1) Pembangunan sebagai Suatu Proses 
Pembangunan sebagai suatu proses, memiliki arti bahwa pembangunan merupakan suatu tahap yang harus dijalani oleh setiap masyarakat atau bangsa. Artinya, setiap bangsa/negara harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju kondisi yang adil, makmur, dan sejahtera. 

2) Pembangunan sebagai Suatu Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Perkapita 
Sebagai suatu usaha, pembangunan merupakan tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemerintah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam kesejahteraan masyarakat. 

3) Peningkatan Pendapatan Perkapita Harus Berlangsung dalam Jangka Panjang 
Suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan perkapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Misalnya, suatu negara terjadi bencana alam yang akan menghambat terjadinya pertumbuhan ekonomi, tapi itu hanya berlangsung sementara. Yang terpenting adalah negara tersebut mampu mengatasi masalah tersebut dan kegiatan ekonominya secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Rostow, pembangunan ekonomi adalah suatu transformasi atau perubahan dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern, melalui tahapan: 
1. masyarakat tradisional, 
2. prasyarat lepas landas, 
3. lepas landas, 
4. tahap kematangan, 
5. masyarakat berkonsumsi tinggi.

B. Tujuan Pembangunan Ekonomi 

Pembangunan ekonomi sudah seharusnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan juga untuk menjamin penggunaan faktor-faktor produksi yang ada dengan sebaik-baiknya supaya negara tersebut dapat mencapai tujuan yang hendak di capainya. Berikut ini adalah tujuan pembangungan ekonomi :

1) meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya yang meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, dan perlindungan keamanan dari pemerintah; 
2) memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok; 
3) memperluas kesempatan kerja
4) memperbaiki kualitas pendidikan; 
5) meningkatkan pendapatan masyarakat; 
6) meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur (agama, sosial, dan kultural); dan 
7) memperluas pilihan-pilihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan. 

Demikian artikel tentang pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa. Baca juga : Kegunaan Data Pendapatan Nasional

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Tujuan Pembangungan Ekonomi (Artikel Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel