5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah - Apakah Anda baru saja lulus kuliah? Dan saat ini masih menganggur dan belum dapat kerja? Tenang itu sudah biasa kok, kamu ngga sendirian karena banyak kawan-kawanmu yang juga mengalami nasib yang sama. Mengingat di era seperti ini mencari kerja bukan perkara yang mudah, pencari kerja/angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lowongan yang tersedia.

Disaat-saat seperti ini, jangan menjadi orang yang idealis yang pilih-pilih kerjaan. Karena belum tentu yang Anda minati ada lowongannya, Anda hanya perlu menikmati prosesnya, dengan begitu Anda akan terlatih dan passion akan terbentuk dengan sendirinya. Selain tips itu, berikut adalah 5 tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah versi Kitapunya.net. Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Kerja Dengan Cepat dan Mudah

5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah
1. Perluas Jaringan/relasi
Jaringan/relasi dalam dunia bisnis sangatlah penting, dengan memiliki jaringan yang luas maka semua akan menjadi lebih mudah karena tugas/pekerjaan dapat kita amanahkan ke orang yang kita percayakan secara langsung. Dalam mencari kerja, jaringan juga perlu karena dapat menjadi informan (orang yang memberikan informasi lowongan kerja) bahkan dapat menjadi orang yang merekomendasikan Anda ke suatu instansi/perusahaan. Semakin banyak jaringan/relasi maka akan semakin besar peluangmu untuk memperolah informasi lowongan kerja dan direkomendasikan oleh relasi yang telah kalian bentuk. Jaringan disini bisa kawan, kenalan, tean kerja orang tua atau siapapun yang Anda kenal denga baik. Baca juga : 7 Tips Meningkatakan Percaya Diri dalam Bekerja

2. Memanfaatkan media sosial
Anda mungkin termasuk kedalam generasi milennials yang sangat familier dengan media sosial, mungkin saja Anda tidak bisa lepas dari media sosial ini. Maka dari itu Anda mungkin dapat memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi lowongan kerja atau menjadikannya sebagai protofoliomu. 

Jika Anda seorang yang kreatif Anda dapat mulai membuat karya-karya yang Anda publikasikan di media sosial yang Anda miliki. Siapa tahu ada perusahaan yang tertarik dengan bakat dan keahlian yang Anda miliki. Pada intinya dengan media sosial Anda dapat mempromosikan diri Anda sendiri. Media sosial yang paling sering untuk protofolio adalah di Linked In,

3. Jangan Idealis
Seperti yang sudah kami singgung di atas, bawa untuk yang fresh graduate atau belum memiliki pengalaman apapun sebaiknya jangan terlalu idealis. Idealis maksudnya menuntuk kerja harus itu, harus disitu, harus gaji sekian dll.

Untuk pertama kali ini, cobalah cari kerja yang minimal sesuai dengan kriteria kalian. Tidak melulu harus itu dan di tempat tersebut. Lulusan marketing tidak harus melulu berada di bagian marketing, tapi bisa jadi di bagian operator produksi dll. Selama hal tersebut masih halal dan masih dalam kriteria kalian.

Misal kalian ingin menjadi Wiriausaha, tapi ketika Anda belum mampu menjadi Wirausaha maka jangan dipaksakan itu. Lebih baik jadi karyawan terlebih dahulu dan curi ilmunya. Pokoknya nikmatilah prosesnya, siapa tahu Anda akan sukses setelah menjadi karyawan terlebih dahulu.

4. Cari lowongan kerja di tempat yang tepat 
Selain melalui media sosial, Anda juga bisa mencari lowongan kerja melalui media lain mulai dari koran, website sampai ke dinas ketenagakerjaan. Manfaatkan juga jika ada open recruitmen atau job fair yang ada di dekat kotamu.

5. Jangan ragu melamar kerja
Seringkali orang tidak kerja karena merasa ragu dan kurang percaya diri, ragu jika besok tidak dapat melakukan dan tidak bisa. Maka dari itu, kuatkan keyakinan dan jangan ragu karena di setiap perusahaan akan ada training terlebih dahulu kok untuk karyawan baru. Agar lebih yakin cobalah untuk melatih diri Anda sendiri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dan cobalah untuk berlatih wawancara kerja. Baca juga : Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

Nah itu adalah beberapa tips cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, semoga saja yang sudah baca artikel ini segera dapat kerja yang sesuai yang Anda inginkan.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel