7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

7 Faktor Yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi - Semua negara-negara pasti menginginkan perekonomiannya mengalami perkembangan dan pertumbuhan, ekonomi yang berkembang dan terus tumbuh akan diikuti oleh kesejahteraan masyarakat. Kita dapat melihat dan membandingkan antara negara yang maju dan negara berkembang, negara maju memiliki memiliki ekonomi yang telah tumbuh dan berkembang sehingga rakyatnya telah terjamin. Berbeda dengan negara berkembang yang ekonominya sedang tumbuh dan sedang berkembang, sehingga tidak semua rakyatnya sudah sejahtera. Ada sebagian yang sudah sejahtera, namun ada juga yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Maka dari itu suatu negara akan selalu berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomis. Sehingga pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dihitung, dan tidak statis setiap tahunnya. Bisa berubah-ubah sesuai dengan faktor-faktornya yang mempengaruhinya. Pertumbugan ekonomi adakalnya cepat/tinggi tapi ada kalanya juga lambat/rendah.

Lalu apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?? Berikut ini kitapunya.net rangkum 7 faktor yang menentukan pertumbuhan ekonomi.

7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

1) Barang Modal 
Segala sesuatu berjenis barang yang diproduksi sehingga menghasilkan sebuah output (barang/jasa) yang memiliki nilai jual disebut sebagai barang modal. Beberapa jenis barang yang termasuk modal antara lain : mesin-mesin pabrik, peralatan, perlengkapan, dll. Barang-barang modal ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan efisiensi pertumbuhan ekonomi. Jika tidak ada barang-barang modal ini maka para pelaku usaha tidak mampu menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak (untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari). Dengan kata lain barang modal ini adalah barang yang digunakan dan diperlukan dalam proses produksi (menghasilkan barang dan jasa).

Beberapa cara dalam pengadaan barang modal ini ada banyak, dalam lingkup yang besar biasaanya pengadaan barang modal ini melalui jalan ivestasi. Sehingga semakin besar ivestasi yang di dapat maka semakin besar barang modal yang bisa didapat. Semakin besar barang modalnya maka kapasitas produksi akan semakin besar, hasil produksi berupa barang dan jasa pun juga akan semakin besar yang jika terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia amaka akan membuat perekonomi mengalami pertumbuhan.

2) Teknologi 
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah teknologi. Kemajuan ekonomi di berbagai negara salah satunya ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Di negara-negara maju kemajuan teknologi begitu pesat, seperti di Jepang yang karena kemajuan tekonologi di berbagai bidangnya membuat negara tersebut ekonominya tumbuh. Di Jepang misalnya, negara tersebut adalah negara yang inovasi teknologinya tinggi. Sebagai contoh dalam bidang otomotif, sehingga kita sekarang bisa melihat secara langsung bagaimana mobil-mobil asal Jepang masuk kepasar-pasar Dunia bahkan di Asia bisa merajai dan menguasai pasar otomotif.

Teknologi ini dibutuhkan oleh suatu negara untuk mengolah sumber daya yang dimilikinya secara optimal dan juga untuk menekan pemborosan penggunaan SDA atau energi dalam proses produknya. Dengan kata lain, kemajuan teknologi yang dimilki akan menjadi nilai lebih bagi suatu bangsa dan negara. 

Kemajuan teknologi memberikan dampak yang baik (positif) bagi pertumbuhan ekonomi di suatu negara, semakin maju teknologinya seharusnya akan meningkatkan tingkat pertummbuhan ekonomi di suatu negara. Berikut ini beberapa pengaruh teknologi bagi pertumbuhan ekonomi di suatu negara : 
  • Mempertinggi efisiensi produksi suatu barang dan jasa.
  • Menciptakan penemuan barang-barang baru yang belum pernah diproduksikan sebelumnya.
  • Meningkatkan mutu barang-barang yang diproduksikan.
3) Temaga Kerja
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah tenaga kerja. Tenaga kerja menjadi salah satu faktor produksi sehingga menjadi penentu seberapa besar output yang mampu dihasilkan. Suatu negara akan memaksimalkan penduduknya agar dapat diserap dan dijadikakan tenaga kerja produktif, di negara-negara Maju tenaga kerja begitu diperhatikan dan disejahterakan. Dengan mensejahterakan tenaga kerja, tentu saja akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan keluarganya.

Berbeda dengan di negara-negara berkembang seperti di Indonesia ini, berbagai masalah ketenagakerjaan ada di negara ini mulai dari pengangguran, rendahnya pendidikan, rendahnya kualitas tenaga kerja dll. Berbagai masalah ketenagakerjaan ini tentu saja menghambat adanya pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, suatu negara harus bener-bener serius dalam menangi masalah-masalah tenaga kerja ini, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

4) Sumber Daya Alam
Kekayaan alam yang diberikan Tuhan kepada manusia dan terdapat di suatu wilayah disebut sebagai SDA (Sumber Daya Alam). Beberapa contoh SDA antara lain tanah, iklim, hasil hutan, tambang, tumbuh-tumbuhan, buah, hewan dan masih banyak lagi. SDA ini dimanfaatkan seoptimal mungkin guna kemakmuran dan kesejahteran masyarakat. SDA akan memudahkan usaha dalam membangung perekonomian, negara dengan SDA yang kaya dan mampu mengoptimalkan dalam pengelolaanya tentu akan meningkatkan perekonomian. Di negara Indonesia, SDA begitu melimpah dan kaya raya, namun pengelolaan yang kurang baik membuat kita tidak bisa secara langsung menikmatinya. Jika kita pergi ke daerah tambang misalnya, kita akan menemukan berbagai pertambangan bukan dikelola oleh negara kita sendiri melainkan dari negara lain seperti korea, jepang, amerika dan negara-negara maju lainnya.

Walaupun begitu, kekayaan alam yang dimiliki bukan menjadi penentu utama dalam pertumbuhan ekonomi. Masih bergantung tentang pengelolaannya dan banyak faktor lain. Di negara singapura, mereka tidak memilki SDA sekaya Indonesia, tapi mengapa mereka lebih maju? Manajemen yang baik menjadi kunci suatu negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonmi.

5) Manajemen
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah manajemen. Pengeloaan/manajemen perekonoian yang baik dapat membuat ekonomi tumbuh baik. Sistem pengelolaan inilah yang dinamakan manajemen. Seperti halnya bangsa Indonesia, memiliki potensi sumber daya alam yang beragam dan melimpah serta jumlah penduduk yang besar, apabila potensi yang ada dikelola dengan baik maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

6) Kewirausahaan
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah seseorang yang mampu dan berani untuk mengambil risiko dalam melakukan suatu usaha guna memperoleh keuntungan. Peranan wirausahawan dalam memajukan perekonomian telah terbukti dari masa ke masa. Wirausahawan dalam melakukan investasi akan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan output nasional, dan meningkatkan penerimaan negara berupa pajak.

7) Informasi
Salah satu syarat agar pasar berfungsi sebagai alat alokasi sumber daya ekonomi yang efisien adalah adanya informasi yang sempurna dan seimbang. Informasi sangat menunjang pertumbuhan ekonomi karena pelaku-pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang akurat dan cepat.

Itu adalah 7 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, jika ada yang perlu ditanyakan tanyakan saja melalui komentar.  Baca juga : Pengertian dan Tujuan Pembangunan Ekonomi

Belum ada Komentar untuk "7 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel