Prospek Bisnis Cemilan Dan Langkah-langkah Membuka Usaha Bisnis Cemilan

Prospek Bisnis Cemilan Dan Langkah-langkah Membuka Usaha Bisnis Cemilan - Siapa hayo yang diantara kalian seneng ngemil? Pasti semua suka deh, apalagi bagi kalian para pemiliki perut buncit. Udah ketahuan kalau sering ngemil. Ngemil memang enak ya kan, apalagi pas lagi santi, atau sambil belajar, atau pas sambil nonton tv.

Selain buat cemilan keluarga, cemilan juga pas banget tuh buat menjamu tamu yang datang ke rumah kita. Kalau saya sih cemilan selain buat santai juga pas buat bekal saat liburan, apalagi pas naik mobil dan macet. Uhhh enak banget tuh sambil ngemil, buat ganjal perut yang lagi kosong juga oke tuh.

Ngomong-ngomong tentang cemilan, kali ini kita akan membahas bisnis cemilan. Mulai dari prospek dan peluangnya, serta langkah-langkah dalam membuka usaha cemilan ini. Oh iyaa, jika kalian mendukung saya untuk membuatkan video tentang “Peluang Usaha”, tolong bantu SUBCRIBE dong karena untuk membuat video juga butuh dana. Subcribe di channel ini : Dzaki Muhammad.

Mengingat permintaan yang sangat banyak tersebut, tentu prospek bisnis cemilan ini menjadi sangat bagus. Terutama jika di tempat kalian masih sedikit yang menjual cemilan-cemilan ini. Kalau di tempatku malah jarang banget toko yang secara khusus menjual berbagai cemilan-cemilan ini.

Bagaimana prospek bisnis cemilan di Indonesia?

Prospek Usaha Bisnis Cemilan
Prospek Usaha Bisnis Cemilan

Budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia membuat permintaan akan cemilan seperti keripik singkong, keripik kentang, makaroni, slondok dll sangat laris manis di pasaran. Sehingga dari permintaannya pun sangat tinggi. Saat ini penjual cemilan-cemilan seperti ini banyak dijumpai di toko-toko kelontong dan pasar-pasar tradisional.

Sementara di supermarket dan minimarket lebih ke cemilan dengan kemasan modern seperti lays, qtela dan snack-snack yang lain. 

Masing-masing memiliki segmen sendiri-sendiri, sebagian orang membeli snack kiloan di pasar dengan alasan lebih murah. Sementara ada juga orang yang membeli snack di minimarket karena alasan praktis dan terjaga kebersihannya.

Nah kamu?? Bisa pilih mau berbisnis di segmen mana.

1. Jual cemilan di minimarket/supermarket
Jika kamu ingin menjadi suplier makanan ringan di beberapa minimarket, maka kamu harus bekerja sama dengan minimarket tersebut. Dan juga kamu harus memiliki ijin produksi, dan memenuhi persyaratan yang ada. Tentu, kamu juga harus memikirkan merek, kemasan(packaging) dan kualitas produknya.

2. Jual cemilan di pasar
Kamu juga bisa menjadi orang yang menjual cemilan di pasar-pasar tradisional, karena menjual maka kamu perlu suplier dari cemilan-cemilan yang kamu juga. Cari koneksi, mana suplier yang terpercaya dan rasa dari cemilan tersebut memang enak dan banyak yang suka.

3. Produksi Cemilan
Selain jualan cemilan, kamu juga bisa berperan sebagai produsennya. Tapi tentu ini memerlukan waktu karena kamu harus mulai dari 0. Kamu harus produksi sekaligus kamu memikirkan mau dikemanakan cemilan yang telah dibuat, dengan kata lain kamu juga harus mikir pemasarannya seperti apa.

4. Buat toko cemilan
Pasar-pasar tradisional tidak buka selama seharian, mungkin saja hanya pagi sampai siang. Inilah kesempatanmu untuk mengambil peluang. Kamu dapat membuka sebuah toko yang bukanya lebih lama dan lebih bersih, sehingga orang dapat datang ke tokomu dari pagi sampai sore. Jika toko cemilanmu berkembang, saatnya mengekspansi untuk merangkap menjadi suplier.

Nah, yang akan kita perdalam lagi adalah proses membuka sebuah toko cemilan. Mengapa harus toko cemilan? Karena menurut saya ini yang paling potensial untuk saat ini, selain lebih disukai karena kebersihannya juga lebih lama waktu bukanya. Apalagi jika mampu bersaing dalam harga dan membuka di tempat-tempat yang strategis.

Langkah-langkah Membuka Toko Cemilan / Snack Kering

1. Survei Pasar dan Lokasi
Langkah awal sebelum membuka sebuah toko adalah dengan survei pasar, kamu bisa mengamati kira-kira ada penjual cemilan/snack kering di daerah tersebut? Dari total penjual tersebut, apakah sudah memenuhi permintaan yang ada? Jika ternyata masih belum memenuhi maka itu kesempatan yang bagus untuk kamu buka toko.

Selanjutnya, pemilihan lokasi. Kamu bisa memulai dari awal di rumah, jika di kompleksmu belum ada yang jualan. Untuk promosi nanti bisa melalui sosial media dll. Yang terpenting, tentukan lokasi yang strategis.

2. Mencari suplier cemilan / snack kering
Setelah mengetahui kondisi pasar dan survei lokasi, langkah selanjutnya adalah cari suplier atau minimal informasilah dimana tempat untuk membeli cemilan-cemilan tersebut dalam jumlah banyak. Bisa tanya sama saudara, atau sama pedagang lain. 

Usahakan jangan hanya cuma nyari 1 suplier, tapi 2- 3 suplier. Selain buat cadangan ketika suplier utama habis, si sini kamu dapat membanding-bandingkan harga. Dan pilih suplier mana yang lebih murah. Misal, kamu mengambil cemilan A di suplier 1 karena lebih mura, dan kamu mengambil cemilan B di suplier 2. Perhitungkan juga dengan kualitas produknya, karena selain sensitif terhadap harga konsumen juga sensitif terhadap rasa.

3. Peralatan dan Perlengkapan
Setelah ketemu lokasi dan suplier cemilan/snack ringan, kamu perlu memikirkan peralatan dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat toko ini. Buat list/daftar apa saja yang harus dibeli, misal plastik tebal, timbangan, alat pres, label, dan lain sebagainya.

4. Target Pasar
Target pasar ini disesuaikan dengan lokasi tempat kamu berjualan, misal jika dekat dengan sekolahan maka kamu dapat mengemas cemilan dalam bentuk kecil-kecil dengan harga yang lebih murah. Lokasi-lokasi strategis lainnya seperti dekat dengan kampus, kos-kosan, pabrik dll.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Cemilan/Snack Ringan

1. Variasi/macam Snack Yang Dijual
Untuk bulan-bulan pertama buka, tidak perlu menjual semua jenis snack. Karena berisiko. Lebih baik kamu menjual beberapa snack yang paling laris terlebih dahulu. Baru ketika kamu memiliki pelanggan tetap, kamu bisa tambah variasi snacknya lebih banyak.

2. Manajemen Stok
Karena jualan makanan ringan, tentu risiko kerugiannya lumayan besar. Seperti tidak laku yang akhirnya tidak layak untuk dijual. Nah sebelum itu terjadi ada beberapa tips nih, seperti :

  • Simpan cemilan dalam kondisi tertutup, sehingga awet dan tidak berjamur.
  • Tenntukan kapan harus restock kembali, misal : ketika cemilan tinggal 2 kg maka harus restock kembali.
  • Buat promo pada cemilan yang akan kadaluwarsa, misal satu bulan sebelum kadaluwarsa melakukan promo. 

3. Packaging/Label
Packaging ini sangat menentukan persepsi konsumen terhadap produk tersebut, semakin baik packaging/kemasannya konsumen akan merasa puas dan lebih yakin terhadap kualitas produk. Kemasan yang bagus juga akan menjamin produk aman dan tejaga sampai rumah.

4. Keuangan
Lakukan pencatatan keuangan secara rutin agar tidak kecolongan dan kehabisan modal karena kurang disiplinnya dalam mengelola keuangan.

5. Marketing/Promosi
Di awal-awal buka toko, kamu perlu tuh promosiin tokomu agar orang tahu keberadaan toko yang baru saja kau buka itu. Untuk promosi dapat dilakukan dengan melalui whatsapp, facebook, instagram atau secara mulut ke mulut.

Biar lebih menarik, kamu dapat memberi diskon-diskon agar orang tertarik untuk mampir ke tokomu.
Dan bila ingin menjaga agar konsumen tetap setia dengan tokomu, bisa juga dengan menerapkan kupon belajan atau member, he he.

Demikian artikel tentang prospek usaha bisnis cemilan, dan tips sukses dalam menjalankan bisnis usaha cemilan. Sekian dan terimakasih banyak. Baca juga : 7  Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Belum ada Komentar untuk "Prospek Bisnis Cemilan Dan Langkah-langkah Membuka Usaha Bisnis Cemilan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel