10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan

10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan - Dunia begitu dinamis, sesuatu dapat berubah dengan sangat cepat. Apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Masih teringat kuat dipikran saya, 15 tahun yang lalu saat menonton televisi yang hanya support 2 warna saja (hitam putih), maklum kampung saya masih tergolong kedalam kampung yang tertinggal, jadi yang memiliki televisi bisa dihitung dengan jari.

Tak disangka, ternyata sekarang ini kita beralih ke dunia digital. Saat-saat dimana kita bisa menonton televisi melalui smartphone. Acara yang terlewat pun masih bisa kita tonton melalui sebuah aplikasi bernama Youtube. Belum lagi, konten dalam bentuk tulisan. Kita bisa mencari apapun, materi, soal, artikel, berita, hiburan dll hanya dengan berada di balik layar smartphone.

Dibalik itu semua, terdapat profesi yang ternyata menggiurkan dan menyenangkan. Menggiurkan karena bila ditekuni dapat menghasilkan jutaan rupiah perbulan. Dan menyenangkan karena dapat bersenang-senang namun tetap menghasilkan. Sebut saja profesi sebagai Youtuber dan Blogger, profesi sebagai independent worker yang bebas dan tak terikat oleh galaknya bos dan gaji setiap awal bulan.


Cara Menjadi Blogger Yang Sukses
Cara Menjadi Blogger Yang Sukses

Apakah kamu juga salah satu orang yang pengen menjadi Youtuber dan Blogger yang sukses dengan penghasilan jutaan rupiah perbulan? Nah, khusus di artikel kali ini kami akan membahas tentang 10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan. Bagaimana tipsnya? Baca artikel dibawah ini sampai tuntas yaa, biar tidak gagal paham :)

0. Mulai dari 0

Kita terlahir tanpa ada sehelai benang pun yang menempel pada kita, kita pun juga belum bisa berjalan apalagi berlari. Hal itu mengajarkan kepada kita, bahwa semua itu butuh proses dan dimulai dari 0. Dimulai dari kita tidak tahu apa-apa menjadi apa-apa tahu, dimulai dari kita tidak bisa menjadi bisa bahkan expert di bidangnya. Kata-kata ini mengingatkan saya akan sebuah buku dengan isi yang sangat luar biasanya dalam menginspirasi dan memotivasi, buku tersebut adalah "From Zero To Hero", sebuah buku yang akan menginspirasi kita dari mulai "zero/nol" menjadi "hero", dari nothing menjadi something.



Sebagai seorang blogger, apalagi kalau kalian baru saja mengenal blogger harus memiliki sifat pantang menyerah. Karena di proses awal seperti inilah, biasanya banyak blogger yang menyerah, entah karena menemukan kesulitan, kendala atau karena tidak kunjung mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Memang menjadi blogger bukan hal yang mudah, perlu proses yang panjang dan perlu kerja keras serta ketekunan. Membangun sebuah web butuh waktu yang lama, tidak hanya satu, dua atau tiga bulan langsung jadi. Melainkan harus berbulan-bulan bahkan 1 tahun lebih untuk dapat menghasilkan jutaan rupiah. Untuk itu, mulailah dari 0 dengan pondasi yang kuat agar tidak mudah berhenti di tengah-tengah kerasnya perjuangan.

Anda dapat mulai menggunakan platform gratis dari wordpress atau blogger. Kedua-duanya bagu, tapi saran saya gunakan blogger terlebih dahulu karena dari segi penggunaan blogger lebih mudah dan lebih sederhana. Ditambah, blogger dengan subdomain .blogspot.com sudah dapat di monetize.

1. Milikilah Target Yang Jelas

Seperti hidup yang harus memiliki tujuan dan prinsip, seperti juga perusahaan yang harus memiliki visi dan misi agar arah perusahaan betul-betul jelas mau dibawa ke arah mana. Begitu juga dengan kalian, milikilah target agar kerja kalian lebih terarah dan memicu semangat untuk mencapai target tersebut.

Karena, tanpa target yang jelas akan membuat kurang termotivasi dan tidak tahu kemana arah yang hendak di capai. So, tentukan target sejak awal. misal saja target seperti ini nih :
Target bulan 1 : Postingan 60
Target bulan 2 : Postingan 120
Target bulan 3 : Postingan 180 + Ganti Domain TLD
Target bulan 4 : Postingan 240 + Daftar Adsense
Target bulan 5 : Postingan 300 + 2000 pv/hari
Target bulan ....
Target bulan 18 : Postingan 1000 + Beli Hosting

2. Fokus

Titik terberat seorang blogger adalah pada masa awal dimana membangung sebuah website dari 0 menuju website yang mulai menghasilkan uang. Di proses tersebut, biasanya seorang blogger mengalami gangguan dan godaan yang amat berat mulai dari buat blog lagi, coba-coba bisnis lain, bosan dan jenuh atau sampai tergoda untuk menjual blog karena sudah nyerah tidak keburu menghasilkan uang.

Maka dari itu, bila Anda ingin menjadi blogger yang sukses. Fokuslah pada tujuan atau target yang telah ditentukan pada langkah sebelumnya. Jangan sampai tergoda dengan iming-iming bisnis yang lain, semua bisnis pada dasarnya sama. Semua di awal itu berat, butuh pengorbanan dan perjuangan yang besar. Kami ingatkan satu kali lagi, fokus pada satu website saja sampai benar-benar website tersebut menghasilkan. Ketika, satu website sudah sukses baru membangun website yang selanjutnya.

3. Milikilah Karakter Website Yang Kuat

Selain fokus pada target yang akan di capai, dari segi konten juga sangat perlu yang namanya "fokus". Milikilah sebuah website yang berfokus pada satu niche atau tema saja, dengan begitu website Anda akan memiliki karakter yang kuat. Sehingga, audience juga memiliki alasan yang kuat untuk datang membaca tulisan-tulisan di website yang Anda kelola.

Selain konten yang berfokus pada satu niche, tampilan suatu website juga menentukan karakter dari sebuah website. Pastikan, gunakan tampilan website yang sesuai dengan pengunjung web Anda. Jika pengungjung dominan wanita, ya gunakan tampilan yang sekiranya disukai oleh para wanita.
 

4. Gunakan Domain TLD

Mengapa sih harus menggunakan domain TLD? Banyak hal yang dapat dijadikan alasan, tetapi yang pasti menggunakan domain TLD akan membuat blog/websitemu terlihat lebih profesinal dan mudah di ingat. Domain TLD layaknya brand yang akan di ingat oleh konsumen, dan akan dikunjungi ketika mereka membutuhkan informasi terkait dengan niche web mu.

Selain itu, domain TLD juga memiliki potensial yang lebih tinggi untuk di klik ketika berada di SERP Google. Pasti orang akan lebih percaya halaman web yang menggunakan domain TLD ketimbang dengan sub domain blogspot.com yang masih gratisan.

Tenang saja, harga domain tidak buat miskin kok. 125 an ribu sudah dapat domain .com jika kamu beli di Niagahoster.co.id. Kalau pengen yang lebih murah lagi bisa menggunakan domain web.id. Atau beli domain pas lagi ada promo, pasti jatuhnya akan lebih murah dan irit.
Domain Murah di Niagahoster.co.id
Domain Murah di Niagahoster.co.id

5. Gunakan Adsense

Siapa sih yang ngga kenal dengan adsense? Saya rasa kamu juga tahu, atau malah sudah menggunakan platform advertising yang satu ini. Dengan adsense ini, kamu dapat memasang berbagai jenis iklan di websitemu, yang pada akhirnya akan menghasilkan uang untuk websitemu. Adsense ini juga yang biasanya dijadikan sebagai sumber penghasilan para profesional blogger maupun Youtuber. Sejauh ini, adsense tetap yang terbaik dan belum ada yang tergantikan sampai ada yang menyaingi google. Yes, adsense adalah milik google.

Google Adsense
Google Adsense. Sumber : digitalhungama.com

Untuk dapat menggunakan adsense, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah no 5 ini saya letakkan setelah ganti domain TLD memang ada tujuannya. Yaitu, biar kamu daftar adsensenya setelah menggunakan domain TLD.

Lho emangnya kenapa harus daftar saat sudah berdomain TLD? 

Karena akan lebih mudah kedepannya, ketika kamu daftar adsense menggunakan domain TLD maka kamu akan mendapatkan akun non-hosted, yang dapat digunakan untuk banyak situs/web. Ini akan berguna, ketika kamu sudah memiliki website lebih dari satu. Berbeda ketika kamu daftar dengan blog yang masih bersubdomain blogspot, maka kamu akan mendapatkan akun hosted yang iklan adsensenya hanya bisa dipasang di blog bersubdomain blogspot.

Mendaftar di adsense memang susah-susah gampang, ada yang bilang susah karena ngga keterima-keterima, ada juga yang bila mudah karena sekali daftar langsung diterima. Berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya daftar adsense itu mudah asalah blog/website yang kita daftarkan sesuai dengan aturan main yang google adsense berikan. Nih, kami punya beberapa tips agar mudah diterima di adsense :
Buat artikel original dengan panjang min 500 kata + 1 gambar
Blog memiliki karakter yang kuat (1 niche), bukan gado-gado. Misal : teknologi, otomotif, kesehatan, dll.
Template rapi dan fast loading
Miliki halaman yang lengkap : Privacy Policy, About, Contact Us, Disclaimer
Perhatikan SEO On Page : Link internal building, judul yang menarik, tag gambar, deskripsi dll.

    6. Zona Nyaman adalah Ancaman

    Ketika orang sudah memiliki adsense, dan website dengan artikel original 1000 postingan biasanya sudah memiliki penghasilan rutin yang didapat setiap bulannya. Ketika kondisi seperti ini biasanya orang akan merasa nyaman, karena uang akan mengalir begitu saja. Bahkan tanpa posting sekalipun, website akan tetap menghasilkan walaupun tanpa sadar sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan.

    Ketika berada di zona nyaman inilah yang biasanya akan menjadi ancaman, akan merasa malas dan malah berfoya-foya menghabiskan apa yang telah didapat. Perjuangan dan pengorbanan tidak sebesar ketika masa-masa sebelum menghasilkan. Jika biasanya 1 hari mampu membuat 5 artikel, maka ketika sudah merasa nyaman akan berkurang menjadi 1 hari 1 artikel atau malah tidak buat sama sekali.

    So, ketika kamu sudah berada di zona nyaman. Jangan sampai lengah, dan jangan sampai berhenti berjuang. Tetap fokus dengan target yang lebih tinggi lagi.
     

    7. Dikenal Baru Sukses? atau Sukses Dulu Baru Dikenal?

    Kira-kira yang betul yana mana? Orang akan dikenal ketika sukses dulu, atau orang akan sukses ketika dikenal orang?. Kita butuh relasi, kita butuh partner, dan kita juga butuh kawan. Para penyanyi itu dapat sukses, ketika ia terlebih dahulu dikenal oleh produser. Para Youtuber sukses itu, sebelumnya kenal dengan Youtuber yang sudah sukses sebelumnya.

    Itu artinya, kita butuh partnet, kita juga butuh master yang dapat kita tanyai solusi ketika mengalami kesulitan. Itu semua dapat kita lakukan kalau kita bergabung dengan sebuah komunitas. Kamu bisa cari komunitas blogger yang sedaerah dengan mu, atau kamu juga bisa buat komunitas sendiri di kampus atau dikampungmu.

    Gabung dengan komunitas, ternyata juga bisa lhoo untuk mengatasi agar kita tidak berleha-leha di zona nyaman. Caranya, dengan berkawan dengan teman yang memilki motivasi tinggi, sehingga kita akan lebih termotivasi dan tidak mau kalah dengan apa yang dilakukan oleh teman kita.
     

    8. Gunakan Web Hosting Sendiri

    Ketika sudah memiliki penghasilan, tentu kamu pengen ke jenjang berikutnya dong. Kamu bisa menggunakan web hosting sendiri, yang dengannya kamu akan bebas tidak terikat oleh aturan di blogger, kamu bebas dan tidak perlu lagi taku ke banned atau semacamnya. Kamu juga bisa beralih ke wordpress yang memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih.

    Atau, kalau kamu pengen belajar terlebih dahulu kamu bisa kok pesan web hosting dengan biaya yang paling rendah terlebih dahulu. Ketika dirasa sudah mampu, baru websitemu yang utama di pindah ke web hosting milikmu sendiri.

    Yakin berbeda rasanya guys, kamu akan lebih leluasa, lebih profesional dan hasilnya pun akan lebih maksimal jika kamu dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya mesin barumu saat ini.

    Masalah harga tentu bukan masalah, jika websitemu sudah memiliki penghasilan. Biaya sewa hosting sangat terjangkau kok, kemarin saya lihat di niagahoster.co.id dengan paket yang paling rendah cukup membayar Rp 19.800/bulan dengan bandwhite unlimited dan disc space 500 mb, sementara paket bisnis dikenai biaya Rp 84.564/bulan dengan bandwhite dan disc space unlimited. Pilihan paket web hosting di niagahoster.co.id dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
    Sewa Hosting Murah di Niagahoster.co.id
    Sewa Hosting Murah di Niagahoster.co.id


    Pemilihan tempat pembelian web hosting sangat perlu berhati-hati, karena hosting adalah rumah kita di internet yang juga merupakan tempat penyimpanan data-data kita di internet. Ketika server sering down, maka website kita pun juga akan sering down yang tentu akan membuat ketidaknyamanan pengunjung selama berjelajah di website yang kita miliki. Untuk itu, pilihlan tempat penyewaan web hosting terbaik dan terpercaya seperti di Niagahoster.co.id, selain harga yang kompetitif juga pelayanannya yang berkualitas dan memuaskan.
      

    9. Tidak Hanya 1 Website

    Setelah kamu memiliki website yang sukses dengan hosting sendiri, kamu bisa menambah satu website lagi dengan cara yang sama seperti membangung website sebelumnya. Karena, memiliki 1 website saja tidak cukup bila ingin mendapatkan jutaan rupiah perbulan. Kita dapat melihat web-web besar, seperti kapan lagi, popmama.com, popbela.com itu semua mereka satu network.

    Milikilah beberapa website sekaligus yang semuanya saling terintegrasi satu sama lain, sehingga akan saling menguatkan dan saling memasarkan. Tapi ingat, kamu harus memiliki manajerial yang baik terhadap website-website yang kamu miliki.
     

    10. Sendiri itu Sepi

    Kita diciptakan berpasang-pasangan agar dalam hidup ini kita tidak merasa kesepian karena sendiri, ada kekasih yang akan menemani sampai akhir hayat nanti. Termasuk dalam bekerja, bekerja sendiri itu sepi dan membosankan. Ketika websitemu sudah berkembang, kamu bisa mengangkat seorang karyawan untuk bekerja sama denganmu. Pekerjaanmu akan terasa lebih ringan dan terbantu dengan adanya karyawan. Apalagi, jika kamu sudah memiliki website lebih dari 1, tentu sangat merepotkan jika dikelola sendiri.

    11. Go Internasional

    Tidak hanya melului website lokal yang mentarget audience dari negara kita sendiri, kita juga perlu mencoba membuat website dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Sehingga audience kita akan lebih luas lagi, belum lagi kalau main adsense pasti akan lebih besar pendapatan perkliknya jika website kita dikunjungi oleh orang-orang dari belahan dunia lain.

    Kira-kira itu sedikit tips dari kami terkait langkah-langkah menjadi blogger yang sukses dengan penghasilan jutaan rupiah per bulan. Yang pasti, kamu perlu kerja keras dan jangan sampai menyerah. Tetap semangat meraih cita-cita yang diimpikan. Baca juga : 100+ Kata-kata Penyemangat Hidup Penuh Makna

    0 Response to "10+ Cara Menjadi Blogger Yang Sukses dan Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulan"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Advertisement

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel