Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli: Sejarah, Klasifikasi dan Fungsi Dasar Bisnis

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli: Sejarah, Klasifikasi dan Fungsi Dasar Bisnis - Bisnis merupakan sebuah kata yang mungkin tidak asing lagi bagi kita, atau bahkan ada diantara kalian yang ingin bercita-cita sebagai pebisnis yang sukses dan kaya raya. Bisnis seringkali dikaitkan dengan sebuah wirausaha, ada juga yang mengatakan bahwa orang yang menjalani bisnis disebut sebagai entrepeneur. Berdagang juga termasuk dari bagian bisnis, bahkan kita sebagai karyawan dapat juga dikatakan sebagai kerjasama bisnis.

Nah, kita akan membahas lebih detail mengenai pengertian bisnis, sejarah bisnis, klasifikasi bisnis dan fungsi dasar dari sebuah bisnis. Materi ini saya dapat dari sebuah buku yang berjudul "Pengantar Bisnis" karangan Prof. DR. H. Buchari Alma. Baca juga : 7 Tips Memulai Bisnis Buat Kamu Yang Masih Kuliah

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Bisnis merupakan adaptasi dari kata "business" yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti : perusahaan, urusan atau usaha. Menurut wikipedia pengertian dari bisnis adalah Business is the activity of making one's living or making money by producing or buying and selling products (such as goods and services) (Bisnis adalah kegiatan mencari nafkah atau menghasilkan uang dengan memproduksi atau membeli dan menjual produk (seperti barang dan jasa).

Selain pengertian di atas, dibawah ini kami jabarkan beberapa pengertian menurut para ahli.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli


1. Haughes dan Kapoor
Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy society's need. The general term business refers to all such efforts within a society or within an industry.
(Bisnis adalah suatu kegiatan usaha yang terorganisasi yang dilakukan oleh individu untuk memproduksi dan menjual barang / jasa (layanan) untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Bisnis ini secara umum mengacu pada sebuah kegiatan usaha yang ada di dalam masyarakat atau di dalam industri.)

2.  Brown dan Petrello (1976)
Business is an institution which produces goods and services demanded by people.
(Bisnis adalah sebuah perusahaan/lembaga/institusi yang memperoduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh orang (masyarakat). 

3. Griffin and Ebert (1996)
"Business is all reviews those activities involved in providing the goods and services needed or desired by the people".
"Bisnis adalah semua kegiatan yang terlibat dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh orang-orang (masyarakat)". 

4. Glos, Steade and Lowry (1996)
Business is a set of activities undertaken to create a way to develop and transform various power cracked into goods or services that consumers want.
(Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suatu cara/jalan untuk mengembangkan dan mengubah berbagai sumber daya yang dipecah menjadi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen.)

5. Musselman and Jackson (1992)
An activity that meets the needs of society and the economy and the company is organized to engage in these activities. 
(Suatu kegiatan yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan ekonomi dan perusahaan diatur untuk terlibat dalam kegiatan ini). 
Sejarah Perkembagan Bisnis
 
Pada masa lalu, kegiatan bisnis ini dilakukan pada tingkat keluarga dan secfara terteutup. Keluarga-keluarga pada saat itu menanam tanaman guna memenuhi kebutuhan bahan makanan, membuat pakaian sendiri, membuat rumah sendiri dengan bantuan tetangga dan sebagainya. Usaha mereka terbataas hanya pada bidang yang sangat kecil. Pada saat itu belum terpikirkan oleh mereka membuat usaha yang bersifat komersial, dengan meminjam modal untuk produksi dalam skala yang besar.

Kemudian muncul revolusi industri yang membawa perubahan secara drastis. Adanya mesin uap menimbulkan perubahan pada pertanian yang tadinya menggunakan bajak, dengan tenaga sapi, kerbau sekarang diganti dengan traktor dan buldozer yang bertenaga luar biasa.

Kemudian muncul pula tenaga kerja yang mulai menerima upah, dengan demikian penghasilan keluarga bertambah dan mereka mampu membeli barang lain, yang dibuat oleh orang lain pula.

Akhirnya terjadilah pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat, dan memberi peluang berkembangnya pabrik-pabrik, perdagangan besar, perdagangan ecera dan perusahaan jasa baik perorangan ataupun persekutuan dengan menggunakan skill, teknologi dan sistem manajemen yang semakin efisien.

Sekarang ini kita berada di zaman globalisasi, dunia semakin transparan dan persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat baik dalam linkup nasional maupun internasional. Perang ekonomi sudah dimulai melalui perdagangan antar bangsa, perebutan pasar di negara-negara berkembang oleh negara-negara produsen. 

Sebagai contoh adalah negara-negara seperti Amerika, Jepang dan China dalam merebut pasar di seluruh dunia. China yang saat ini mulai bergerak mengancam Amerika dalam menguasai pasar dunia, khususnya di wilayah asia tenggara.  

Klasifikasi Bisnis

Dalam artikel ini bisnis dapat diklasifikasikan kedalam 9 kategori, diantaranya adalah sebagai berikut : 
  1. Usaha pertanian
  2. Produksi bahan mentah
  3. Pabrik/manufaktur
  4. Konstruksi
  5. Usaha perdagangan besar dan kecil
  6. Transportasi dan komunikasi
  7. Usaha finansial, asuransi, dan real estate
  8. Usaha jasa
  9. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah

Fungsi Dasar Bisnis  

Dalam sebuah buku yang berjudul The World of Business (1979) karangan Dan Steinhoff pada halaman 17 menyatakan bahwa untuk dapat menyediakan barang dan jasa bagi kebutuhan masyarakat, diperlukan lebih dulu bahan mentahnya, kemudian diproses dalam pabrik menjadi hasil produksi. Dari sini kemudian dapat ditarik bahwa fungsi bisnis adalah :
  • Acquiring raw materials (mencari bahan mentah)
  • Manufacturing raw materials into products (merubah bahan mentah menjadi produk).
  • Distributing products to consumenrs (mendistribusikan produk ke konsumen).
 Demikian artikel yang berjudul tentang Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli: Sejarah, Klasifikasi dan Fungsi Dasar Bisnis. Semoga bermafaat dan terimaksih. 

0 Response to "Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli: Sejarah, Klasifikasi dan Fungsi Dasar Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel