7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer - Salah satu acara yang paling berharga di dalam perjalanan hidup manusia adalah pernikahan (wedding), karena semua orang juga berharap bahwa pernikahan hanya akan berlangsung satu kali, dengan kata lain terjadi hubungan yang harmonis sehingga pernikahannya langgeng dan bahagia.

Karena hanya ingin berlangsung satu kali seumur hidup tersebut, maka setiap orang yang ingin menikah pasti menginginkan pesta pernikahan yang sebaik-baiknya. Dan disinilah peluang yang sangat besar, apalagi pernikahan pasti akan terus ada dan tidak akan pernah mati sampai manusia itu tidak ada. 

Bisnis wedding organizer berperan dalam mengatur dan mengelola acara wedding (pernikahan) dari mulai persiapan, jalannya acara sampai penutupan. Wedding organizer juga mengurusi masalah desain, catering, randown acara, make up pengantin, lokasi dan masih banyak lagi. Tapi, sesuai kesepakatan juga sih antara pemilik acara dengan WO-nya.

Yang pasti, biasanya WO juga memiliki paket-paket tersendiri, yang akan ditawarkan kepada pemilik acara atau keluarga pengantinnya. Untuk tarif setiap acara pernikahan tergantung dari paket, dan tambahan permintaan dari keluarga pengantin. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pemilihan lokasi pernikahan, jumlah tamu undangan, konsep acara dll.

Menggunakan jasa Wedding Organizer memang akan lebih mudah dan praktis, karena keluarga pengantin akan berkurang bebannya dalam mengatur jalannya pernikahan.

BTW, jadi Wedding Organizer itu tidak mudah lho. Perlu kerja keras dan banyak-banyak pengalaman untuk mengatur sebuah acara. Semakin lama jam terbangnya, sebuah WO akan semakin terkenal dan banyak dipercaya. Biasanya WO ini memiliki komunitas tersendiri, satu WO biasanya terdapat tim yang bila diperlukan akan siap maju untuk mengatur acara pernikahan.

Dari segi persiapannya saja misalnya, mungkin butuh waktu 1 bulan untuk mempersiapkan semuanya. Namun dengan koordinasi tim yang baik, biasanya akan dibagi-dibagi sehingga 1 orang memegang wedding A, dan 1 orang memegang wedding B. Sehingga dalam 1 bulan bisa saja WO memegang 10 atau lebih acara pernikahan. 

Pusing ngga tuh?? Tapi, ingat jika semua itu dikoordinasi dengan baik dengan tim yang banyak maka semua akan lebih mudah dan enteng. Berikut ini kami punya beberapa kiat sukses untuk mengelola bisnis Wedding Organizer :

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer

7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer
Sumber : Instagram @alux_organizier

1. Tentukan Target Pasar
Bisnis apapun pasti butuh strategi target pasar yang baik, dalam ilmu pemasaran dikenal dengan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Sebuah bisnis akan sukses jika dapat menetapkan target yang sesuai dengan produknya.

Penentuan target pasar ini berhubungan dengan konsep dan budget yang kalian tawarkan sebagai WO kepada keluarga pengantin. Jika target utama kalian adalah kalangan atas maka konsep akan lebih luxury dan budgetnya tentu saja akan lebih tinggi.

Target pasar ini juga menentukan strategi promosimu, mau ditawarkan kepada siapa WO yang sudah kalian dirikan itu.

2. Kekuatan TIM adalah Mesin Utamanya
Sebuah acara tidak akan bisa dikerjakan semuanya sendiri, butuh TIM yang kuat dan benar-benar komitmen dengan WO yang kalian bentuk. Disini juga dibutuhkan kepemimpinan yang tegas dan demokratis.

Untuk membuat TIM yang kuat maka dibutuhkan SDM yang benar-benar berkualitas dan memiliki komitmen untuk terus bekerja keras bersama-sama. Dan pastikan pilih SDM yang memang suka bekerja dengan TIM dan sudah memiliki banyak pengalaman di berbagai organisasi atau ikut mengelola acara.

TIM dalam WO bagaikan mesin produksi. Agar tetap kuat maka perlu motivasi dan apresiasi yang tinggi, jangan ragu untuk memberikan bonus saat acaranya sukses. Buat target kedepannya juga perlu untuk menambah motivasi dan semangat dalam bekerja.

Lakukan juga pembagian tugas yang jelas, misal ada yang khusus bagian dekoriasi, bagian acara, bagian catering, bagian dokumentasi dll.

Jika kekurangan SDM, dapat merekrut tenaga tambahan atau tenaga casual untuk membantu menyokong tim utama. Tenaga casual ini biasanya hanya membantu saat acara berlangsung, seperti pada saat persiapan, mengambil piring kotor, mencuci dll.

3. Banyak kawan banyak risky
Slogan yang memang betul adanya, banyak teman maka banyak risky yang bisa datang darinya. Ketika membuat sebuah WO maka partner adalah sosok yang sangat penting. Partner disini adalah orang yang bisa diajak kerjasama untuk mensukseskan acara wedding yang kalian kelola.

Misal, untuk urusan catering kalian bekerja sama dengan catering ABC, untuk dekorasi dengan perusahan D, untuk make up dengan salon ulala. Dan lain sebagainya, semakin banyak relasi tentu akan semakin baik karena akan banyak pilihan. Dan akan lebih mudah dalam menyesuaiakn budget keluarga pengantin.

4. Tawarkan Konsep Terbaik dan Terbaru
Orang itu suka dengan hal-hal yang baru, coba tawarkan dengan konsep-konsep terbaru yang kalian miliki. Dengan konsep terbaru itu juga akan menambah keyakinan keluarga pengantin semakin kuat, dan semakin yakin bahwa acaranya tidak akan menyamai dengan acara-acara pernikahan sebelumnya.

Tapi, jangan lupa juga untuk tetap menawarkan konsep-konsep yang membawa kesan sederhana, tradisional, dan menjerumus ke salah satu tema sesuai dengan pengantinya. Misal, pengantinya adalah anak tentara, maka bisa ditambahi bumbu-bumbu militernya. Coba tawarkan itu..!

Paketan yang menarik juga akan mempengaruhi kepuasan dari keluarga pengantin. Tidak hanya itu, para tamu undangan siapa tahu juga tertarik menggunakan WO mu jika konsepan acaramu benar-benar menarik dan khas.

5. Berikan pelayanan terbaik
Layanan adalah hal yang dirasakan langsung oleh konsumen pada bisnis jasa seperti WO ini. Berikan layanan terbaik dari mulai saat konsultasi dan penawaran, perencaraan sampai saat hari H. Pada intinya kesuksesan acara pernikahan akan menciptakan record baik untuk WO mu.

6. Promosikan secara online
Selain melalui offline seperti majalah, radio, koran, atau pamflet. Kalian juga harus masuk ke pasar melalui online, kalian dapat menggunakan website dan sosial media seperti instagram, facebook dan youtube.

Di instagram kalian dapat memajang foto-foto terbaik saat pernikahan berlangsung, jangan lupa di beberapa post kalian tawarkan jasa WO yang kalian miliki. Begitu juga lakukan di YouTube dan Facebook. Jika ingin lebih mantap lagi, dapat menggunakan iklan berbayar (iklan premium.

7. Sisihkan modal
Dari keuntungan yang didapat, sisihkan modal berapa persen untuk membeli peralatan-peralatan yang dapat menunjang kalian saat WO. Misal membeli seragam, alat komunikasi, atau dapat kalian gunakan untuk berlibur bersama dalam periode waktu tertentu.


Nah itu adalah beberapa kiat sukses mengelola bisnis wedding organizer. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian.

Belum ada Komentar untuk "7 Kiat Sukses Mengelola Bisnis Wedding Organizer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel