8 Kegunaan Rebung Bagi Kesehatan, Bambu Kok Di Makan?

8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan, Bambu Kok Di Makan? - Salah satu makanan khas Indonesia adalah Rebung, orang jogja sering menyebutnya "bung". Ini merupakan makanan yang berasal dari bambu muda, lebih tepatnya bambu yang masih berbentuk tunas. 

Rebung ini umumnya dibuat untuk sayuran, atau di beberapa tempat seperti kabupaten Semarang menggunakan rebung sebagai isi lumpia. Dan lumpia isi rebung ini juga telah menjadi makanan khas Semarang.

Bagi kalian yang belum pernah merasakan masakan ini mungkin agak merasa ragu, bambu kok dimakan yaa. Apa ngga keras atau ngga berbahaya? Walaupun berasal dari bambu, tapi rebung ini masih memiliki tekstur yang empuk terutama setelah dimasak, karena bambunya belum menjadi kayu sepenuhnya melainkan masih berbentuk seperti tunas muda.

Rebung ini dapat ditemukan di kebun-kebun bambu, atau kalian juga dapat mendapatkan rebung ini di pasar-pasar tradisional. Dengan beli di pasar, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari rebung dan mengupasnya. Kalian bisa langsung membeli dengan jumlah nominal tertentu.

Seperti yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu, pergi ke-pasar melihat penjual rebung yang cukup menarik perhatian saya. Karena rebungnya terbilang besar-besar. Ketika ditanya masalah harga, harga satu bijing sebesar kaki orang dewasa, hanya dihargai 15 ribu, mungkin itu cukup untuk satu RT kali ya. Buat yang penasaran dengan videonya, dapat dilihat di bawah ini :
Dibalik harganya yang murah tersebut, rebung ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Kalian dapat belajar mengolah rebung ini menjadi sayur yang enak, dan bisa jadi malah akan menjadi makanan terfavorit kalian. Oke, apa sajakah kegunaan dari rebung ini?

Baca juga : Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

8 Kegunaan Rebung Bagi Kesehatan

1. Rendah gula
Rebung merupakan sayuran yang rendah gula, kandungan gula di dalamnya hanya sekitar 2,5 gram per 100 gram rebung. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2. Sumber Protein
100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3. Kaya vitamin dan mineral
Siapa sangka jika rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat. Dan mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat
Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5. Merangsang nafsu makanan
Rebung tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka.

6. Mengontrol kolesterol
Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus.

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam rebung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Menurunkan tekanan darah
Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit, dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Nah, setidaknya itu 8 kegunaan rebung bagi kesehatan. Yang pasti, kegunaan dari rebung adalah untuk mengganjal rapat dan sebagai sumber vitamin bagi tubuh. Jangan lupa like dan share artikel ini, agar teman-teman kalian juga mengetahui manfaatnya. Baca juga : 6 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Belum ada Komentar untuk "8 Kegunaan Rebung Bagi Kesehatan, Bambu Kok Di Makan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel