beberapa alat serbaguna di zaman batu

Beberapa Alat Serbaguna Dari Batu Yang Di Buat Manusia Purba pada Zaman Batu

Diposting pada 7,340 views

Beberapa Alat Serbaguna Dari Batu Yang Di Buat Manusia Purba pada Zaman Batu, Kitapunya.net – Manusia menciptakan peralatan guna membantu dalam kehidupannya, pada zaman pra-aksara manusia purba menciptakan berbagai alat serbaguna yang berasal dari batu atau tulang. Peralatan yang sangat sederhana ini mereka gunakan untuk menusuk binatang atau menggali tanah saat mencari umbi-umbian.  

Pada 600 ribu tahun yang lalu, diperkirakan berlangsungnya zaman batu tua bersamaan dengan zaman Neozoikum. Para ahli mengungkapkan bahwa nama zaman batu tua diberikan karena hasil dari keudayaan di zaman batu tersebut adalah peralatan-peralatan yang terbuat dari batu yang bentuk dan fungsinya masih sangat sederhana dan kasar.  

Zaman batu tua ini dibagi menjadi dua yaitu kebudayaan pacitan dan kebudayaan ngandong. Setelah itu kemudian terjadinya revolusi yang memuat peralatan-peralatan dari batu tersebut bentuknya leih sempurna, dan memiliki karakteristik tersendiri.

Baca juga : Bagaimana manusia purba zaman pra-aksara bertahan hidup?

Beberapa Alat Serbaguna Dari Batu Yang Di Buat Manusia Purba pada Zaman Batu

Penasaran dengan peralatan-peralatan tersebut? Simaka aja artikel berikut ini sampai habis !    

1. Kapak Perimbas dan Pahat Genggam

Kapak perimbas berbentuk agak runcing namun masih berbentuk yang kasar (belum spesifik) tergantung dari kegunaan kapan tersebut. Kapak ini ditemukan di sungai Baksoka dekat punung oleh von Koeningwald pada tahun 1935.  

alat dari batu zaman yang dibuat manusia purba

Kapak perimbas oleh manusia purba digunakan sebagai alat untuk menggali tanah pada saat mencari makan berupa umbi-umbian, kapak genggam yang bentuknya runcing digunakan untuk menusuk binatang uruan.   

2. Kapak Penetak (Chopping Tool)

Di pacitan juga ditemukan alat penetak (chopper) yang merupakan sebuah batu yang dipangkas pada permukaan bagian atas dan bagian bawahnya, fungsi kapak penetak adalah untuk merimbas kayu-kayu akar, dagaing dan tulang. Selain itu juga berfungsi sebagai cangkul untuk menggemburkan tanah sebelum ditanami tanaman (biar subur).  

3. Flake

Flake adalah sejenis kapak genggam yang terbuat dari batu, kapak ini ditemukan di Sangiran. Bentuknya indanh seperti kalsedon (mirip batu akik sih menurutku jika dilihat di internet).  

4. Kapak Peble/Kapak Sumatra

Peble juga merupakan sejenis kapak genggam yang ditemukan oleh seorang peneliti bernama on Stein Callenfals pada tahun 1925, pebble ini juga sering disebut sebagai kapak Sumatra karena ditemukannya di pantai Sumatra Timur. Kapak ini memiliki sedikit peredaan dengan kapak yang ada pada zaman Paleolitikum.    

5. Batu Pipisan

Adalah sejenis alat serbaguna, bila di Sumatra digunakan untuk alat penggilin. Di Jawa batu pipisan ini berguna untuk menumbuk dan menghaluskan jamu-jamuan.

batu pipisan / kapak genggam

6. Kapak Persegi

Kapak persegi sebuah alat dari batu yang bentuknya persegi panjang dengan berbagai macam ukuran sesuai dengan kegunaannya ada yang besar dan ada yang kecil, penamaan ini pertama kali dilakukan oleh seorang peneliti bernama Von Heine Goldern.  

Di berbagai daerah seperti Jawa kapak persegi yang berukuran besar sering disebut dengan pacul (cankul), ada juga yang menyebutnya sebagai beliung.   Kapak persegi dari batu ini ada juga yang sudah diberi gagang untuk memudahkan penggunannya, bentuk-bentukannya mirip lah dengan cangkul yang kita kenal saat ini. Bedanya hanya terbuat dari batu saja.

kapak persegi

Sementara itu kapak persegi yang memiliki ukuran kecil, sering disebut dengan tarah atau tatah. Kapak ini banyak tersebar di Indonesia bagian barat seperti Sumatra, Jawa dan Bali.  

7. Kapak Lonjong

Sesuai dengan namanya kapak ini berbentuk lonjong hampir mirip dengan bentuk bulat telur. Salah satu ujung yang lancip ditempatkan tangkai, sementara yang lain diasah sampai tajam.

Kapak ini juga memiliki berbagai ukuran sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Walzenbeil adalah nama lain untuk kapak lonjong yang berukuran besar, sementara kapak yang berukuran kecil disebut dengan kleinbeil.    

Kapak dari batu ini digunakan oleh manusia purba yang bermukim di Kepulauan Indonesia bagian timus seperti Papua, Seram dan Minahasa.  

8. Alat-alat Lain

Selain alat-alat serbaguna dari batu yang diatas, manusia purba di zaman batu juga menggunakan batu sebagai perhiasan seperti gelang, cincin dll. Alat yang lain seperti gerah atau tembikar juga ada yang dari batu.

perhiasan batu

Demikian artikel tentang Beberapa Alat Serbaguna Dari Batu Yang Di Buat Manusia Purba pada Zaman Batu. Semoga bermanfaat :).

Baca juga : Kapan manusia purba mengenal api?

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.