7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba

7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba - Instagram saat ini menjadi sosial media terfavorit di semua kalangan, khususnya kalangan muda karena rata-rata penggunanya adalah anak muda. Data di tahun 2016 saja menyatakan bahwa pengguna instagram di Indonesia mencapai 22 juta akun, bayangkan jika semua akun tersebut aktif dan mereka semua membutuhkan makan, pakaian dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pasar yang sangat besar dan potensial sekali untuk kita jadikan sebagai tempat berbisnis. 

BTW ngomong-ngomong tentang bisnis tanpa modal, kira-kira ada ngga? Kalau menurut saya bisnis tanpa modal itu tidak ada. Karena tenaga kita, pikiran kita adalah termasuk modal. Manusia merupakan SDM yang termasuk kedalam faktor produksi. Jadi, bisnis tanpa modal itu tidak ada. Mungkin yang dimaksud adalah bisnis dengan modal kecil, itu baru ada.

Kalian tahu kan kalau di instagram itu dapat menghasilkan uang? Pasti kalian tahu, atau minimal kalian pernah mendengar cerita-cerita ada sebuah akun yang sekali post di instagram di bayar tinggi. Teman saya pun juga ada yang melakukan demikian, dengan jumlah followers sebanyak 100k setiap kali post dibayar 100 ribu rupiah. Lumayan kan, untuk sekali post langsung mendapatkan 100 ribu rupiah. Apalagi jika jumlah followers kita lebih dari angka tersebut, tentu akan semakin banyak pula bukan uang yang didapat.

Itu adalah salah satu contoh bisnis tanpa modal di instagram, yaitu dengan menawarkan paid promote (promosi yang berbayar) dengan mengepost produk mereka di akun instagram yang kita miliki. Selain paid promote, ternyata masih ada beberapa inspirasi bisnis tanpa modal yang bisa kalian lakukan di Instagram lhoo, apa sajakah itu? Ini dia

7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba

7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram
7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram


1. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Jualan ( Menjadi Reseller)

Dagang memang pokok dari suatu bisnis, semua bisnis pasti ada unsur marketing atau dagangnya. Dagang atau jualan dapat kalian lakukan melalui instagram, manfaatkan jumlah follower yang banyak dan penggunaan tags. Sebagian orang mencari barang melalui instagram dan buktinya sekarang banyak kita temui online shop-online shop di instagram.

Tidak harus produk sendiri yang dijual, tapi kita bisa memulai menjual produk-produk orang lain dengan menjadi reseller. 

Sebelum berjualan reseller, kalian harus memutuskan produk apa yang akan di jual. Kalian dapat riset sendiri kecil-kecilan kira-kira di daerah Anda yang belum banyak pesaingnya jualan apa, dan pertimbangkan juga orang yang mencari barang tersebut.

Jualan online
Jualan online


Saat ini pasar yang paling empuk adalah wanita, dan dari segi kebiasaan wanita juga yang paling sering dan senang berbelanja. Jika laki-laki hanya membeli baju satu kali, wanita mungkin bisa membeli dua sampai lima kali. Jadi, pasar yang luas adalah wanita. Tapi ingat, kalian juga perlu riset kira-kira mana yang paling terbaik. Beberapa inspirasi bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller yang potensial menurut admin antara lain :

  • Reseller baju
  • Reseller jilbab
  • Reseller celana
  • Reseller sepatu
  • Reseller pomade
  • Reseller peralatan bayi
  • Reseller casing hp
  • Reseller jam tangan
  • dll

2. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Endorse

Endorse adalah menggunakan produk milik pengiklan/sponsor yang kemudian kita post atau kita buatkan story instagram. Komisi yang didapat pun juga macam-macam tergantung dari jumlah followers dan market yang kita miliki. 

Untuk endorse ini syaratnya memang kalian harus memiliki jumlah followers yang banyak, jadi yang pertama kalian pikirkan adalah bagaimana membuat instagram kita memiliki banyak followers. Untuk mendapatkan followers yang banyak, yang perlu kalian lakukan adalah dengan membuat post/konten yang unik dan menarik, sehingga orang itu memiliki alasan yang kuat untuk follow akun kalian.

Kalian juga harus konsisten dengan konten yang kalian buat, karena nanti berhubungan dengan market yang terbentuk. Misal saja kalian selalu rutin posting tentang teknologi, otomatis followers kamu kebanyakan orang yang menyukai dunia teknologi. Akhirnya, akan banyak tuh sponsor-sponsor dari perusahaan teknologi yang ingin meng-endorse kamu.

3. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Jualan Jasa

Jualan jasa dengan jualan barang tentu berbeda, karena barang terlihat secara fisik sementara jasa tidak terlihat. Jasa merupakan produk yang tidak terlihat, tidak dapat di sentuh dan hanya bisa dirasakan. 

Marketing jasa juga berbeda dengan produk barang, marketing jasa lebih ke prosesnya yang di tonjolkan. Sementara marketing barang lebih ke benefit (manfaat) dari barang yang dijual. Kelebihan dari jasa ini adalah tidak perlu modal yang terlalu besar, apalagi jika di instagram maka modalnya kecil bahkan bisa dibilang tanpa modal.

Jualan jasa online
Jualan jasa online

Beberapa jasa diinstagram yang potensial kalian coba antara lain :
  • Jasa jual beli followers
  • Jasa buat logo
  • Jasa buat website
  • Jasa buat konten
  • Jasa buat kado ultah, kado wisuda, kado pernikahan dll

4. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Paid Promote

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa paid promote merupakan promosi berbayar yang dilakukan oleh sponsor, pemilik akun akan mengepost atau membuat stroty terkait dengan produk yang dimiliki oleh sponsor. Dan ketika sudah selesai, maka pemilik akun instagram akan mendapatkan komisi dari paid promote yang dilakukan.

Biasanya pemilik akun sudah menetapkan tarif sendiri, bahkan sudah menyediakan paket-paket tertentu misal dengan keep story selama 1 minggu. Atau buat story selama 3 kali dalam seminggu dan lain sebagainya. Setiap individu memiliki cara masing-masing untuk paid promote di akunnya.

Jika kalian ingin berbisnis dengan paid promote, buat konten yang menarik dulu hingga followermu banyak. Ketika follower sudah banyak, tunggu saja sponsor-sponsor tertarik berbisnis dengan kalian.

5. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Jualan Akun Instagram

Jualan akun instagram memang kesannya susah jika kurang mengerti ilmunya, boro-boro mau jualan naikin follower akun sendiri saja masih susah apalagi buat jualan akun instagram. Para penjualan akun biasanya memiliki teknik-teknik khusus untuk mendapatkan banyak followers sehingga laku ketika di jual.

Penasaran dengan bagaimana bisnis berjualan akun instagram?? Sama, admin juga penasaran nih.

6. Bisnis Konsultasi di Instagram

Beberapa orang mungkin butuh berkonsultasi di beberapa hal seperti ketika ingin membuat rumah, membeli sebuah mobil, berinvestasi dan lain sebagainya. Jika kalian adalah salah satu dari para ahli tersebut, tidak ada salahnya mencoba bisnis tanpa modal dengan membuka jasa konsultasi di instagram.

7. Bisnis Tanpa Modal di Instagram dengan Jasa Photography

Instagram memang identik dengan foto-foto, jika kamu suka dengan dunia fotografi kamud apat membuka jasa fotografi tuh. Tapi kamu harus punya skil memotret yang bagus, kameranya juga harus mumpuni.

Beberapa teman saya juga berprofesi sebagai fotografer, sering diajak main keluar hanya untuk berfoto-foto ria, dan sehari biasanya diberi komisi sampai 200 ribu. Iyaa memang tarif segitu normal, mengingat biaya sewa kamera juga mahal kan.

Nah itu adalah 7 inspirasi bisnis tanpa modal di instagram yang bisa kamu coba. Selain bisnis tersebut, masih ada satu yang belum sempat saya buat penjelasannya yaitu bisnis dengan membuat EO (Event Organizer) seperti EO ulang tahun, wedding dll.

Belum ada Komentar untuk "7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel