Tingkatkan WEB Securitymu Demi Kelancaran Bisnismu + Kupas Tuntas SSL Certificates

Selamat datang di kitapunya.net yang pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu aspek penting dalam membangung bisnis melalui media online terutama website, aspek penting tersebut adalah web security atau keamanan website. Kita nanti juga akan membahas tuntas mengenai SSL Certificates yang merupakan salah satu bagian utama dari web security.  Nah mungkin kalian masih awam dan bingung kali ya dengan SSL ini, tapi tenang nikmati dulu kebingungan kalian dengan membaca pengantar berikut ini, kita akan bahas secara tuntas kok dalam artikel ini, yang penting stay tune dan baca sampai dasar-dasarnya.

Perkembangan teknologi khususnya dalam konteks internet membuat pengembangan pelayanan di berbagai sektor meningkat dan mengarah ke arah digital. Seperti dalam jual beli ada e-commerce, dalam pendidikan ada e-learning, dalam perbankan ada e-banking, dan dalam pelayanan pemerintah juga ada e-goverment.

Lagipula saat ini bisnis berbasis online juga berkembangnya sangat pesat, media-media online dan blogger memanfaatkan website untuk menyediakan informasi yang dapat diakses oleh pengguna internet. Tapi dibalik menyediakan informasi itu, ada faktor bisnis yang menjadi alasannya. Iyaa lah, dibalik trafic yang besar ada rupiah yang jadi tujuan utumanya, he he.

Tingkatkan WEB Securitymu
Tingkatkan WEB Securitymu
Tapi ketahuliah kesemua itu membutuhkan domain, hosting, sampai pernak-perniknya untuk menciptakan suatu layanan yang top markotop dan aman. Sekarang kita coba mulai pembicaraan kita dengan membahas salah satu pernak-perniknya yaitu tentang seberapa penting web security untuk sebuah bisnis berbasis website. 

Pentingnya Web Security Untuk Kelancaran Bisnismu
Jika kamu termasuk orang yang update, kamu pasti pernah mendengan website-website resmi pemerintah yang terkena hack, tiba-tiba blank atau di inject dengan iklan yang ngga jelas jelas. Atau website kamu sendiri pernah di hack, atau pernah di inject iklan yang ngga jelas seperti website saya yang dulu, jadi ketika membuka website tiba-tiba muncul iklan pop ads yang tidak tahu dari mana asalnya. Kamu pernah mengalaminya? Jika pernah, coba ceritakan sedikit di komentar yaa :)

Yang baru-baru ini, saya sempat mengunjungi website Ditjen Pajak Indonesia di pajak.go.id untuk mengikuti sebuah writing competition untuk Mahasiswa. Apa yang terjadi? Aneh bin nyata website milik pemerintah ada iklan pop ads yang sangat menganggu, ditambah terkadang juga ngga muncul halaman webnya, hanya kosong dan perlu di refresh. 

Situs KPU Yogyakarta Terkena Hack
Situs KPU Yogyakarta Terkena Hack
Memang banyak kasus situs resmi pemerintah yang terkena hack, entah hackernya yang terlalu cerdas atau karena web securitynya kurang jempolan. Berdasarkan beberagai sumber yang saya peroleh, deratan situs resmi seperti setkap.go.id, kpai.go.id, KPU Yogyakarta, dan bahkan situs Kementrian Komunikasi dan Informasi (kominfo) Indonesia pun juga pernah merasakan sakitnya di hack.

Kita sebagai pemilik website tentu tidak mau terkena hack, bahkan mimpi buruk pun tak mau. Disinilah peran web security untuk menghindarkan dari para hacker. So, Kesimpulan pertama tentang pentingnya web security untuk bisnismu adalah terhindar dari hack. 

Baru-baru ini blogger.com menyarankan para pemilik blog di platformnya untuk menggunakan jenis protokol HTTPS. Itu juga karena adanya tuntutan untuk meningkatkan keamanan situs web dari para ahli cyber network dunia. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir berbagai kasus penyadapan data-data penting yang sangat-sangat merugikan seperti data konsumen, data pasien kesehatan, data nasabah dan lain sebagainya. Hal itu juga digunakan untuk melindungi user dari adanya malware yang sangat membahayakan perangkat user. Bila kita berkunjung ke website, akan muncul tanda "gembok" di sebelah kiri addres bar. Itu adalah salah satu ciri website yang menggunakan HTTPS dan sudah secure connection yang akan kita bahas nanti dalam SSL Certificates. Maka dari itu kita bisa menyimpulkan bahwa website dengan HTTPS atau sudah secure connection akan terlihat lebih profesional dan dipercaya oleh user. Bisnis kita pun akan terlihat lebih profesional dan terpercaya di mata user.

So, kesimpulan kedua dan ketiga tentang pentingnya web security adalah keamanan user dari berbagai malware atau virus dan meminimalisir berbagai kasus penyadapan data.

Search engine akan membaca setiap website yang dijelajahinya, dan bisa membaca website mana saja yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi usernya dari mulai loading yang cepat hingga proteksinya yang baik. Satu keuntungan bagi mereka yang menerapkan web security adalah mendapat predikat baik di mata search engine (Kesimpulan keempat). Sehingga akan memudahkan kita dalam mengoptimasi website kedalam search engine, agar mendapatkan ranking baik di serp yang berimbas meningkatkan omset bisnis yang kita jalani. 

Tips Memilih Tempat Beli Domain dan Cloud Hosting Untuk Kelancaran Bisnismu
Salah satu faktor terpenting sebelum memutuskan untuk membeli domain dan hosting adalah dimana kita membelinya, pasalnya banyak sekali website yang menyediakan domain register dan layanan hosting dengan berbagai pilihan paket. Pasalnya, kesalahan dalam memilih tempat layanan hosting dapat berakibat fatal bagi website tempat bisnismu, masalahnya hosting adalah tempat menyimpan segala data yang ada di website. Ketika servernya memiliki keaman rendah, tentu saja akan merugikan kita bila kena hack. Belum lagi bila kita salah memilih tempat layanan hosting yang ternyata servernya sering error atau down, tentu user atau customer kita sedikit demi sedikit akan menjauh dari web yang kita miliki + kapok berkunjung ke website kita.

Memilih Tempat Beli Domain dan Cloud Hosting
Memilih Tempat Beli Domain dan Cloud Hosting
Tentu ini tidak kita harapkan bila kita ingin memiliki bisnis yang lancar, maka dari itu tempat pembelian domain dan hosting menjadi sangat penting untuk kita bahas demi kelancaran bisnis kita. Apa saja tips dalam memilih tempat pendaftara domain dan pembelian hosting? Pokoknya pantengin terus artikel ini ya guys :).

1. Harga Terjangkau + Diskon Menarik
Ini menjadi salah satu pertimbangan yang mungkin paling dominan. Pilihlah layanan register domain dan paket hosting dengan harga yang terbaik. Sesuaikan dengan budgetmu lah pokoknya. Untuk menekan biaya pilihlah paket yang menarik dengan tambahan domain gratis, seperti pada dewaweb.com.

2. Support Memuaskan
Selain harga, support juga patut kamu pertimbangan. Pilihlah layanan pembelian domain dan hosting yang supportnya bagus, misal support 24 jam di memiliki layanan yang ramah dan baik.

3. Rating dan reputasi baik di internet
Yang juga perlu kamu cari adalah rating perusahaan, seberapa baikkah pemilik layanan tersebut. Carilah perusahaan yang memiliki rating baik, rating tentang produknya, tentang kualitas pelayannya, tentang servernya dan lain sebagainya. Bagaimana caranya memilih? Dapat cari di forum-forum atau group facebook tentang tempat-tempat rekomendasi pembelian hostin dan domain.

4. Fitur/layanan optimal
Sepaket dengan harga, kamu juga perlu mempertimbangkan fitur yang didapat apakah sudah ada sistem back upnya, uptime, kemudian dari segi keamanannya, kecfepatannya dan lain sebagainya. COba bandingkan harga dan fitur di satu tempat dengan tempat yang lain.

5. Stabilitas server dan jaringan
Ini juga sangat penting seperti yang sudah saya singgung diatas, karena percuma websitemu bagus-bagus tapi sering down atau eror. Lama-kelamaan pengunjung juga ogah mampir ke situs yang sering down. Maka dari itu pilihlah layanan hosting yang memiliki stabilitas server dan jaringan, kamu bisa menggabungkan tips ketiga diatas untuk melihat stabilitas server dan jaringan.

6. Kekuatan Security dalam Jaringan atau Server
Walaupun tak ada satupun sistem yang 100 % aman dari hacker, tapi minimal kita memilih tempat layanan yang memiliki kekuatan proteksi yang paling baik. Pilih tempat layanan hosting yang memiliki proteksi yang sangat baik.

Dari ke-enam tips memilih tempat pembelian domain murah dan hosting, salah satu rekomendasinya adalah Dewaweb yang memiliki proteksi yang baik. Dewaweb menawarkan layanan cloud hosting murah yang aman, cepat dan handal untuk websitemu. Karena sudah memiliki berbagai fitur, layanan dan bukti dalam bentuk sertifikan terbaik. Berikut adalah fitur unggulan yang ditawarkan oleh dewaweb.com.

Secure :  
ISO 27001 Certified, Cloudlinux secure OS, KernelCare Potection, SSL Grade A, Imunify360 AL Security dan Patchman Auto Patching.
Fast : 
LiteSpeed Enterprises, LSCache Enabled, Cloud Flare + Railgun, HTP/2 + QUIC + Brotli, Redis DB Caching, dan Super Fas SSD.
Reliabel :
100 % Uptime SLA, Time Machine Backup, Quick Healing Network, Massive Network Capacity, Friendly Ninja Support 24/, dan 90-Day Money Back Guarantee.
tempat hosting yang bagus dan terpercaya
Dewaweb.com, tempat hosting yang bagus dan terpercaya
Pemilihan tempat hosting yang bagus dan terpercaya mungkin tidak cukup untuk membuat websitemu benar-benar aman. Kamu juga harus meningkatkan ke tingkat lebih lanjut lagi yaitu menggunakan SSL Certificates. Sesuai janji saya di judul artikel ini, bahwa saya akan bahas tuntas tentang SSL ini. Let's go..

Mengenal apa itu SSL Certificates
SSL Certificate merupakan kepanjangan dari Secure Socket Layer yang merupakan sebuah protocol paad layr transport yang menggunakan algoritma yang berbeda untuk membentuk keamanan suatu website. Dengan sertifikat SSL ini akan memungkinkan komunikasi antara WWW-server dan WWW-clienst bisa berkomunikasi secara aman dan terenkripsi, sehingga data-data yang ditransfer akan aman dari para hacker.

Tentang SSL
Tentang SSL
Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa kita akan berbicara tentang HTTPS, karena protokol SSL ini tidak dapat berjalan sendiri dalam memberikan jaminan keamanan data, protokol SSL membutuhkan protokol HTTPS Secure dalam kerjanya. Apa lagi itu protokol HTTPS Secure? Kalau kita mengenal HTTP, nhaa versi amannya dari HTTP inilah yang disebut dengan HTTPS. 

Kita bisa melihat suatu website yang menggunakan HTTPS dalam situsnya, dalam sebelah kiri addres bar ada gambar gembok berwarna hijau jika situs yang kita kunjungi sudah menggunakan protocok HTTPS. Bila kursor diklikkan pada gembok hijau, maka akan ada pesan "secure connection".

Tiga Tingkatan Keamanan Sertifikat SSL
SSL menawarkan tiga tingkatan keamanan yaitu authentication, confidentiality, dan integrity. Maksud dari ketiganya apa? Berikut penjelasannya :
1. Authentication
Suatu sistem web security yang berfungsi untuk memastikan pesan yang diterima olah administrator berasal dari orang yang tersurat (tidak merugikan).
2. COnfidentiality
Sistem dalam SSL yang berfungsi untuk melindungi pesan dari orang  yang tidak berhak membaca pesan tersebut. Sehingga hacker akan kesulitan dalam mencari data yang dibutuhkan.
3. Integrity
Sistem dalam SSL yang berfungsi untuk memastikan pesan yang diterima adalah asli dan tidak mengalami perubahan data selama pengiriman.



Tingkatkan Keamanan dan Kepercayaan Konsumen dengan Sertifikat SSL

Situs yang sudah menggunakan sertifikat SSL akan lebih aman dari adanya malware, virus dan semacamnya. Aman juga dari hack atau pencurian data-data penting lainnya yang bisa diambila dari riwayat transaksi yang kita lakukaan melalui website. Adanya SSL akan menambah kesan profesional dan kepercayaan konsumen dengan situs kamupun akan semakin meningkat. 

Jika konsumen sudah percaya, akan lebih mudah memikat hatinya untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan entah membeli produk yang kita jual atau menggunakan jasa/layanan yang kita tawarkan. 
Bisnis itu tentang membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Maka dari itu, sebuah situs web sangat perlu menggunakan sertifikat SSL terutama untuk website yang terdapat transaksi onlinya dan berisi data-data konsumen seperti bank, layanan kesehatan, e-commerce, toko online, forum dan jenis website yang lain.

Keuntungan Menggunakan SSL untuk Kelancaran Bisnismu
Setelah dijelasksn pengertian SSL di atas, dan sudah disinggung terkait dengan salah satu keuntungan menggunakan SSL di atas maka akan saya bahas lagi tentang keuntungnan menggunakan SSL.

Keuntungan SSL Untuk Kelancaran Bisnismu
Keuntungan SSL Untuk Kelancaran Bisnismu
 
1. Meningkatkan keamanan dan ketenangan anda dalam berbisnis
Inilah yang menjadi tujuan dasar dari penggunaan SSL yaitu meningkatkan web security kita. Kita akan merasa aman dari para hacker, virus, dan berbagai malware lainnya. 
Karena bisnis itu juga butuh ketenangan, salah satu faktor ketenangan adalah bisnis yang aman dari berbagai ancaman.
 2. Meningkatkan kepercayaan konsumen/user
User jaman now lebih selektif dalam memilih website, dan lebih cerdas karena mereka ngga mau dirugikan. Dengan SSL Ini website mu akan lebih terlihat profesional dimata user, dan akan menumbuhkan kepercayaan user kepada bisnis Anda. Ketika kepercayaan sudah didapat, tinggal poles dikit maka omset akan segera meningkat.
Kunci sukses bisnis adalah mendapatkan kepercayaan dari customer.
3. Transaksi aman
Bila kamu memiliki toko online yang transaksinya melalui website, maka SSL ini barang yang wajib kamu miliki. Dengan SSL transaksi akan terasa aman dan terhindar dari hacker yang mencari data-data penting konsumen seperti kartu kredit, password dan data-data penting konsumen lainnya.

4. Predikat baik di mata searc engine
Crawler search engine akan membaca websitemu, yang apabila kamu sudah resmi menggunakan sertifikat SSL maka kamu sudah beberapa langkah lebih maju ketimbang website lain yang tidak menggunakan sertifikat SSL.

5. Green Bar dan Nama Perusahaan
Ev SSL
Ev SSL
Dengan Ev SSL maka dapat meningkatkan prestisius perusahaan anda dengan adanya green bar (gembok warna hijau) dan nama perusahaan di addres bar broswer. Misal saja pada dewaweb.com, di address barnya kamu dapat melihat gembok hijau dan nama PT nya yaitu PT. Dewaweb (ID). Cek kalau ngga percaya :).

6. EV SSL dari SYmantec
Bila kamu nantinya memilih SSL dari Symantec kamu mendapat fitur tambahan yaitu free malware scanning dan security vulnerabillity assesment secara gratis. 

Harga SSL Certificates 
Langsung kebagian yang paling sensitif yang berhubungan dengan isi dompet, perlu diketahui bahwa harga SSL ini bervariasi tergantung dari reputasi brand dari penyedia SSL. Tapi pada dasarnya fungsinya adalah sama saja yaitu untuk mengamankan transaksi di website kita melalui teknologi enskripsi. Ditambah nanti ada fitur-fitur tambahan lainnya seperti pada EV SSL yang dapat menampilkan nama perusahaan di addres bar. Ada juga pada symantec SSL yang menawarkan fitur daily malware scanning dan vulnerabillity assement.

Oke, langsung sajalah harga SSL Certificates terbaru 2018 yang saya ambil dari PT. Dewaweb Indonesia di halaman webnya :
Economy Class (DV)
Economy Class (DV)
Bussiness Class (OV)
Bussiness Class (OV)
First Class (EV)
First Class (EV)
Wilcard SSL
Wilcard SSL

Sudah siap memiliki website dengan keamanan tingkat tinggi? Jika iya kunjungi layanan SSL Certificate di dewaweb untuk melakukan pemesanan SSL. Bila ada yang ingin ditanyakan, bisa melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel kami yang berjudul Tingkatkan WEB Securitymu Demi Kelancaran Bisnismu + Kupas Tuntas SSL Certificates. Salam perdamaian :). Artikel ini diikutsertakan dalam #DewawebBlogCompetition.

0 Response to "Tingkatkan WEB Securitymu Demi Kelancaran Bisnismu + Kupas Tuntas SSL Certificates"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel