Ras Negrito dan Weddid, Asal Usul Nenek Moyang Indonesia Part 3

Kitapunya.net, Ras Negrito dan Weddid, Asal Usul Nenek Moyang Indonesia Part 3 - Melanjutkan artikel sebelumnya yang juga sama-sama membahas mengenai asal usul nenek moyang Indonesia. Ada beberapa ras yang menjadi nenek moyang Indonesia, diantaranya adalah bangsa melayu muda dan bangsa melayu tua yang kemudian kita sebut sebagai proto melayu dan deutro melayu.

Bangsa melayu tersebut merupakan pendatang yang bermigrasi ke kepulauan Indonesia. Jauh sebelum bangsa melayu datang, di Kepulauan sudah ada ras melanesoid yang merupakan penduduk asli kepulauan Indonesia.

Selain bangsa melayu yang bermigrasi ke Kepulauan Indonesia, ada juga ras lain yang turut datang ke Kepulauan Indonesia dan menetap disini. Ras tersebut adalah Negrito dan Weddid. 

Dari namanya memang sudah terlihat, bahwa ras ini memiliki ciri yang hampir sama dengan Negro atau manusia yang memiliki kulit warna hitam. Nama Negrito merupakan julukan yang diberikan oleh bangsa Spanyol.

Ras Negroid
Ras Negroid
Sementara Weddid terdiri dari orang-orang dengan kepala mesocephal dan letak mata yang dalam, sehingga nampak seperti berang. Orang weddid memiliki kulit yang coklat tua dengan tinggi rata-rata untuk laki-lakinya adalah 155 cm.

Weddid merupakan ras jenis Wedda yang asalnya dari Pulau Ceylon (Srilanka). Orang-orang weddid di kepulauan Indonesia tersebar sangat luas, seperti di Palembang, Jambi, di Sulawesi pojok tenggara (Toala, Tokea dan Tomuna).

Periode Migrasi Berabad-abad
Nenek moyang Indonesia tidak hanya berasal dari penduduk asli atau lokal saa, tetapi juga dari pendatang. Pendatang ini bermigrasi ke Indonesia untuk menemukan kehidupan yang lebih baik.

Proses bermigrasi ini berlangsung berabad-abad, dan kemungkinan mereka berasal dari satu kelompok ras yang sama dan dengan budaya yang sama pula. Mereka itulah nenek moyang orang Indonesia saat ini.

Di Kepulauan Indonesia saat ini terdapat sekitar 170 bahasa, bahasa tersebut adalah bahasa Austronesia (Melayu-Polinesia).

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli arkeologi, genetika dan bahasa, ternyata asal usul nenek moyang Indonesia berasal dari persamaan budaya, bahasa dan dua atau lebih populasi keturunan. Teori yang menjelaskan tentang hasil penelitian ini disebut dengan Teori Out of Africa dan Out of Taiwan. 

Tunggu penjelasan di artikel asal-usul nenek moyang Indonesia Part 4 yaa guys. Thanks. Baca juga : Mengapa manusia purba banyak yang tinggal di tepi sungai?

Belum ada Komentar untuk "Ras Negrito dan Weddid, Asal Usul Nenek Moyang Indonesia Part 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel