Prospek Usaha Donat dan Analisis-nya + Tips Sukses Usaha Donat

Prospek Usaha Donat dan Analisisnya + Tips Sukses Usaha Donat - Siapa hayoo yang belum pernah makan donat?? Saya rasa semua sudah pernah kali yaa, kecuali mereka yang memang phobia terhadap makanan yang bulat-bulat di tengahnya bolong ini. 

Makanan yang diklaim berasal dari Belanda ini saat ini masih jadi makanan favorit sebagian orang, selain sebagai pengganjal lapar juga rasanya yang cukup enak membuat penggemarnya semakin banyak. Apalagi saat ini banyak variasi donat yang dapat kita temukan di berbagai penjual donat di Indonesia. Variasinya mulai dari bahan dasar pembuat donat, toping dan rasanya. 

Siapa yang ngga kenal dengan J.CO, salah satu restoran dan waralaba yang terkenal dengan donatnya yang lembut dan sangat enak. Dari situ kita juga dapat melihat bahwa ternyata peminat donat di Indonesia masih banyak.

Jika kamu memiliki kemampuan membuat donat, dan mampu menyaingi J.Co dari segi rasanya mungkin akan banyak yang suka dengan donat buatannmu. 

Prospek Usaha Donat

Prospek Usaha Donat Kecil-kecilan
Prospek Usaha Donat Kecil-kecilan

Jadi prospek usaha donat ini sangat-sangat bagus menurut saya. Ada beberapa metode jualan donat yang dapat kalian sesuaikan dengan modal dan kondisi lingkungannya :

1. Jualan donat di pinggir jalan
Jika kamu memiliki modal yang lumayan besar, dan mampu untuk membeli gerobak beserta alat-alatnya tidak salah mencoba untuk berjualan donat di pinggir jalan. Biasanya dipadukan dengan menjual gorengan.

2. Jualan donat di sekolah/kampus
Untuk jualan donat semacam ini, akan lebih menguntungkan jika kalian bekerja sama dengan suplier, apalagi kalau kalian masih sekolah atau kuliah. Tentu waktu untuk pembuatan donat sangat terbatas. Kecuali Anda ingin menjadi suplier penjual donat di beberapa sekolahan sekaligus.

Perhitungkan juga siapa yang akan membeli donat, jika di jual di SD/SMP tentu harganya akan berbeda bila dijual di SMA. Intinya sesuaikan dengan siapa yang membeli donat tersebut.

3, Suplier Dona
Ketika bisnis sudah berjalan, mungkin tahap selanjutnya adalah dengan menjadi suplier donat ke beberapa penjual. Jadi fokusnya adalah membuat donat, bukan menjual donat. Untuk menjadi suplier biasanya kalian harus memiliki nama terlebih dahulu, dan buat penjual itu percaya dengan donat buatan kalian.

Analisis Usaha Donat

Dari beberapa penjual donat yang ada, kami dapat menemukan beberapa analisi terkait bisnis donatnya. Kalian dapat menggunakan analisis ini sebagai referensi kalian sebelum terjun langsung kelapangan untuk berjualan donat.

Berikut beberapa analisi dalam berbisnis donat :

1. Variasi Rasa
Sebagai awalan kalian tidak perlu menjual sampai puluhan varian rasa, cukup 4-5 varian rasa saja. Dan varian tersebut, merupakan varian yang paling disukai oleh orang pada umumnya. Misal variasi rasanya antara lain : original, cokelat, strawberry, keju dan kacang.

2. Variasi Bentuk
Pada umumnya donat berbentuk lingkaran dengan lubang ditengahnya, nah biar ngga monoton dan ada variasi maka dapat dibuat variasi bentuk seperti kotak, hari, dan bulat utuh. Tentu saja, donat versi originalnya juga tetap ada. Variasi bentuk ini ibaratnya untuk menarik perhatian saja. 

3. Penetapan Harga
Harga donat dapat melihat berapa harga pasaran di daerah kalian, jika kalian menjual donat di pinggir jalan atau di toko-toko, bisa menjual donat dengan harga Rp 2000 - Rp 2500, jika menjualnya di mall/pusat perbelanjaan maka bisa menjualnya lebih tinggi, misal Rp 10.000,-.

Penetapan harga ini disesuaikan berdasarkan ongkos produksi, harga jual adalah total penjumlahan total biaya produksi + keuntungan. Pada fase-fase awal, kalian dapat menggunakan strategi penetration pricing, yaitu menetapkan harga dalam posisi rendah. Tujuannya untuk melakukan penetrasi pasar, untuk menarik orang mencoba donat yang kalian jual.

4. Lokasi
Pemilihan lokasi sangat menentukan keberhasilan penjualan. Carilah lokasi yang strategis dan ramai, Cari juga lokasi yang tingkat persaingannya masih rendah. Beberapa lokasi yang bisa kalian pilih antara lain, di depan rumah, di kantin-kantin sekolah/perkantoran, dijual online, di mall atau deket pasar.

5.Promosi
Promosi diperlukan untuk memperkanlakan donat yang Anda jual, beberapa yang bisa dilakukan antara lain :
- Promosi via WA
- Promosi via sosmed (Instagram, Fb, dll)
- Promosi dengan banner
- Promosi secara langsung

Selain promosi di atas, kamu juga bisa berpomosi dengan cara menjadi sponsor di acara tertentu. Atau bisa juga dengan menawarkan donat gratis sebagai tester. Promo yang paling jitu adalah dengan menerapkan diskon dan harga murah untuk menarik minat pembeli agar datang ke stand Anda.

Perkiraan Modal dan Laba Bersih Usaha Donat

#Biaya Untuk Perlatan dan Perlengkapan
Modal Awal
Harga (Dalam Rupiah)
Etalase
1.600.000
Peralatan masak
500.000
Kompor dan Gas
900.000
Total
3.000.000

Peralatan-peralatan di atas, pasti memiliki usia pakai. Untuk itu kita hitung besar penyusustan setelah 4 tahun pemakaian dengan nilai residu sebesar Rp 1000, sehingga biayanya diperoleh :

(Rp 3.000.000 – Rp 1000)/4 = Rp 749.740/tahun atau Rp 62.500/bulan. Sehingga kalian perlu menyisihkan setidaknya uang sejumlah tersebut setiap bulannya untuk berjaga-jaga ketika peralatan rusak.

Biaya Operasional/Bulan
(Dalam Rupiah)
Biaya bahan baku
3.000.000
Biaya peralatan (nota, kotak kue, plastic, dll)
250.000
Biaya listrik + pulsa
350.000
Biaya lain-lain
100.000
Biaya  penysustan
62.000
Total
3.762.000
Perkraan Omset
Rp 2.500 x 70 x 30 hari
5.250.000
Laba bersih/bulan (Omset – total biaya)
Rp 5.250.000 – Rp 3.762.500
1.487.500

Itu adalah perkiraan laba bersih per bulan bisa kalian dapatkan. Untuk memperbesar keuntungan dapat dilakukan dengan menekan biaya-biaya produksi atau meningkatkan penjualan dan jumlah produksinya. Untuk meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan memperluas pasar.

Tips Sukses Usaha Donat

1. Selain menggunakan donat berbahan kentang, bisa juga divariasikan dengan bahan dasarnya ubi ungu atau ubi kuning.
2. Berilah nama usaha/nama toko yang unik, belum pernah ada, mudah di ingat dan menunjukan identias tokomu. Seperti : donat yummy, donat yahudd, donat spesial.
3. Buat promo-promo secara rutin, seperti setiap hari Jum'at promo beli 2 gratis 1, atau diskon 10% untuk pembelian diatas 20 ribu. Dan lain sebagainya.
4. Catat transaksi setiap harinya, buat juga buku keuangan agar benar-benar jelas.
5. Satu sampai 3 bulan pertama mungkin masih sepi, perhitungkan jumlah produksi. Dan jangan terlalu sering tutup, karena akan membuat pembeli kecewa. Misal akan tutup, minimal sehari sebelumnya diberi tahu bahwa besok akan tutup.
6. Buatlah tempat senyaman mungkin, misal dengan tempat tunggu yang nyaman, sejuk, ada musik dll.

Nah itu adalah beberapa prospek usaha donat dan analisinya, di bagian akhir juga sudah sayasertakan tips-tipsnya untuk kalian yang akan membuka usaha donat. Semoga terealisasikan dan menjadi kenyataan. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Prospek Usaha Donat dan Analisis-nya + Tips Sukses Usaha Donat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel