Dalil Perintah Sholat Jum'at dalam Al Qur'an

Dalil Perintah Shalat Jum'at dalam Al Qur'an - Shalat jum'at adalah shalat yang wajib dilaksanakan oleh para kaum adam, di dirikan setiap hari jum'at pada waktu sama seperti sholat dzuhur.

Bedanya sholat jum'at lebih kompleks dan dilakukan secara bersama-sama dalam satu waktu, serta harus secara berjamaah. Berbeda dengan sholat dzuhur yang boleh dikerjakan secara sendiri (munfarid). 

Kalau sholat jum'at tidak bisa, karena didalamnya ada rukun dua khutbah dan sholatnya pun hanya dua rekaat. Lalu definisi dari sholat jum'at apa sih?
Sholat Berjamaah
Sholat Berjamaah

Pengertian Sholat Jum'at

Sholat jum'at adalah sholat dua rekaat yang dilaksanakan secara berjamaah pada waktu sholat dzuhur di hari jum'at, serta dilakukan setelah dua khotbah.

Hukum sholat jum'at adalah fardhu 'ain alias wajib untuk dilaksanakan bagi kaum laki-laki, bahkan dalam sebuah hadits dikatakan bahwa orang yang sengaja tidak sholat jum'at 3 kali berturut-turut dan dengan disengaja maka ia sudah keluar dari Islam.

Seperti dalam pengertian diatas, sholat jum'at dilakukan secara berjamaah, dan tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri. Sholat jum'at juga ada rukun-rukunnya dari mulai mengucap salam, adzan hingga rukun khutbah jum'at juga ada, terus sampai pada sholat jum;atnya yang terdiri dari dua rekaat. 

Dalil Perintah Sholat Jum'at dalam Al Qur'an


Dalil perintah tentang sholat jum'at ada pada Qur'an Surah Al-Jumu'ah yang merupakan surah ke 62, pada ayat yang ke 9. Yang artinya adalah sebagai berikut : 

“ Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat di hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli.” (Q.S. al-Jumu’ah/62: 9)

Sudah tahu kan tentang dalil perintah sholat jum'at dalam AL-Qur'an, selanjutnya akan kita bahas tentang aturan dan tata cara pelaksanaan sholat jum'at.

0 Response to "Dalil Perintah Sholat Jum'at dalam Al Qur'an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel