Apa Nama Kerajaan Hindu-Budha Pertama di Indonesia?

Kitapunya.net, Apa Nama Kerajaan Hindu-Budha Pertama di Indonesia? - Dulu negara kita terdiri dari berbagai kerjaan, munculnya kerajaan-kerajaan ini salah satunya karena adanya kesamaan dalam hal kepercayaan (agama). Dulu sebelum agama Hindu dan Budha masuk ke-Indonesia, masyarakat mempercayai adanya keyakinan terhadap suatu benda dan leluhur, kepercayaan tersebut sering kita sebut dengan kepercayaan animisme dan dinamisme.

Hingga kemudian masyarakat kita menerima kepercayaan Hindu Budha yang banyak berasal dari negara India. Setelah itulah kemudian muncul kerajaan Hindu-Budha. Walaupun setelah bertahun-tahun kemudian, kerajaan Hindu Budha ini runtuh dan digantikan oleh kerajaan-kerajaan Islam akibat masuknya kepercayaan Islam di Indonesia. 

Lalu, kira-kira kerajaan hindu-budha mana yang menjadi kerajaan pertama di Indonesia? Penasaran, ini saya tulis karena sebagian ada yang bertanya tentang masalah ini.

Pertanyaan : 
1. Apa Nama Kerajaan Hindu-Budha Pertama di Indonesia?
2. Siapa raja yang paling terkenal di Kerajaan Kutai?
3. Sumber sejarah kerajaan kutai disebut dengan apa? Jelaskan !

Jawab :
1. Kerajaan Hindu Budha Pertama di Indonesia
Sejarah mencatat bahwa kerajaan Hindu-Budha pertama di Indonesia adalah Kerajaan Kutai, yang terletak di daerah Muarakaman di tepi sungai Mahakam Kalimantan Timur. Sungai Mahakam adalah sungai yang lumayan besar dan mempunyai beberapa anak sungai yang berada di Pulau Kalimantan.

Dengan terletak di sungai Mahakam yang lumayan luas, sungai ini dapat dijadikan sebagai jalur air dari pantai menuju pusat kerajaan Kutai. Adanya kemudahan akses melalui jalur ini menjadi kelebihan dari kerjaan kutai, karena dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dan distribusi kebutuhan kerajaan. Hal ini membuat perekonomian rakyat kerjaan Kutai meningkat

2. Raja Kutai : Raja Mulawarman
Kerajaan kutai dipimpin oleh seorang raja bernama Raja Mulawarman yang berhasil dalam membangung kerajaan ini.

3. Sumber Sejarah Kerajaan Kutai : Yupa
Sumber sejarah kerjaan kutai diseut dengan Yupa, yang merupakan sebuah batu bertulis yang berisi mengenai perkembangan kerajaan kutai. Yupa juga merupakan sebuah tugu peringatan dari upacara kurban. 

Prasasti Yupa Sebagai Sumber Sejarah Kerajaan Kutai
Prasasti Yupa Sebagai Sumber Sejarah Kerajaan Kutai


Yupa adalah prasasti yang sangat berharga, karena menyimpan ilmu sejarah yang sangat luas. Prasasti ini ditulai dengan bahasa sanskerta dan huruf pallawa. Prasasti ini ditulis dan dikeluarkan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Para ahli berpendapat bahwa yupa ini ditulis kurang lebih pada abad ke -5 M, hal itu berdasarkan penelitian dari bentuk hurufnya yang kemungkinan berkembang di abad ke-5 M.

Demikian artikel mengenai Apa Nama Kerajaan Hindu-Budha Pertama di Indonesia?. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga : Mengungkap Sejarah Manusia Wajak

Belum ada Komentar untuk "Apa Nama Kerajaan Hindu-Budha Pertama di Indonesia?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel