5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia

Yogyakarta, Kitapunya.net - Siapa nih yang pengen gedhenya jadi pilot? Ituu loo orang yang jadi sopirnya kapal. Lhoo kok kapal? Bukannya kapal itu masinis ya? Hihhh, kapal itu nahkoda. Dan pilot itu memang sopirnya kapal, kapal terbang atau yang biasa kita sebut dengan pesawat.

Ngomong-ngomong tentang sopirnya pesawat terbang, pilot menjadi profesi sopir yang paling elit ketimbang sopir-sopir yang lain. Tidak hanya gajinya yang besar, tapi juga kehormatan dan kewibawaan juga hadir dalam diri seorang pilot.

Apalagi bisa keliling dan menjelajah duniah, duhh jadi pengen jadi pilot dah ah. Kalau dari informasi dari berbagai sumber, gaji seorang polot memang fantastis. Tak heran, banyak yang pengen jadi pilot. Btw berapa sih gaji seorang pilot? Kita ngobrol dikit ya masalah gaji seorang pilot, sebagai pengetahuan aja. Siapa tahu agan-agan ini jadi tertarik untuk jadi pilot 😂

Gaji seorang pilot yang masih pemula (awal karier) bisa mencapai Rp 30 juta/bulannya, sedangkan untuk yang standar bisa mencapai 40 juta hingga 50 juta pertahunnya. Fantastis kan ? 😁 Apalagi kalau yang senior yang bisa mengantongi 100 hingga 150 juta/bulan.

Itu baru gaji pokok lhoo ya, masih ada tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan kesehatan, asuransi personal, BPJS, penghargaan masa kerja dan masih banyak lagi dah.

Tapi ya itu, untuk jadi pilot juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia sendiri, sudah memiliki sekolah-sekolah terbaik dan andalan yang meluluskan putra-putri terbaik bangsa sebagai pilot yang kompeten dan profesional. Sekolah penerbangan tersebut menjadi tempat belajar para pilot tentang mengemudikan pesawat terbang. Penasaran kan dengan 5 sekolah itu? Simak aja artikel ini sampai tuntas :

5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia

1. Deraya Flying School
Deraya Flyng School
Deraya Flyng School, sumber : deraya.co.id
Deraya Flying School adalah sekolah penerbangan yang berada di Jakarta Timur, menjadi salah satu sekolah penerbangan unggulan karena rekam jejaknya yang baik. Sekolah ini sudah berumur 46 tahun yang didirakan sejak tahun 1972. Berdasarkan website resminya di www.deraya.co.id untuk biaya pendaftarannya saja Rp 6 juta, kalau biaya training private pilot license disana juga di informasikan biayanya sekitar 295.00.000. Admin juga kurang paham masalah biaya ini, selengkapnya bisa dicek langsung aja deh di www.deraya.co.id.

2. Bali International Flight Academy (BIFA)
Bali Flight Academy
Bali Flight Academy
Sesuai dengan namanya, sekolah penerbangan ini berada di Pula Bali dengan luas kawasannya sekitar 7 hektar, lebih tepatnya bertempat di kawasan Air Strip Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Sekolah yang kantor pusatnya ada di jakarta ini sudah diakui secara Internasional dengan tahap 3 pembelajaran dan pelatihan bagi pilot dalam rangka memenuhi persyaratan seperti DGCA (Directorate General of Civil Aviation) dan ICAO (International Civil Aviation Organization).

BIFA ini juga sudah memiliki fasilitas yang berstandar internasional. Buat kamu yang pengen jadi pilot dan menempuh pendidikan di BIA ini pastikan berlatih dan belajar sungguh-sungguh yaa, karena tentu saja untuk masuk ke sekolah ini harus melewati seleksi yang sangat ketat.

Sekolah ini telah bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia dan pernah dinobatkan sebagai salah satu sekolah penerbangan terbaing di ASIA.

3. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI CURUG).
SPTI Curug
SPTI Curug

SPTI Curug adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan Indonesia. Sekolah ini adalah salah satu sekolah terbaik dan eklusif, karena setiap tahunnya hanya meluluskan 20 lulusan saja dan itupun merupakan lulusan terbaik dan sudah lolos seleksi.

Dengan berlokasi di Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten tentu saja sangat strategis tempatnya, ada 4 jurusan yang dibuka diantaranya adalah penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan dan manajemen penerbangan.

4. Nusa Flying International
Nusa Flying International
Nusa Flying International

Telah berdiri sejak tahun 2008, Nusa Flying Internasional merupakan sekolah penerbangan yang saat ini bekerja sama dengan Lion Air. Karena itu lulusannya juga akan direkrut oleh maskapai Lion Air itu sendiri.

5. Aero Flyer Institute.
Aero Flyer Institute
Aero Flyer Institute
Aero Flyer Institute menjadi sekolah penerbangan tertua kedua yang ada di Indonesia, didirikan pada tahun 2006 silam dan berada di bawah naungan maskapai Batavia Air, saat ini ada 3 area yang dijadikan sebagai tempat pelatihan penerbangan yaitu Bandara Budiarto Tangerang, Bandara Cakrabhuwana Cirebon, dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. 


Gimana nih gan, sudah punya arah mau ke sekolah penerbangan yang mana? Setiap sekolah penerbangan pasti ada yang diungulkan dan ada kekurangannya. Yang terpenting adalah kesiapan agan dalam meraih cita-cita itu, namanya pilot fisik dan otak juga harus prima. Makan-makanan yang bergizi, jangan merokok, jangan minum alkohol dan rajin-rajin berolahraga. Dan yang paling penting, harus rajin nabung gan, wkwk. 

Demikian artikel tentang 5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia, semoga kita selalu diberi kemudahan dan kelancaran, Aamiin. 

0 Response to "5 Sekolah Penerbangan Untuk Pilot Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel