Pengertian, Hikmah dan Penerapan Perilaku Istiqomah

Selamat datang guys kali ini kembali lagi kitapunya.net akan membahas tentang pengertian istiqomah, hikmah istiqomah dan penerapan perilaku istiqomah dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali kita mendengan di kajian-kajian tentang istiqomah, mungkin juga kita punya teman atau saudara yang bernama istiqomah. 

Istiqomah lebih cenderung ke arah positif, walaupun istiqomah juga bisa mengarah ke hal negatif. Karena apa? karena istiqomah adalah sikap teguh dan kokoh pendirian, arti selanjutnya adalah konsekuan dalam bertindak. Ada juga yang mengartikan sebagai disiplin, sikap berkelanjutan, pantang menyerah dan lain-lain.

Pengertian Istiqomah
Pengertian Istiqomah

1. Pengertian Istiqomah

Secara istilah, istiqomah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela dan mempertahankan keimanan dan kesilaman, walaupun dalam menjaga tersebut penuh rintangan dan godaan. 

Istiqomah merupakan sikap teguh pendirian, pantang menyerah dan melakukan sesuatu secara kontinyu, konsisten walaupun godaan menghadang. Istiqomah ini dapat terwujud dengan dasar keyakinan akan kebenaran langkah yang kita tempuh, dan kesiapan kita dalam menanggung segala risiko. Misal saja, istiqomah dalam menjaga wudhu maka untuk dapat melakukakannya perlu keyakinan akan manfaat dalam menjaga wudhu yang kemudian disertai pertimbangan tentang menjaga wudhu.

Istiqomah dalam kebaik sangat perlu bahkan wajib dimiliki oleh setiap muslim, walaupun hati atau iman manusia itu naik turun, tetapi minimal kita berusaha untuk terus berbuat baik dan beramal sholeh.
Sebagai pelajar juga penting sikap istiqomah, karena itu akan mengajarkan tentang kedisiplinan dan kerja keras. Misal saja istiqomah dalam belajar, beribadah, dan lain sebagainya. Saya yakin bila seorang pelajar dapat istiqomah dan disiplin, prestasi akan lebih mudah untuk diraih. 

Kita bisa melihat untuk menjadi seorang atlet harus belajar secara rutin, disiplin dan istiqomah. Sebagai umat beragama juga demikian, kita harus memiliki sikap istiqomah, dimulai dari istiqomah dalam hal tauhid, ibadah, muamalah dan hal-hal kebaikan lainnya.

Allah Swt. berfirman: 
“Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqmah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati . ” (Q.S. al- Ahqaf/46: 13).
Ayat di atas menjelaskan sikap orang-orang istiq±mah, yaitu menepati dan mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt. , dan meninggalkan semua larangan-Nya. Orang yang semacam itu tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat karena Allah Swt. menjamin keselamatan mereka.

2. Hikmah Perilaku Istiqamah 

Orang yang istiqomah akan mendapatkan beberapa hikmah, diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Orang yang istiqomah akan dimudahkan oleh Allah jalannya karena tekun, ulet dan disiplin.
b. Orang yang istiqomah akan dijauhkan dari rasa takut dan sedih, tidak sedih berkepanjangan dan pantang menyerah.
c. Orang yang istiqomah memiiki tingkat kesabaran yang tinggi, dan tahan goadaan.
d. Orang yang istiqomah dalam kebaikan akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah swt
e. Orang yang istiqomah akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, karena menjaga keistiqomahan itu tidak mudah.

3. Contoh Penerapan Perilaku Istiqamah dalam Kehidupan Sehari-hari 

Perilaku istiqomah dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan berbagai cara seperti :
a. Istiqomah dengan selalu menjalankan perintah Allah swt dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi segala larangannya setiap saat.
b. Berusaha untuk shalat tepat pada waktunya dan tertib
c. Belajar secara rutin setiap harinya
d. Beribadah secara rutin setiap harinya, misal membaca Al-Qur'an setiap ba'da maghrib.
e. Selalu menaati peraturan sekolah, di masyarakat dan patuh terhadap kedua orangtua.
f. Melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab, ikhlas dan senang.
g. Selalu bangun pagi dan sholat shubuh berjamaah di masjid
h. Mandiri dengan mencuci piring sendiri, mencuci baju sendiri dan lain sebagainya.
i. Istiqomah dalam ketaatan

0 Response to "Pengertian, Hikmah dan Penerapan Perilaku Istiqomah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel