Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Kitapunya.net, Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia - Sebelum manusia adanya manusia modern, manusia purba memanfaatkan apa yang ada di alam untuk bertahan hidup. Bahkan dulu manusia purba juga belum mengenal tulisan, hingga disebut zaman pra-aksara.

Dari situ kemudian berkembang berbagai jenis alat-alat berburu seperti kapak persegi, kapak lonjong dan alat serbaguna lainnya yang umumnya terbuat dari batu. Setelah zaman batu kemudian berkembang ke zaman logam, manusia mulai mengenal logam.

Itu adalah sedikit perkembangan teknologi di zaman purba, dari mulai manusia menggunakan batu hingga kemudian logam.

Berdasarkan sumber yang diambil dari wikipedia.org, definisi dari teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Ternyata sebelumnya saya juga sudah pernah membuat artikel yang serupa dengan judul : Dampak Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi Bagi Kehidupan

Arti Sebuah Revolusi Teknologi

Dibidang komunikasi terjadi perkembangan yang sangat-sangat pesat, para ahli menyebutnya sebagai revolusi komunikasi. Perkembangan di bidang komunikasi yang sangat pesat ini di dukung karena adanya penemuan-penemuan yang terus berkembang. Dengan teknologi saat ini saja, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lainnya tanpa ada batasan waktu, jarak, jumlah, kapasitas dan kecepatan.

Masih ingat dulu, ketika masih kecil belum ada televisi, adanya radio. Baru setelah itu muncul tv yang hanya hitam putih, chanelnya pun baru ada tvri saja. Kita bisa lihat saat ini, perkembangan televisi demikian pesatnya, muncul tv-tv yang led dengan kualitas gambar HD, ada juga berbagai penyedia chanel tv premium, parabola, bahkan chanel tv yang di luar negeri pun bisa kita nikmati disini.

Perkembangan dari segi komunikasi dan informasi juga demikian, sebelum adanya internet komunikasi dilakukan melalui saluran konvensional seperti pos, hingga berkembang melalui telepon dan sms. Kini komunikasi sudah bisa dilakukan via sosial media, whatsapp, instagram dll yang lebih cepat, murah dan mudah. 

Dalam mendapatkan informasi juga tinggal buka gadget, search google atau langsung buka di media-media terpercaya Indonesia.

Tidak hanya dari segi komunikasi sebenarnya, tapi di bidang-bidang lainnya seperti sosial, budaya, pertanian, perikanan dan lain sebagainya juga mengalami revolusi teknologinya.

Kita juga dapat melihat perkembangan teknologi pertanian sebagai sebuah revolusi teknologi pertanian. Misal saja pada teknologi untuk membajak sawah, jika dulu menggunakan media cangkul, kini sudah menggunakan traktor yang lebih efektif dan efisien.  

Secara umum teknologi memberikan dampak positif sebagai alat bantu untuk mendukung manusia dalam melakukan keberlangsungan hidupnya. Teknologi memberikan kemudahan, ketepatan dan kecepatan.                                         

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Dampak Positif dan Negatif Teknologi
Teknologi
Perkembangan teknologi sangat luas bila kita kaitkan dengan kehidupan manusia, tidak hanya teknologi internet saja tapi perkembangan juga terjadi di bidang-bidang lainnya seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, pertanian, bisnis dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang dampak-dampak teknologi dalam berbagai bidang kehidupan manusia : 

A. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Bidang Teknologi Informasi Komunikasi

Perkembangan teknologi informasi komunikasi sebagai bidang yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia, karena komunikasi adalah bagian dari kehidupan. Tanpa komunikasi, maka semua akan menjadi hampa tak bermakna.

Dengan komunikasi kita bisa mengerti ilmu pengetahun dan banyak informasi yang mendukung penelitian-penelitian dalam rangkan meningkatkan teknologi. Setiap hari manusia juga berkomunikasi, adanya teknologi membuat komunikasi semakin mudah, cepat dan tanpa ribet.

Orang tidak perlu lagi ke kantor pos untuk berkomunikasi dengan saudara yang jauh, orang juga tidak perlu pergi ke wartel untuk telepon. Tapi sekarang sudah ada smartphone yang memungkinkan komunikasi jarak jauh hanya bermodalkan akses internet saja.

Berikut ini adalah dampak positif teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi :
1. Semakin mudah dan cepat dalam mencari informasi atau berita
2. Internet sebagai media komunikasi yang efektif : e-mail, aplikasi chatting whatsapp, bbm, dll
3. Internet sebagai media hiburan (sosial media, youtube, blog dll)
4. Internet sebagai media pertukaran data yang cepat (website, blog, dll)
5. Muncul layanan-layanan berbasis online atau aplikasi yang memudahkan pengguna
6. Munculnya bisnis berbasis online yang menguntungkan seperti toko online, jasa online, internet marketing
7. Dengan bisnis online, banyak pengangguran akhirnya memiliki pekerjaan/penghasilan,

Sedangkan dampak negatifnya teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi yaitu :
1. Maraknya konten negatif dan pornografi di Internet
2. Kasus penipuan (via telepon, forum, chat dll)
3. Cybercrime (hacking, carding, cracking, defacing, phising, spamming, malware
4. Penyalahgunaan informasi data
5. Hoaks dan konten provokasi 
6. Adanya pasar gelap dan perdagangan barang-barang terlarang
7. Membuat orang kecanduan dan berdampak pada psikis dan perkembangan anak.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Internet

B. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Bidang Pendidikan
Hampir semua bidang mengalami perkembangan akibat adanya teknologi yang ikut masuk dalam segala kegiatannya. Termasuk dalam bidang pendidikan yang berpengaruh dalam proses pembelajaran dan kegiatan belajar.

Bahkan mulai berkembang kuliah online yang mulai di aplikasikan pada beberapa universitas terbuka di Indonesia, bukan tidak mungkin suatu saat kuliah online ini akan menjadi hal biasa dan umum dilakukan di kegiatan belajar mengajar.

Di beberapa jenjang pendidikan seperti SMP dan SMA hingga perguruan tinggi bahkan sudah diaplikasikan e-lerarning, suatu metode pembelajaran melalui internet. Siswa dapat mengakses materi, sampai mengumpulkan tugas secara online melalui internet.

Selain beberapa poin yang saya singgung di atas, ada juga beberapa poin dibawah ini yang merupakan dampak positif dari adanya teknologi yang diaplikasikan dalam bidang pendidikan :
1. Metode pembelajaran dengan cara baru dan modern
2. Mudahnya dalam mencari informasi dan data-data pendidikan seperti jurnal, data penelitian dll.
3. Semakin mudah dan flexible dalam proses kegiatan belajar mengajar
4. Munculnya sistem informasi berbasis website dan aplikasi, misal website sekolah, laporan kegiatan belajar untuk orang tua.
5. Memudahkan guru/pengajar dalam menyampaikan materi, misal adanya proyektor dll.

Sementara itu untuk dampak negatif dari teknologi pendidikan antara lain :
1. Dengan adanya fasilitas yang memadai dari sekolah, tentu biaya sekolah akan menjadi semakin mahal. Tetapi akan sesuai dengan yang didapat oleh siswa kok.
2. Semakin rendahnya minat siswa dalam membaca buku di perpustakaan, karena lebih memilih cari di internet atau baca di smartphone/laptop
 

C. Dampak Positif da Negatif Teknologi dalam Bidang Sosial & Budaya

Teknologi juga membawa pengaruh dalam bidang sosial budaya, terutama yang berkembang di masyarakat. Sebagai contoh dalam dengan adanya teknologi, publikasi tentang kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang bisa jadi menambah minat masyarakat luar untuk datang ke Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa dampak positif teknologi dalam bidang sosial dan budaya :
1. Budaya-budaya Indonesia jadi lebih dikenal masyarakat luas
2. Meningkatnya wisatawan budaya di Indonesia
3. Dengan teknologi dapat mempererat hubungan seseorang dalam jarak jauh, secara sosial
4. Penggalangan dana secara sosial dapat dilakukan lebih mudah dan secara meluas
 
Tapi selain dampak positif, adanya teknologi juga mengakibatkan terjadinya kultur budaya, banyak budaya-budaya dan kearifan lokal Indonesia yang perlahan-lahan mulai hilang. Selain kebudayaan, unggah-ungguh atau sopan santun yang sempat membudaya juga semakin luntur.

Bahkan permainan-permainan tradisional anak-anak juga mulai hilang tergerus canggihnya permainan dalam gadget. Berikut adalah beberapa dampak negatif teknologi dalam bidang sosial dan budaya :
1. Lunturnya budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia
2. Masuknya budaya barat ke Indonesia, seperti dalam hal cara berpakaian, hubungan antara anak dan bapak dll.
3. Hilangnya kebudayaan dan permainan-permainan tradisional

D. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Dalam Bidang Ekonomi
Dalam dunia ekonomi terjadi perubahan yang sangat besar, seperti pada perilaku konsumen dalam berbelanja. Adanya teknologi membuat mereka semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya, hanya dengan smartphone maka sudah bisa membeli barang melalui online.

Selain kemudahan dalam membeli suatu barang, juga memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk berbisnis. Hal ini sama saja memberikan peluang yang empuk untuk mereka berjualan dan meraih untung.

Selain hal diatas, masih ada beberapa dampak positif teknologi dalam bidang ekonomi :
1. Munculnya e-commerce yang menguntungkan
2. Membantu mengurangi pengangguran karena adanya teknologi internet
3. Muncul berbagai aplikasi perbangkan
4. Memudahkan dalam hal pencatatan dan pelaporan keuangan suatu perusahaan
5. Muncul uang elektronik (uang virtual)
6. Indonesia akan menuju ekonomi digital

Ada juga beberapa dampak negatif teknologi dalam bidang ekonomi, yaitu sebagai berikut :
1. Penipuan dalam hal jual beli
2. Adanya e-commerce membuat beberapa toko ritel terpaksa tutup

E. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan

Teknologi dalam bidang pertanian membantu banyak petani dalam mengolah sawah dan bercocok tanam, sebagai contoh adanya traktor pembajak sawah yang menggantikan peran manusia atau hewan sebagai pembajak sawah.

Tentu membajak sawah menggunakan traktor/mesin akan lebih cepat dan hasilnya akan lebih merata. Belum lagi teknologi dalam hal cara menanam, panen, sampai teknologi untuk pupuk dan jenis tanaman.

Munculnya varietas baru yang lebih unggul juga akibat karena teknologi pertanian yang terus diteliti dan dikembangkan. Misal, semangka yang tidak ada bijinya, padi yang besar dan enak dll.

Berikut ini adalah beberapa dampak positif teknologi dalam bidang pertanian dan perkebunan :
1. Varietas tanaman semakin bervariasi dan unggul
2. Proses mengeloah sawah dan bercocok tanam semakin mudah dan cepat
3. Dapat menggarap lahan yang lebih luas
4. Panen lebih banyak dan menguntungkan

Sementara untuk dampak negatif saya rasa sedikit ya, misal saja dampaknya biaya produksi lebih mahal. Tapi tentu sebanding dengan manfaat yang di dapat. Baca juga : Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi

Di atas adalah beberapa contoh dampak positif dan negatif teknologi dalam berbagai bidang kehidupan manusia, jika ada dampak negatifnya maka peran kita bukan mencegah perkembangannya. Karena itu tidak mungkin, yang paling memungkinkan adalah kita terus berupaya, beradaptasi dan membentengi diri kita agar tidak terkena dampak negatif dari adanya teknologi.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel