Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Biasanya Tinggal? Pola Hunian dan Corak Kehidupan Masyarakat Pra-Aksara

Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Tinggal? Pola Hunian dan Corak Kehidupan Masyarakat Pra-Aksara - Manusia purba sangat identik dengan sejarah manusia, sampai-sampai banyak perdebatan yang terjadik karena berbagai penelitian yang menemukan fakta-fakta baru.

Diantara perdebatan sejarah antara lain tentang evolusi manusia atau teori darwin yang mengatakan manusia dulunya berasal dari kera. Ini yang kemudian banyak yang menentang. Tapi, sekarang ini kita bukan membicarakan hal tersebut. Fokus kita kali ini adalah pola hunian dari manusia zaman pra-aksara.

Pada zaman sebelum manusia mengenal tulisan, kondisinya tentu sangat berbeda dengan yang kita rasakan. Dimana zaman dulu manusia mengandalkan alam untuk mempertahankan hidupnya, dan teknologi pun belum ada.

Akibat bergantung dengan alam inilah, kemudian membentuk pola kehidupan manusia zaman pra-aksara. 
Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Biasanya Tinggal? Pola Hunian dan Corak Kehidupan Masyarakat Pra-Aksara 
Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Biasanya Tinggal?
Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Biasanya Tinggal?
Pola hunian zaman pra-aksara umumumnya memiliki karakter khas, artinya di berbagai daerah juga memiliki pola hunian dengan karakter yang sama. Karakter khas tersebut antara lain :
1. Kedekatan dengan sumber air
2. Kehidupan di alam terbuka

Manusia zaman pra-aksara biasanya akan bertempat tinggal di tempat yang dekat dengan sumber air seperti danau, mata air, sungai dll. Ini juga yang menjadi alasan mengapa para peneliti lebih banyak meneliti manusia purba di dekat sungai.

Seperti yang saat ini ada di museum trinil, penemuan Phitecanthropus yang ditemukan di pinggiran sungai bengawan solo.

Kita bisa membayangkan, mengapa manusia memilih tempat tinggal yang dekat dengan sumber air, adalah karena air memiliki fungsi yang paling ital dalam kehidupan manusia. Air adalah sumber kehidupan, dengan air kita bisa minum dan memasak untuk membuat makanan. Baca lebih lanjut : Mengapa manusia purba banyak yang tinggal di tepi sungai?

Sementara itu bila manusia tinggal di pinggir sungai, karena sungai sebagai sumber air, sumber irigasi, sumber makanan dan dijadikan sebagai jalur transportasi juga.

Sementara itu manusia purba juga tinggal di alam terbuka, biasanya mereka mencari gua-gua untuk berlindung dari cuaca.

Belum ada Komentar untuk "Dimana Manusia Zaman Pra-Aksara Biasanya Tinggal? Pola Hunian dan Corak Kehidupan Masyarakat Pra-Aksara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel