hubungan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja

Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja

Diposting pada 4,695 views

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja

Pertumbuhan ekonomi merupakan perbandingan antara perekonomian sekarang dengan yang sebelumnya, ketika kondisi perekonomian meningkat dibandingkan dengan kondisi perekonomian sebelumnya berarti telah terjadi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi berarti terjadi peningkatan di bidang ekonomi mulai dari jumlah produksi barang dan jasa, omset, pendapatan dll.  

Yang pasti salah satu tanda terjadinya pertumbuhan ekonomi adalah terjadi peningkatan hasil produksi dari barang atau jasa. Meningkatnya hasil produksi/jumlah produksi ini bisa disebabkan oleh beberapa sebab antara lain meningkatnya kapasitas produksi tiap pengusaha, bertambahnya pelaku usaha dll.

Sementara itu meningkatnya kapasitas produksi dan bertambahnya pelaku usaha dapat diakibatkan oleh kondisi pasar yang baik, trend, permintaan tinggi dll.  

Dalam artikel tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat menentukan pertumbuhan ekonomi antara lain barang modal, tenaga kerja, teknologi, SDA, manajemen, kewirausahaan dan informasi.  

Dari artikel tersebut ada faktor yang sangat penting yaitu tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan bagian dari faktor produksi yang sangat penting, tenaga kerja ini juga menentukan hasil produksi dari suatu pabrik/perusahaan.  

Salah salah satu ketenagakerjaan adalah pengangguran, pengangguran ini merupakan orang yang termasuk dalam angkatan kerja namun tidak memiliki pekerjaan.

Sebab-sebab terjadinya pengangguran antara lain tidak memiliki keahlian, pendidikan rendah, sulitnya mencari lowongan pekerjaan, banyaknya pencari kerja dll.  

Memang pengangguran ini menjadi masalah yang serius bagi suatu negera, salah satu penyebabnya adalah karena lowongan pekerjaan yang terbatas dengan kata lain kesempatan kerja yang juga terbatas. Kesempatan kerja adalah lowongan pekerjaan yang dapat diisi oleh pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat

Jadi jika kita kaitkan dengan pertumbuhan ekonomi..

Apakah ada hubungannya antara pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja??

Pertumbuhan ekonomi yang baik = kesempatan kerja bertambah banyak

Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan meningkatnya hasil produksi, sementara untuk meningkatkan hasil produksi mau tidak mau perusahaan harus menambah tenaga kerja atau menambah mesin.

Sehingga akan menambah kesempatan kerja. Selain itu, hasil produksi yang meningkat juga bisa terjadi karena bertambahnya pelaku-pelaku usaha yang tentu saja akan membuka kesempatan kerja bagi para pencari kerja.  

Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa salah satu tanda terjadinya pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya jumlah lowongan (kesempatan kerja).

Baca juga : Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.