Peluang Bisnis Bumbu Pecel Kemasan dan Tips Sukses Mengawalinya

Peluang Usaha Bisnis Bumbu Pecel Kemasan dan Tips Sukses Mengawalinya - Pecel adalah makanan khas Indonesia yang sering dimasak oleh ibu-ibu di rumah, pecel ini biasanya dibuat dari berbagai sayuran mulai dari sayur kol, bayam, toge, sawi dan lain-lain. Dari sayuran tersebut kemudian disiram dengan sambel pecel atau bumbu pecel yang terbuat dari kacang ditumbuk dicampur dengan bumbu-bumbu dapur.

Sayangnya banyaknya ibu-ibu ngga mau ribet karena untuk membuat bumbu pecel ini perlu waktu yang lama, mulai dari menggoreng kacang, menghaluskan kacang, mencampur dengan bumbu dan baru diseduh dengan air hangat.

Tentu ribet kan? sebagai solusi yang paling praktis adalah dengan membeli bumbu pecel yang dapat ditemui di toko-toko.

Hanya saja, bumbu pecel ini sepertinya belum merata di beberapa daerah. Itulah peluang manis buat kamu yang suka masak-masak. Kamu dapat berbisnis dengan menjual bumbu pecel dan menitipkan ke toko-toko kelontong. Baca juga : Prospek Usaha Donat dan Analisinya

Prospek Bisnis Bumbu Pecel Kemasan

Peluang bisnis ini sangat luas, mengingat permintaan yang cukup banyak dan belum begitu banyak orang yang terjun di dalam bisnis ini. Apalagi jika kamu mampu menginovasi produk dari sebelumnya, misal saja dengan membuat 3 varian bila dilihat dari tingkat pedasnya : gurih, sedang dan pedas.
Peluang Usaha Bumbu Pecel
Peluang Usaha Bumbu Pecel

Saat ini baru ada satu jenis bumbu pecel kemasan saja. Dan belum ada variasi, jika ingin lebih mau buatlah packaging yang lebih menarik dan mampu membuat bumbu pecel menjadi lebih tahan lama.

Untuk penjualannya, kamu dapat melakukan beberapa teknik penjualan seperti :
- Penjualan langsung ke konsumen
- Di titipkan ke toko-toko kelontong
- Pasar
- Dititipkan ke penjual sayur

Bahan-bahan dan Cara Membuat
Sebagai pengetahuan dasar bahwa untuk membuat bumbu pecel ini sangat mudah, untuk selanjutnya silahkan lihat tutorial pembuatan bumbu pecel yang lebih enak bisa di YouTube atau tanya pada orang tua yang lebih tahu. Mengapa ngga sekalian dijelaskan disini? Bukan passion saya untuk tahu tentang masak memasak, wkwk.

Bahan-bahan untuk membuat pecel ini antara lain : 3 siung bawang putih, 250 gr kacang tanah, daun jeruk 3 lembar, 3 cm kencur, 3 biji cabai rawit, air asam jawa, 50 gr gula jawa.

Bahan-bahan untuk membuat bumbu pecel ini cukup mudah di dapat bukan? Untuk membuatnya, setelah kacang tanah digoreng, di dinginkan dan kupas kulit arinya. Tumbuk kacang tanah bersama bumbu-bumbu diatas, kemudian tambahkan air asam jawa secukupnya.

Harga Jual Bumbu Pecel
Bumbu pecel ukuran sedang dapat Anda jual dengan harga Rp 5.000, atau dapat diperkecil ukurannya dan dijual dengan harga Rp 2.000 per pcsnya. Misal dalam sehari kamu dapat menjual 50 bungkus ukuran kecil (Rp 2000/pcs) maka dalam sehari omsetmu sudah Rp 100.000.

Tinggal dikurangi dengan biaya produksi yang sangat-sangat terjangkau di atas. Untuk menakan biaya modal, kamu dapat menanam cabai sendiri.

Tips Sukses Mengawali Bisnis Bumbu Pecel

1. Pemasaran/Marketing
Untuk mengawali bisnis bumbu pecel, cobalah untuk bertanya ke beberapa toko apakah mereka menerima jika kamu titipkan bumbu pecel. Dan tanya kira-kira berapa pcs/hari yang mereka butuhkan. Andaikata 1 toko membutuhkan 5 pcs, maka kamu butuh 10 toko untuk dapat menjual 100 pcs bumbu pecel.

Coba tanya juga kepada penjual sayur, biasanya akan lebih mudah laku bila dijual sekalian sayurannya.

2. Kemasan menarik
Kemasan/packaging sangat menentukan keputusan pembelian konsumen, gunakan kemasan yang menarik, rapat dan terjaga agar konsumen benar-benar percaya bahwa bumbu pecel ini aman dan terjaga dari kontaminasi luar.

Jika sudah berkembang, kamu bisa upgrade kemasanmu dari plastik ke kemasan botol agar lebih menarik dan terlihat lebih eklusif.

3. Label
Kamu dapat menambah beberapa label yang memberi tahu terkait tata cara penyajian, expired bumbu pecel dan beberapa informasi terkait bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bumbu pecel tersebut (inggredient). 

4. Merek
Merek akan memudahkan konsumen dalam mengingat produk yang Anda jual, merek juga membedakan produkmu dengan produk pesaing. Dengan merek orang akan lebih mudah mengidentifikasi produk, dan akan membeli ulang produk yang Anda buat.

5. Penjualan Langsung
Selain menitipkan ke toko-toko dan penjual sayur, kamu juga bisa lhoo mempromosikan produkmu ke sosial media. Tambahkan juga kamu menerima pemesanan dalam jumlah banyak dengan harga spesial, siapa tahu ada orang yang ingin menjadi resellermu.

Nah itu adalah beberapa tips untuk memulai bisnis bumbu pecel kemasan, semoga dapat terlaksana dan jangan lupa share ini ke temen-temen kalian agar manfaatnya dapat menular ke mereka. Baca juga : Prospek Bisnis Cemilan / Snack Kering dan Tips Sukses Menjalankan Usahanya

Belum ada Komentar untuk "Peluang Bisnis Bumbu Pecel Kemasan dan Tips Sukses Mengawalinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel