Gempa 7 SR Mengguncang Lombok, Ini Himbauan Dari BMKG

Jakarta, Kitapunya.net - Gempa baru saja mengguncang tanah lombok dan bali dengan magnitudo 7 SR, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) mengungkapkan bahwa pusat gempa berada di lereng Gunung Rinjani, NTB. 

"Tepatnya berlokasi di darat pada lerang utara timur laut Gunung Rinjani pada jarak 18 kilometer arah barat laut Lombok Timur pada kedalaman 15 kilometer," ujar Dwikorita dalam konferensi pers di gedung BMKG, Jakarta, Minggu (5/8/2018) malam. 

BMKG mengungkapkan bahwa gempa yang baru saja terjadi tergolong dalam gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh patahan naik, dan merupakan gempa bumi utama dari rangkaian gempa pendahuluan. Jadi gempa yang terakhir ini adalah yang paling besar, dan yang paling utama dengan rangkaian gempa. Flasback kembali, lombok juga diguncang gempa pada tanggal 29 Juli 2018 yang lalu. 

Gempa 7 SR Mengguncang Lombok, Ini Himbauan Dari BMKG
Kepanikan saat terjadi gempa, pasien rumah sakit dibawa keluar. Sumber : kompas.com


 "Mengingat pusat gempanya sama dengan gempa bumi yang terjadi tanggal 29 Juli 2018 lalu maka BMKG menyatakan gempa bumi ini merupakan gempa bumi utama, atau main shock dari rangkaian gempa bumi yang terjadi sebelumnya," kata dia. 

BMKG menyatakan masyarakat yang sebelumnya telah mengungsi ke dataran tinggi sudah bisa kembali ke pemukiman asalnya. Mengingat, peringatan tsunami yang sebelemnya dikeluarkan oleh BMKG sudah dicabut.

Hanya saja harus tetap waspada, terutama masyarakat harus menjauhi bangunan-bangunan yang retak dan miring, serta berpotensi untuk roboh. Sementara yang masih utuh, aman untuk ditinggali kembali.

Sebelumnya BMKG menyatakan gempa yang terjadi di lombok dapat berpotensi menimbulkan tsunami di Lombok Barat bagian utara dan pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status waspada. Dan menghimbau kepada masyarakat untuk menjauh dari pantai. Tapi peringatan itu sudah dicabut, dan Lombok sudah aman dari tsuami.

Berdasarkan data dari BMKG gempa kali ini merata, gempa paling terasa dirasakan oleh masyarakat di Pulau Lombok, hingga membuat semua orang panik dan berhamburan keluar. Sebagian desa pun mengalami listrik padam. Gempa juga sampai terasa di Pulau Sumbawa, Pulau Bali hingga Jawa Timur bagian Timur. 

Sampai berita ini ditulis, data sementara korban meninggal hingga 80 orang. Dan ratusan orang mengalami luka-luka.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), intensitas gempa di Kota Mataram VII MMI, Karangasem VI MMI, Ubud V MMI, Denpasar IV MMI, Kuta IV MMI, Tabanan V MMI, Singaraja III MMI, Negara IV MMI, Banyuwangi III MMI, Jember III MMI, dan Malang II MMI.
"Turut berduka cita untuk para korban gempa di lombok". Atas nama keluarga kitapunya.net

0 Response to "Gempa 7 SR Mengguncang Lombok, Ini Himbauan Dari BMKG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel