Tutorial Dasar Menggunakan Microsoft Word + Disertai Gambar dan Video Lengkap

Tutorial Dasar Menggunakan Microsoft Word - Microsoft word adalah program pengolah kata yang paling umum digunakan di perkantoran, perusahaan dan instansi pendidikan. Salah satu kelebihan dari microsoft word dibandingkan dengan program yang lain adalah kemudahan dalam mengoperasikannya, dan aplikasi ini adalah yang paling umum digunakan di tempat-tempat umum seperti di fotokopian, internet, dll. Sehingga ketika kita ingin nge-print di tempat-tempat umum tersebut tidak perlu pusing-pusing, karena sama-sama menggunakan aplikasi microsoft word.

Maka dari itu, menguasai microsoft word merupakan suatu keharusan terutama bagi kalian yang ingin bekerja di perkantoran atau dinas. Apalagi saat ini sekolah-sekolah dari tingkat SMP sampai Perguruan Tinggi sering memberikan tugas dengan cara di ketik. Maka, mau tidak mau, suka tidak suka kita harus belajar untuk menggunakan microsoft word. Minimal adalah dasar-dasarnya saja, jangan sampai kita malu dan dibilang katrok karena tidak bisa menggunakan microsoft word.

Agar tidak dibilang katrok, yuk kita pelajari dasar-dasar menggunakan microsoft word mulai dari awal membukanya. Karena ini hanya dasar jadi hanya ada beberapa fitur saja yang dijelaskan dalam serial kali ini.

A. Cara Membuka Ms. Word (Blank Document vs Template Document)

Untuk membuka dokumen kamu dapat melakukan beberapa cara, kamu dapat membuka dokumen baru atau membuka dokumen sebelumnya yang telah di save. Untuk dokumen baru, kamu dapat memilih "blank document" untuk halaman kosong, atau memilih halaman word yang sudah ada templatenya.

Membuka Ms Word
Membuka Ms Word

Template ini merupakan format dasar yang akan membantu dan mempercepat kalian menyelesaikan dokumen kalian. Misal kalian ingin membuat surat/letter selamat ulang tahun, maka kalian dapat mencari template ucapan happy birthday di ms. word.

Tapi jika kalian hanya ingin mengetik biasa atau membuat paper, makalah atau tugas kuliah lainnya pilih saja yang "blank document".

B. Mengenal Bagian-bagian Microsoft Word

Secara dasar tampilan awal dari microsoft word 2013 adalah sebagai berikut, dan di bawah ini juga dijelaskan tentang bagian-bagiannya.
Bagian-bagian Microsoft Word
Bagian-bagian Microsoft Word

Keterangan gambar :
1. Quick Acces Toolbar
Merupakan toolbar yang isinya beberapa ikon penting, sehingga cepat dalam mengaksesnya. Toolbar ini dapat di ganti, di kurangi dan di tambahi. Ikon-ikonnya antara lain new, save, save as, print dll. Intinya merupakan jalan pintas untuk melakukan perintah-perintah.

2. Tab/Menu
Merupakan deretan menu-menu dari menu File, Insert, Design, Page Layout, Referebces sampai dengan view. Setiap menu terdapat ikon-ikon atau fungs-fungsi untuk menjalankan perintah di microsoft word.

3. Ikon dan Fungsi-fungsi
Merupakan bagian dari tab/menu yang berisi ikon-ikon yang digunakan untuk memberikan perintah-perintah seperti untuk mengganti jenis font, ukuran, warna, kerataan dll.

4. Ruler
Merupakan ruler/penggaris untuk menjaga agar setiap paragraf lurus dan rapi.

5. Tombol Pojok Kanan
Untuk mengatur window dari microsoft word, mulai dari minimize (menyembunyikan), restore down (keluar dari full screen) dan close (menutup program).

6. Work Space
Merupakan area kerja tempat kalian menulis atau mengetik dokumen.

7. Zoom dan Mode Tampilan
Zoom digunakan untuk memperkecil dan memperbesar ukuran dari halaman yang terbuka di microsoft word tersebut. Sementara mode tampilan antara lain ada print layout, web layout, dan read mode.

8. Jumlah halaman
Kalian dapat melihat jumlah halaman microsoft word di daerah kiri bawah seperti pada gambar di atas.

C. Cara Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Dokumen yang sudah jadi atau yang belum jadi tapi ingin stop/berhenti untuk mengetik, maka perlu di simpan (di save) agar tidak hilang. Dokumen yang disave atau disimpan ini sewaktu-waktu dapat dibuka dan diedit kembali. Bagaimana cara menyimpan dokumen baru di microsoft word? Ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Klik menu "FILE"
2. Pilih "SAVE"
3. Pilih "Browse"
4. Pilih dimana akan menyimpan dokumen tersebut.
5. Beri nama dokumen tersebut.
6. Klik "SAVE"
Cara menyimpan dokumen microsoft word
Cara menyimpan dokumen microsoft word


Perbedaan Save dan Save as
Save dan save as sama-sama untuk menyimpan dokumen. Hanya saja save as digunakan untuk menyimpan dokumen sebelumnya yang telah di save di tempat yang berbeda. Misal, dokumen A di save di Local D, kemudian di Save as di Lokal E.

D. Cara Mengatur Font

Microsoft word memiliki ratusan jenis font yang dapat kalian pilih, ukuran font juga dapat diisesuaiakan dengan kebutuhan kalian. Beberapa format tulisan seperti "Bold" untuk mencetak tebal, "Italic" untuk mencetak miring dan "Underline" untuk mencetak garis bawah pada huruf.

Dan berikut ini beberapa fitur yang dapat kalian gunakan dalam pengaturan dasar saat menggunakan tulisan.
Cara mengatur font
Cara mengatur font
1, Font : Tulisan "Calibri (Body) merupakan tempat untuk mengganti jenis font yang digunakan.
2. Font Size : Angka "11" adalah besar kecilnya huruf.
3. Ada huruf A besar (Increase Fonts Size) dan sampingnya A besar yang lebih kecil (Decrease Font Size) digunakan untuk memperbesar dan memperkecil ukuran font.
4. Change case : Digunakan untuk merubah font, misal merubah satu kalimat menjadi huruf besar semua, atau menjadi huruf kecil semua.
5. Clear all formating : Menghapus semua format pada font, dan mengembalikannya ke default.
6. Bold : Untuk mencetak tebal huruf
7. Italic : Untuk mencetak miring
8. Underline : Untuk mencetak garis bawah
9. Strikethrough : Untuk mencoret huruf
10. Disampingnya ada yang digunakan untuk membuat huruf lebih kecil, pangkat, dan membuat tulisan dengan style tertentu.
11. Di sampingnya lagi ada text highlight color yang digunakan untuk mewarnai background setiap huruf, dan font color untuk mewarnai huruf.

E. Cara Mengatur Paragraf

Disamping fungsi yang digunakan untuk mengatur font, ada fungsi-fungsi untuk mengatur paragraph. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya :
 Cara mengatur paragraf
Cara mengatur paragraf
Bullets : Digunakan untuk membuat list dalam bentuk bullets (gambar)
Numbering : Digunakan untuk membuat list dalam bentuk nomor, huruf, dll.
Multilevel list : Digunakan untuk mengatur list yang multilevel
Decrease Indent : Digunakan untuk membuat paragraf lebih dekat dengan margin sisi kiri.
Increase Indent : Digunakan untuk membuat paragraf lebih jauh dari margin sisi kiri.
Sort : Untuk mengurutkan daftar list dari A - Z atau sebaliknya.
Align left : Digunakan untuk membuat paragraf rata kiri
Center : Digunakan untuk membuat paragraf rata tengah
Align right : Digunakan untuk membuat paragraf rata kanan
Justify : Digunakan untuk membuat paragraf rata kanan kiri
Line and Paragraph Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak/spasi per paragraf
Borders : Digunakan untuk menambah borders

F. Cara Mengatur Halaman (Page Setup)

Dasar menggunakan microsoft word adalah mengatur halaman (page setup), fungsi ini ada pada tab menu PAGE LAYOUT. Gambarnya kurang lebih seperti dibawah ini :
Cara Mengatur Halaman (Page Setup)
Cara Mengatur Halaman (Page Setup)
Margin : Digunakan untuk mengatur jarak antara tepi kertas dengan tulisan.
Orientation : Digunakan untuk mengatur halaman apakah potrait atau landscape.
Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman yang digunakan, apakah A4, Letter, Folio atau yang lain-lain.
Columns : Digunakan untuk membuat teks menjadi menjadi beberapa kolom.

Demikian beberapa tutorial dasar menggunakan microsoft word, mungkin ini bagian pertama. Selebihnya akan ada di part 2 karena jika dilanjutkan disini tentu akan terlalu panjang. Jangan lupa like dan SUBCRIBE Channel Youtube saya untuk mendapatkan tutorial dasar microsoft word dalam bentuk video, caranya cukup kunjungi link berikut ini : SUBCRIBE CHANEL SAYA

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Dasar Menggunakan Microsoft Word + Disertai Gambar dan Video Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel