7 Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil

7 Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil - Yeei, sekarang sudah tahun 2019 aja nih, di tahun baru ini kalian sudah punya kerjaan belum nih?? Jika belum, lebih baik coba deh beberapa usaha kuliner berikut ini. Selain modalnya yang ngga terlalu besar, peluangnya juga sangat besar lhoo.

Usaha kuliner merupakan usaha yang paling diminati, mengingat kuliner merupakan kebutuhan yang bisa dibilang kebutuhan pokok. Apalagi di kota-kota besar, kuliner seperti bakso bakar, gorengan dan lain-lain menjadi sesuatu yang paling dicari-cari. Selain rasanya yang enak, makanan tersebut juga sangat cocok untuk mengganjal perut atau sekedar cemilan.

Jika kalian pandai memanfaatkan peluang tersebut dan sukses menarik minat konsumen, untung 200 ribu sehari itu sesuatu yang mudah. Apalagi jika kalian sudah mampu untuk membuka outlet baru di tempat yang berbeda. Lebih tingginya lagi menciptakan sebuah waralaba yang tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia. Pasti, kalian sudah menjadi orang yang sukses dan sejahtera.

Tapi juga tidak semudah itu ferguso, untuk membuka dan mengenalkan apa yang kalian jual aja butuh beberapa bulan. Baru setelah itu proses menuju balik modal dan meningkatkan modal agar lebih besar lagi. Yang terpenting adalah sikap kerja keras, ulet, tekun dan sabar tentunya.

Beberapa ide usaha kuliner yang paling menguntungkan di bawah ini semoga saja mampu membuka pikiran kalian dan dapat menjadi inspirasi. Semoga saja sih dapat terealisasikan dalam bentuk usaha yang sesungguhnya. Makin penasaran nih dengan 7 usaha kulinernya? Berikut daftarnya :

7 Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil


1. Seblak

Seblak merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang lahir disekitar orang-orang Sunda, Jawa Barat. Namun kini, seblak tidak hanya bisa ditemukan di Jawa Barat saja, tapi di seluruh Indonesia sudah ada yang jualan seblak ini. Jika di daerah kalian belum terdapat penjual seblak, atau ada tapi jumlahnya sedikit. Seblak ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain rasanya yang enak juga kebanyakan masyarakat menyukai kuliner berasa pedas. Dan seblak ini sangat cocok disajikan dalam rasa pedas. Tinggal cari segmen pencita makanan pedas tuh. Sepertinya itu peluang buat kalian membuka usaha seblak ini.

Seblak
Seblak - sumber : tribunnews.com

Pasalnya modal yang diperlukan tidak begitu besar, paling besar mungkin untuk membeli peralatannya seperti gerobak, kompor dll. Langkah awal untuk membuka usaha seblak ini adalah membuat rincian alat-alat apa saja yang diperlukan, kemudian di total kira-kira membutuhkan modal berapa.

Pilihlah lokasi yang strategis, semakin banyak jajanan di sekitarnya semakin bagus. Gunakan juga banner/pamflet agar orang yang lewat tahu kalau kalian sedang berjualan seblak. Kalian juga bisa kasih diskon atau promo menarik agar lebih menarik minat konsumen. Promonya bisa seperti membuat harga promo/diskon, atau membuat promo beli dua bonus 1 dll.

2. Es Buah dan Es Degan
Panas-panas pas siang yang terik kayaknya enak tuh jika minum es buah atau es degan, kedua minuman ini merupakan minuman yang paling menyehatkan. Es buah mengandung banyak vitamin, sedangkan es degan memiliki manfaat sebagai antioxidan yang baik bagi tubuh.

Dua buah minuman ini memiliki prospek bisnis yang bagus, terutama di musim panas seperti sekarang ini. Dari segi modal juga tidak perlu banyak-banyak, tugas Anda hanya mencari suplier buah dan degan.

Dari beberapa penjual es degan yang saya temui, mereka mematok harga dengan margin keuntungan 100% lebih. Jika mereka beli degan dari suplier seharga 4000, maka dijual dengan Rp 10.000,-. Dan menurut saya itu sah-sah saja, karena Anda juga perlu memikirkan degan-degan yang kurang bagus. Ingat, tidak semua degan memiliki kualitas bagus dan supplier kadang juga ngga mau menanggung rugi. Nah, untuk mengurangi kerugian Anda mematok harga yang lebih tersebut.

Jika ingin lebih untung lagi, jual degannya bukan per biji melainkan per porsi. Degan dijadikan satu di wadah, dan setiap pembeli dilayani dengan porsi tertentu yang layak dengan harga segitu.

Jika pengen variasi dan beda dari yang lain, kalian dapat membuat kuliner lain dari degan seperti degan bakar, nata de coco, puding degan dll.

3. Salad Buah
Di beberapa kota seperti di Jogja, salad buah sempat trend. Bahkan di beberapa tempat sampai antri panjang dan ada yang tidak kebagian. Inilah kesempatan Anda, ketika permintaan sangat banyak dan penawaran tidak mencukupi, maka kesempatan untuk mendapatkan konsumen akan mudah.

Salad Buah
Salad Buah - Sumber : Youtube.com


Pelajari tentang resep membuat salad buah, untuk pertama-tama Anda dapat membuat sampel terlebih dahulu. Dan mintalah pendapat kepada orang yang merasakan sampel yang Anda buat. Ketika enak, mulailah tawarkan ke kerabat Anda melalui WhatApp, Facebook, Instagram atau yang lain-lain.

Ketika produksi sudah mulai banyak, dan modal sudah bertambah. Mulailah berkembang membuat stand khusus di pinggir jalan atau di acara-acara tertentu. Kayaknya enak tuh siang-siang makan salad buah.

4. Bakso Bakar & Bakso Uleg
Bakso adalah kuliner yang bisa kita temui di mana saja, tapi bakso yang dapat dijadikan sebagai cemilan adalah bakso bakar, bakso uleg, cilok dan sejenisnya. Usaha kuliner tersebut lumayan bagus di beberapa tempat, terutama jika rumah kalian dekat dengan keramaian seperti sekolahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, alun-alun, tempat wisata dll.

5. Cumi Bakar
Walaupun harganya lumayan mahal sekitar 15 - 30 ribu tergantung ukuran, tapi cumi bakar banyak banget lhoo yang nyari. Lihat aja di google, banyak banget yang nyari cumi bakar di semarang, cumi bakar di jogja, cumi bakar di solo.

 Cumi Bakar Usaha Kuliner Menguntungkan
Cumi Bakar Usaha Kuliner Menguntungkan - Sumber : kumparan.com


Dari segi modal memang diawal agak berat, tapi jika sudah jalan bisnis itu sangat menjanjikan lhoo. Tapi kalian bisa bicarakan dengan orang yang akan mensuplai cuminya selama kalian berdagang cumi bakar, pastikan pilih supllier yang benar-benar mampu untuk memenuhi kebutuhan cumi untuk bisnis kalian.

Tapi untuk masalah pemilihan tempat usaha, harus dipikir benar-benar. Karena ini makanan yang harganya lumayan tinggi dan pasti orang mencarinya ketika pengen saja. Maka dari itu, pilihlah tempat yang benar-benar strategis dan banyak orang, seperti di dekat mall, pasar, alun-alun dan tempat-temptat wisata.

6. Gorengan & Ayam
Hayoo siapa disini yang suka makan gorengan? Ada tempe, tahu, bakwan, telo dan masih banyak lagi. Gorengan memang banyak fansnya, kalian dapat memulai bisnis ini jika di tempat kalian masih jarang penjual gorengan, atau karena sudah ada namun rasanya kurang joss. Anda dapat memanfaatkan itu dan membuat resep gorengan yang lebih joss.

Agar tidak gorengan saja, Anda dapat ngecampur jualan dengan fried chicken. Siang sampai sore dibanyakin fried chicken dan ketika sore dibanyakan gorengannya. Karena biasanya, budaya masyarakat kita sering makan ayam di siang-sore, dan di sore hari lebih memilih gorengannya.

7. Siomay dan Batagor
Siomay dan batagor adalah kuliner yang sering digabung, dan sampai sekarang dua kuliner ini masih banyak peminatnya guys. Biar lebih menarik lagi dapat kalian modifikasi atau ditambahi sesuatu yang berbeda.

Misal untuk siomay dapat Anda tambahi sayuran seperti wortel, atau ditambahi buah-buah pengganti timun. Pokoknya coba-coba saja, jadilah yang unik dengan begitu bisnis Anda akan mudah untuk di kenali.

Baca : 7 Bisnis Tanpa Modal di Instagram Yang Bisa Kalian Coba

Mungkin itu adalah 7 ide usaha kuliner yang paling menguntungkan dengan modal kecil. Apa kalian memiliki ide bisnis yang lain?? Ayo share ke temen-temen biar kita saling bertukar pikiran.

Belum ada Komentar untuk "7 Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2



Iklan Bawah Artikel