Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja - Bagi yang baru lulus kuliah atau sekolah tingkat SMA, kerja adalah suatu yang di cari-cari. Karena jika tidak bekerja ya mau ngapain, menganggur itu suatu hal yang menurut saya sangat membosankan. Lagi pula, dengan menganggur tentu akan banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Maka dari itu perlu usaha untuk mencari kerja, urusan diterima atau tidak itu bukan urusan kita. Tugas kita adalah melakukan yang terbaik. Jika kita memenuhi persyaratan dan sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan, tentu saja akan diterima. 

Faktor penentu diterima atau tidaknya saat melamar kerja ditentukan dari berbagai hal mulai dari tes kecerdasar, interview (wawancara), tes kesehatan dll. Di dalam interview atau wawancara kerja yang dinilai tidak hanya jawaban yang kita berikan, tapi juga penampilan dan sikap saat wawancara. 

Agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh perusahaan, ikuti tips-tips berikut supaya jawaban Anda tepat dan tidak gugup :

Tips Interview Kerja
Tips Interview Kerja


1.  Penampilan Rapi dan Percaya Diri
Saat wawancara kerja gunakan pakaian yang rapi, sepatu hitam kinclong dan rambut yang rapi. Penampilan yang rapi akan membuat Anda lebih percaya diri. Kepercayaan diri saat melamar kerja sangat menentukan Anda diterima kerja atau tidak, orang yang tidak percaya diri akan dilewati terlebih dahulu.

Untuk percaya diri, Anda hanya perlu yakin dan percaya pada diri Anda sendiri. Tidak usah hiraukan omongan orang lain, dan tidak perlu memikirkan kekurangan-kekuranganmu. Jangan juga merasa minder atau kurang percaya diri, rasa minder hanya membuat Anda gugup dan terlihat gelisah. 

2. Tetaplah Tenang
Tips saat wawancara selanjutnya adalah tetap tenang, jangan ragu dan jangan gugup. Jawab setiap pertanyaan dengan tenang dan tepat, ketika mendapat pertanyaan yang sulit diam sebentar dan pikirkan jawaban dengan sebaik-baiknya. Ingat tetap tenang dan jangan kelihatan kalau Anda gugup dan gelisah. Jika ada pertanyaan yang kurang jelas atau tidak Anda pahami, jangan sungkan untuk menanyakan kembali, tapi jangan terlalu sering karena itu hanya akan membuat perusahaan menilai Anda kurang memperhatikan.

3.  Belajar dan Persiapan Yang Matang
Interview kerja merupakan momen penentu Anda diterima atau tidak, jadi jangan di sia-siakan kesempatan ini. Sebelum interview usahakan belajar terlebih dahulu terkait materi-materi yang biasanya di tanyakan saat interview mulai dari tentang perusahaan, sejarah sampai strategi apa yang Anda lakukan jika sudah diterima.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lancar dan mudah. 

4.  Usahakan Jangan Berkeringat 
Orang yang gugup dan grogi biasanya akan mudah berkeringat, tipsnya kamu gunakan baju yang menyerap keringat dan jangan sampai dobel-dobel. Tips selanjutnya adalah berangkat sebelum waktu interview yang dijanjikan, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru dan lari-lari yang membuat Anda mudah bekeringan.

5. Tetap Fokus 
Tips agar lancar menjawab pertanyaan saat interview kerja adalah tetap fokus pada interview yang sedang dilakukan, hilangkan fikiran-fikiran yang menganggu seperti masalahmu atau rencana-rencana ke depannya. Hindari segala hal yang dapat menganggumu, seperti handphone. Sebaiknya matikan atau silent handphone agar tidak berbunyi saat interview kerja sedang berlangsung.

6.  Tersenyumlah
Senyum akan mencairkan suasana, jangan lupa senyum ketika interview kerja. Bahkan ketika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan, Anda dapat di awali dengan tersenyum. Pasti reaksi perusahaan akan berbeda dengan jika Anda memiliki raut muka yang judes dan cuek. Intinya tersenyum adalah hal yang wajib Anda lakukan saat interview kerja.

Itu adalah beberapa tips yang dapat kalian lakukan saat interview kerja, agar lancar dan diterima kerja oleh Perusahaan. Baca juga : 10 Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Mudah

Belum ada Komentar untuk "Tips Lancar Jawab Pertanyaan Saat Interview Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel