Syarat-syarat Sebuah Iklan Yang Baik dan Sukses

Syarat-syarat Sebuah Iklan Yang Baik dan Sukses - Iklan adalah salah satu pesan yang dibuat oleh pengiklan untuk menyampaikan pesan terkait product benefits kepada audience yang akan menjadi calon konsumen. Pada intinya iklan berguna untuk menyampaikan informasi (product benefits) kepada audience yang telah di riset sebelumnya (sesuai dengan segmen dan targetnya).

Iklan dibuat tentu memiliki tujuan, namun pada akhirnya iklan dibuat dengan goal untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Walaupun, iklan ada dua jenis, iklan komersil dan iklan non komersil. Iklan komersil merupakan iklan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan iklan non komersil berguna untuk mensosialisasikan, mempengaruhi (perilaku, sikap/tindakan), seperti  iklan layanan masyarakat.

Iklan membutuhkan media sebagai penyambung pesan dari pengiklan ke audience, sehingga dalam pengertian lain iklan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk atau jasa kepada masyarakat tertentu melalui media tertentu dengan suatau pesan atau berita.

"Media tertentu" itu dapat berupa televisi, radio, internet, pamflet, banner dan iklan-iklan digital (sosial media, website, youtube, dll).

Dari berbagai pengertian tersebut, kita kemudian mengumpulkan beberapa hal yang kemudian kita sebut sebagai syarat-syarat dari sebuah iklan :
Syarat-syarat Iklan (sumber: www.blogflick.com)

1. Bahasa iklan (Copy Writing)

Bahasa iklan yang disebut dengan copy, teknik yang digunakan untuk membuat bahasa iklan yang bagus disebut sebagai copy writing. Orang yang membuat bahasa iklan disebut dengan copy writer. Beberapa syaratnya antara lain :
  • Menggunakan pilihan kata yg tepat, menarik, sopan dan logis
  • Ungkapan yg digunakan hrs bisa memikat dan sugestif
  • Disusun scr singkat dan menonjolkan bagian2 yg dipentingkan

2. Isi iklan 

Isi iklan adalah content yang merupakan sebuah pesan yang disampaikan oleh pengiklan kepada audience. Isi iklan harus memiliki syarat sebagai berikut ini :
  • Obyektif dan jujur
  • Singkat dan jelas 
  • Tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
  • Menarik perhatian banyak orang

Syarat iklan yang baik dan sukses

1. Menjual 
Iklan yang baik harus mampu menjual pesan, sehingga orang akan mudah tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk.
 
2. Persuasif 
Tujuan utama sebuah iklan adalah untuk membujuk, sehingga iklan yang baik dan sukses adalah yang mampu membujuk audience untuk melakukan sesuatu seperti pesan yang disampaikand alam iklan.
 
3. Unik 
Iklan yang baik adalah yang otentik, unik dan tidak plagiat. Dengan keunikan pada iklan, orang akan lebih mengingat iklan, produk atau pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut. 
 
4. Relevan 
Maksud dari relevan adalah terdapat hubungan antara iklan dengan produk yang di iklankan.
 
5. Simpel 
Iklan yang simple akan lebih mudah di ingat ketimbang iklan yang berlebihan.

6. Menghibur  
Iklan yang baik dan sukses adalah iklan yang tidak hanya berbicara tentang produk saja, tetapi juga dapat menghibur. Di era ini bahkan iklan sudah berkembang menjadi content marketing, atau iklan berbasis konten. Dengan kata lain, iklan dimasukkan dikemas dalam sebuah konten hiburan yang cukup menghibur.

Nah, itu adalah beberapa syarat-syarat sebuah iklan yang baik dan sukses. Semoga bermanfaat, terimakasih. Baca juga : Manfaat dan Keuntungan Marketing Online (Pemasaran Online)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel