Penyebab Tidak Bisa Buka Video Di Youtube, Restricted Mode

Penyebab Tidak Bisa Buka Video Di Youtube, Restricted Mode Pakai Indosat dan Telkomsel

Diposting pada 3,934 views

Penyebab Tidak Bisa Buka Video Di Youtube, Restricted Mode Pakai Indosat dan TelkomselYogyakarta, kitapunya.net Akhir-akhir ini banyak sekali yang menanyakan, bang kenapa kok ngga bisa buka video di youtube. Katanya ada pesan “this video is restricted”, kan bikin kesel. Bahkan video iklan traveloka saja tidak bisa dibuka.  

Memang masyarakat banyak yang mengeluhkan, rata-rata mereka yang menggunakan provider indosat dan telkomsel. Di twitter pun banyak yang langsung menanyakan kepada indosat ooredoo care, “kak kenapa akun youtube saya dibatasi? tidak bisa buka video youtube yang biasa saya buka?”  

Pihak indosat pun membenarkan hal demikian, dan itu disebabkan karena peraturan pemerintah yang mengharuskan untuk semua internet service provider (ISP) agar mengaktifkan safe mode. Ini adalah langkah pemerintah dalam memblokir situs d*wasa dan menghapus gambar atau konten-konten yang tidak layak tonton di pencarian google.   

Tidak bisa buka video di youtube

    Setidaknya sejak tanggal 7 Agustus kemarin, peraturan ini mulai diberlakukan. Bukan tidak mungkin nantinya semua provider memberlakukan safe mode.   

Tentu saja akan banyak protes yang muncul, karena pembatasan ini tidak pandang-pandang bulu. Video yang tidak tergolong konten d*wasa pun juga ikut dibatasi. Ya seperti saya bilang, video iklan traveloka, beberapa vlog sampai video klip nella kharisma pun ikut tidak bisa dibuka.   Saya mendukung sepenuhnya pemblokiran situs-situs d*wasa, tapi semoga saja pemerintah lebih bijak lagi, pihak ISP pun diharapkan dapat memperbaiki safe mode yang diberlakukan. Terutama di youtube, karena pembatasannya menurut saya salah sasaran. Video yang aman-aman saja masih terkena restricted mode, seharusnya video yang benar-benar vulgar saja yang diblokir.  

Ini juga terjadi pada website-website yang dengan SSL blogger juga menjadi korban. Jadi banyak korban dari pemberlakuan safe mode. Yaa harapannya diperbaiki lah, agar video-video yang baik-baik dan website yang baik-baik tidak turut menjadi korban.  

Cara Mengatasi Video Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka

Bila penyebabnya karena restricted mode dari provider, maka itu tidak bisa di nonaktifkan. Alternatif lain dapat menggunakan setting vpn atau dns luar, atau bisa juga menggunakan broswer opera untuk pemakai dekstop.   Lihat : Ini Solusi Tidak Bisa Buka Video di Youtube

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.