Perbedaan Octa Core dan Quad Core

Semakin baru versi dari smartphone yang dikeluarkan, maka akan semakin tinggi versi dari processor yang digunakan. Kemudian pasti Anda akan bertanya mengapa perkembangan dari teknologi seputar processor terjadi dengan sangat pesat. Hal itu dikarenakan kebutuhan untuk berkompetisi antar perusahaan smartphone untuk dapat semakin menghemat daya dan baterai. Processor dengan kinerja yang baik akan mampu memproses segala macam tugas dan software dengan sangat cepat, sehingga memungkinkan untuk melakukan penghematan daya secara besar-besaran.

Maka dari itu, Anda pasti akan bertanya-tanya apakah mungkin Quad-core lebih tidak canggih dibandingkan dengan Octa-core. Untuk mengetahui lebih banyak perbedaan Octa-core dan Quad-core dapat Anda simak berikut:

Perbedaan dan Fakta Penting Seputar Octa-core dan Quad-core pada Smartphone

Ada banyak sekali fakta yang tidak banyak orang awam ketahui mengenai processor dan juga kinerjanya dalam hal smartphone. Fakta-fakta seputar Octa-core dan Quad-core dalam hal kinerja pada smartphone:

Perbedaan Octa Core dan Quad Core
Perbedaan Octa Core dan Quad Core; sumber : jalantikus.com

1. Kinerja dari Octa-core bukan berarti dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Quad-core.
Ini semua bukan tentang angka, jika terkait dengan processor. Jadi misalkan jika ada smartphone yang dilengkapi dengan Octa-core akan menjadi 2 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan smartphone yang hanya dilengkapi dengan Quad-core. Contoh lainnya adalah yang terdapat dalam iPhone 7 dengan iPhone 6.

Bukan berarti iPhone 7 akan memiliki kecepatan memproses software sebanyak dua kali dari iPhone 6. Kenyataannya adalah iPhone 7 memiliki kinerja 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 6. Peningkatan kecepatan seperti itu sudah termasuk sangat mengagumkan bagi perkembangan dunia processor. 

2. Kinerja berbeda berkat teknologi yang berbeda
Processor Octa-core didukung oleh teknologi ARM yang disebut dengan big.LITTLE. Sebenarnya pembuatan teknologi ini telah lama ada dan pertama kali di rilis pada tahun 2011. Processor ini memiliki 4 inti yang digunakan untuk memproses berbagai tugas yang tidak berat, seperti mengirim pesan, menerima pesan, dan browsing di internet. Bagian tersebut hanya membutuhkan daya yang sedikit.

Sedangkan 4 inti lainnya akan digunakan saat pengguna melakukan berbagai aktivitas, seperti streaming video dan memainkan game dengan grafis yang tinggi. Namun, kenyataan yang sering terjadi pada Octa-core adalah ketika penggunanya melakukan browsing atau bermain game, baterai yang digunakan akan tetap lebih cepat habis bila dibandingkan hanya mengirim-menerima pesan atau melakukan browsing.

Sedangkan pada Quad-core, processor ini sangat tidak cocok ditujukan untuk digunakan bermain game yang memiliki grafis sangat bagus alias 3D. Bisa-bisa smartphone tersebut akan macet.

3. Perkembangan Processor Kurang Diimbangi dengan Perkembangan Kapasitas Baterai
Dengan adanya Octa-core sebagai processor di smartphone, maka ada banyak sekali masyarakat yang dapat menikmati dunia hiburan game dengan kualitas grafis yang lebih sempurna. Hanya saja memang, penggunanya akan tetap mengalami kendala berupa baterai yang habis sebelum 24 jam.

Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan processor yang pesat tidak didukung dengan perkembangan yang berarti dalam hal kapasitas baterai. Jadi tetap disarankan, jika ingin bermain game atau melakukan menonton video dalam waktu yang sangat lama sebaiknya jangan lewat smartphone, melainkan lewat laptop atau komputer.


Jadi itu semua adalah perbedaan Octa-core dan Quad-core. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Perbedaan Octa Core dan Quad Core"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel