5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga Bersama Pasangan

5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga Bersama Pasangan
Tips Mengelola Keuangan Keluarga
5 Tips Mengelola Keuangan Bersama Pasangan Tercinta - Ketika sudah menikah dan berumah tangga, maka urusan apapun yang berkaitan dengan kehidupan bersama harus dibahas berdua bersama pasangan. Apalagi dalam hal keuangan yang merupakan salah satu faktor penting dalam berumah tangga, kesalahan dalam pengeleloaan keuangan bisa saja membuat permasalahan baru. Kita dapat melihat banyak pelajaran dari orang lain, di mana ada beberapa pasangan yang bertengkar disebabkan karena masalah keuangan, bahkan sampai berujung dengan perceraian (pisahan).

Untuk mencegah agar itu tidak terjadi, maka perlu pengelolaan keuangan yang baik bersama pasangan, pada intinya hanya perlu jujur dan terbuka. Komunikasi yang baik diantara keduanya menjadi kunci keharmonisan dalam mengelola keuangan. Setiap ada pengeluaran baru atau tambahan, maka perlu Anda komunikasikan ke pasangan Anda, atau setiap akan membeli barang baru maka perlu dibicarakan terlebih dahulu.

Kitapunya.net memiliki 5 tips untuk mengelola keuangan bersama pasangan tercinta, agar tidak timbul konflik dan keuangan keluarga aman-aman saja.

1. Diskusikan Setiap akan Berbelanja
Walaupun terlihat sepele, mendiskusikan apa yang akan dibeli saat belanja mencegah terjadinya konflik. Dengan mendiskusikan di rumah, minimal dapat dibicarakan baik-baik di rumah, bukan saat berbelanja di mall atau tempat perbelanjaan. 

Diskusikan dan buat list/daftar apa saja yang dibutuhkan dan akan dibeli saat belanja, diskusikan mana aja barang-barang yang perlu dan yang sebenarnya tidak perlu-perlu banget. Sesuaikan dengan budget atau anggaran yang kalian berdua tentukan.

Untuk belanja dengan nilai yang besar seperti pakaian, tas atau perabot rumah tangga yang nilainya di atas 1 juta wajib Anda bicarakan dengan pasangan Anda, jangan sampai setelah kebeli baru ada ketidaksetujuan salah satu pihak.

2. Jujur Satu Sama Lain
Dalam mengelola keuangan keluarga bersama memang sangat diperlukan kejujuran, jangan sampai karena tidak jujur lantas membuat sakit hati di belakang. Lebih baik di bicarakan baik-baik, jika Anda butuh sesuatu yang berkaitan dengan keuangan lebih baik dibicarakan dan jujur. Jangan berbohong, karena jika berbohong hanya akan menyulitkan posisi Anda di belakang nanti.

Termasuk jika ada tagihan atau pengeluaran yang medadak lebih baik dibicarakan dan jujur, setelah itu baru dicari solusi yang mungkin dapat memecahkan masalah tersebut. Ingat, ketidak jujuran dapat berakibat fatal dan bahkan bisa membuat pasangan terkejut di kemudian hari.

3. Banyak Menabung
Menabung merupakan menyisihkan sebagian keuangan yang kita miliki untuk kepentingan masa depan, salah satu jenis menabung yang menguntungkan adalah dengan berinvestasi. Dalam berumah tangga kalian juga perlu menyisihkan uang untuk ditabung, sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan kalian masih memiliki cadangan keuangan. Apalagi pengantin baru tuh, sudah hal yang wajib menabung untuk keperluan kedepannya seperti saat lahiran, akikahan, baju anak dan masih anyak lagi.

Seberapa besar uang yang ditabung tergantung kesepakatan kalian berdua, tapi minimal sisihkan 10% dari setiap total pemasukan/bulan kalian berdua. Angka ini wajar dan sangat aman, jika gaji kalian berdua adalah 10 juta, maka minimal sisihkan 1 juta untuk ditabung. Baca juga : 4 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Favorit di Indonesia

Saat tabungan Anda sudah terkumpul banyak, maka kalian dapat menikmati harta karun yang telah kalian kumpulkan bersama. Memiliki tabungan bersama, juga dapat menguatkan ikatan kalian berdua.

4. Tak selalu membagi pengeluaran 50:50
Seringkali pasangan membagi pengeluaran dibagi menjadi dua sama besar (50 :50). nah buat kamu bisa membicarakannya baik-baik bersama pasangan Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dan sesuaikan juga dengan pendapatan masing-masing.

5. Evalusi tiap akhir bulan
Ketika terjadi limit di akhir bulan, maka Anda dan pasangan perlu melakukan evaluasi. Kebutuhan apa saja yang sebenarnya tidak perlu, dan bisa digantikan dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Jika ternyata sisa, maka dapat Anda masukkan kedalam tabungan.

Nah itu adalah beberapa tips mengelola keuangan bersama pasangan tercinta, semoga dengan melakukan pengelolaan keuangan secara baik dan terencana dapat membuat Anda dan pasangan Anda menjadi lebih awet dan terjaga keharmonisannya. Baca : 7 Tips Mewujudkan Impian Menjadi Jutawan Sukses

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga Bersama Pasangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel