7 Faktor Yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi

Faktor Yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi - Suatu negara mengingkan rakyatnya makmur dan sejahtera, untuk itu setiap negara pasti akan mengusahakan negaranya terjadi pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Pertumbuhan ekonomi dapat ditandai dengan meningkatnya hasil produksi di suatu negara, hasil produksi ini mulai dari tambang, sektor industri, pertanian, perkebunan dan berbagai macam yang lain.

Ada beberapa faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi, seperti yang sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya, faktor-faktor tersebut antara lain barang modal, tenaga kerja, teknologi, SDA, manajemen, kewirausahaan, dan informasi.


Maka jika ditanya, apa saja faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi?? Pasti jawabannya tidak jauh-jauh dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Tinggal ditambahi kata negatif saja di setiap faktor, misal keterbatasan barang modal, SDA yang sedikit, teknologi yang kurang maju dll.


Faktor-faktor yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi
Faktor Yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi
Faktor Yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi

1. Keterbatasan Barang Modal
Barang modal adalah bahan dasar dalam proses pembuatan produksi, keterbatasan jumlah dari barang modal dapat menjadi penghambat dari pertumbuhan ekonomi. Keterbatasan barang modal ini bisa disebabkan oleh sulitnya akses, kurangnya modal, harga barang modal tidak terjangkau dll.

2. Kualitas Tenaga Kerja yang Rendah
Tenaga kerja menjadi salah satu faktor produksi yang sangat penting bagi suatu perusahaan, bagi suatu negara tenaga kerja juga harus tetap diperhatikan. Terutama hak-hak tenaga kerja baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri, salah satu masalah kompleks yang kaitannya dengan tenaga kerja adalah pengangguran dan rendahnya kualitas tenaga kerja. 

Banyaknya pengangguran ini dapat menghambat terjadinya pertumbuhan ekonomi, begitu juga dengan rendahnya kualitas tenaga kerja. Karena jika kualitas tenaga kerjanya baik, pasti pengangguran bisa ditekan karena mereka akan mencari jalan keluar agar tidak menganggur. Dengan begitu produksi barang dan jasa pun ikut meningkat yang diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang baik.

3. SDA yang terbatas
Bagi negara yang kaya raya dan mampu memanfaatkan SDA nya, tentu dapat membantu mensejahterakan warga negara-nya. SDA yang melimpah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, misal dari industri tambang, pertanian, perkebunan, minyak dll. Sebaliknya, negara yang SDAnya minimalis, mungkin pertumbuhan ekonominya tidak dapat disundul melalui pemanfaatan SDA.

4. Gaptek
Gaptek (gagap teknologi) mungkin dapat menjadi penghambat terjadinya pertumbuhan ekonomi. Dalam arti yang luas, gaptek dapat dikatakan sebagai ketidakmampuan dalam memanfaatkan teknologi. Kita lihat di beberapa negara berkembang di Indonesia, sentra-sentra industri banyak yang belum memanfaatkan teknologi dalam proses produksinya. Padahal jika mau memanfaatkannya tentu akan lebih efisien dan jumlah produksinya dapat ditingkatkan.

5. Manajemen yang Buruk
Negara Indonesia adalah negara yang dengan SDA yang melimpah, kita adalah negara kaya raya. Lalu mengapa rakyatnya tidak sejahtera? Ya, semua itu berada di manajerialnya yang lemah. Pemerintahan kita terlalu lemah, sehingga banyak kekayaan-kekayaan kita yang diambil oleh negara lain. Belum lagi tingginya angka korupsi dari tingkat paling atas sampai bawah juga menjadi penghambat terjadinya pertumbuhan ekonomi. 

6. Jumlah Wirausaha Sedikit
UMKM adalah pilar pokok perekonomian, menjadi salah satu tulang punggung kesejahteraan dalam masyarakat. Semakin banyak UMKM-UMKM dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sayangnya keterbatasan modal dan rendahnya kualitas tenaga kerja membuat banyak orang takut untuk berwirausaha. Mindset kita juga sudah diracuni, bahwa kalau bisa kita menjadi pegawai negeri saja.

7. Bencana alam
Bencana alam memang tidak kita inginkan, tapi bencana alam ini memang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi. Apalagi jika bencana alamnya terjadi secara berturut-turut dan banyak terjadi di berbagai wilayah.

Demikian artikel tentang faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian yaa. Baca juga : Hubungan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja

Belum ada Komentar untuk "7 Faktor Yang Menghambat Pertumbuhan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel