Ingin Berinvestasi? Ini 4 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Populer di Indonesia

Ingin Berinvestasi? Ini 4 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Populer di Indonesia - Bagi orang yang memiliki banyak duit dan kebutuhannya sudah tercukupi semua, maka investasi adalah jalan yang paling aman untuk mengamankan keuangan. Dengan investasi, selain dapat memback up atau menyimpan uang yang dimiliki, juga dapat mengembangkan aset yang dimiliki.

Berbagai macam investasi ada di Indonesia mulai dari investasi emas, saham, obligasi (surat hutang), deposito dan lain sebagainya. Sebagai seorang investor Anda harus pandai-pandai memilih investasi mana yang paling potensial mendatangkan keuntungan, selektif dalam memilih investasi ini juga akan mengurangi terjadinya kerugian.

Pemahaman akan kondisi ekonomi dan prediksi kedepannya sangat menentukan keberhasilan, terutama dalam investasi jangka pendek seperti saham, valas dll. Sedangkan pada investasi jangka panjang, risiko kerugian lebih sedikit namun pertumbuhan nilai investasi (bunga/keuntungannya) lebih kecil daripada investasi jangka panjang. Baca juga : 7 Kiat Sukses Mengelola Wedding Organizer

4 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Populer di Indonesia


Buat Anda yang mencari aman dan ingin berinvestasi mungkin 4 pilihan investasi paling populer ini dapat Anda pertimbangkan kembali.

1. Investasi Emas
Emas menjadi salah satu logam mulia yang paling sering dipakai oleh banyak orang untuk berinvestasi. Tidak hanya orang-orang besar saja yang menjadikan emas sebagai investasi, orang-orang biasa di perkampungan juga sering menggunakan emas untuk berinvestas dengan menyimpannya dan akan dijual suatu saat nanti jika dibutuhkan. Investasi dalam jumlah besar biasanya menggunakan emas batangan, sementara dalam jumlah kecil biasa menggunakan emas dalam bentuk perhiasan.

Harga Emas
Harga Emas
Hingga saat ini, investasi dalam bentuk tetap menjadi trend dan masih banyak orang yang melakukannya. Hal tersebut dikarenakan emas memiliki nilai yang relatif naik setiap tahunnya, berbeda dengan uang yang relatif turun nilainya. Maka dari itu, banyak orang yang lebih memilih menyimpan harta mereka dalam bentuk emas ketimbang dalam bentuk uang.

Apalagi emas adalah satu-satunya mata uang yang memiliki nilai yang sama, artinya dengan emas dapat digunakan di berbagai negara. Bahkan, mata uang di akhir zaman adalah kembali ke dinar dan dirham (emas dan perak).

2. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)
ORI adalah obligasi yang dikeluarkan oleh negara dengan pendapatan kupon yang lumayan tinggi, dapat mencapai 7% dan dapat dibayarkan kepada pemiliknya setiap bulannya. Karena dikeluarkan oleh negara, maka obligasi jenis ini dijamin oleh negara akan keamanannya.

Bunga yang di dapat dari ORI memang cukup besar untuk kelas obligasi, ditambah untuk mengakses ORI kini menjadi lebih mudah karena beberapa bank pemerintah dan bank swasta juga menyalurkannya.

Buat Anda  yang ingin mencoba investasi ini, cukup sediakan saja dana minimal Rp 1 juta. Dalam waktu 2-3 tahun, Anda dapat mencairkan uang dan pendapatannya. Hayoo, minatkah untuk mencoba investasi jenis ini?

3. Tabungan Berjangka
Tabungan berjangka memiliki keuntungan yang cukup menggoda, tabungan jenis ini cocok buat Anda yang ingin memiliki tabungan namun tidak memiliki komitmen yang kuat untuk menabung, Anda akan dipaksa untuk menabung dalam jangka waktu tertentu dan jumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan. Mirip-mirip dengan bayar hutan lah, namun ini yang dibayar bukan utang tapi tabungan.

Tabungan berjangka dapat dicairkan sesuai dengan kesepakatan atau tempo yang kalian ambil saat awal persetujuan. Baca juga : Cara Merawat Cat Mobil agar Awet

4. Tanah dan Bangunan
Investasi dengan Tanah
Investasi dengan Tanah
Investasi yang paling populer selanjutnya adalah tanah, tanah yang berada di tempat-tempat strategis suatu saat akan naik terus nilainya. Apalagi nanti jumlah penduduk semakin banyak dan semakin banyak pula yang membutuhkan tanah untuk tempat tinggal, bisnis, kantor, sekolah dan lain-lain.

Selain tanah, investasi dalam bentuk bangunan juga sangat populer. Bangunan seperti kos-kosan, ruko, toko atau rumah dikontrakan menjadi passive income yang menarik buat para pemilik modal (investor).

Nah itu adalah beberapa investasi jangka panjang yang paling populer di Indonesia, kamu mau pilih investasi yang mana?? Perhitungkan betul dengan modal yang dimiliki, pemilihan yang tepat akan menentukan keberhasilan kamu sebagai seorang investor. Baca juga : 7 Ide Usaha Kuliner Yang Paling Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Belum ada Komentar untuk "Ingin Berinvestasi? Ini 4 Jenis Investasi Jangka Panjang Paling Populer di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel